alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7631b028c9914e5808f4fd/sedang-tidak-enak-badan-coba-resep-rumahan-dari-korea-selatan-ini-aja-gan

Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan

Nggak enak badan emang menyebalkan, bikin nggak mood buat ngelakuin aktivitas harian. Selain berkonsultasi ke dokter, kamu juga bisa mengembalikan stamina tubuh dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman tertentu Gan. Misalnya makanan dan minuman berikut yang menurut orang Korea Selatan dianggap sebagai hidangan yang bisa membantu tubuh pulih lebih cepat.

Yuzu Tea

Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan

Yuzu Tea atau Yuja-cha dalam bahasa korea adalah minuman yang dibuat dari jeruk citron. Biasanya dibuat dengan cara mencampurkan  selai buah citron (yang terbuat dari potongan buah citron dan gula atau madu yang telah didiamkan beberapa lama) dengan air panas. Minuman ini disebut-sebut menyehatkan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Biasanya orang Korea meminum Yuja-cha secara teratur untuk mencegah penyakit atau untuk membantu proses pemulihan tubuh ketika sakit. Selain itu minuman yang satu ini juga meredakan penyakit tenggorokan.

Maesil-cha

Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan

Maesil-cha adalah teh yang dibuat dari  buah plum Korea Gan. Katanya minuman yang satu ini bisa membantu mengatasi kelelahan dan masalah perut dan pencernaan. Teh ini dibuat dengan menyeduh  sirup atau selai buah plum. Sirup buah plum sendiri dibuat dengan cara mencampur gula dan buah plum lalu mendiamkannya selama dua bulan baru. Setelah didiamkan selama dua bulan, baru kemudian campuran buah plum dan gula yang sudah mencair ini disaring. Air saringan ini yang kemudian diseduh dengan air  sebelum diminum Gan. Sirup buah plum ini juga bisa disimpan di dalam kulkas sehingga bisa kamu konsumsi sewaktu-waktu kamu lagi nggak enak badan.

Bori-cha

Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan

Bori-cha merupakan teh barley yang biasa dijumpai di rumah-rumah orang Korea sana dan di restoran-restoran Korea. Saking biasa dikonsumsi, teh ini bisa dibilang jadi pengganti air putih buat orang Korea di sana Gan. Boricha sendiri kaya akan antioksidan, serat dan melatonin sehingga bisa meredakan sakit perut , melancarkan pencernaan dan bisa membantu tidur bisa lebih nyenyak.

Baesuk

Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan

Buat Agan yang sedang flu, batuk atau masuk angin, ada  lagi nih hidangan khas Korea Selatan yang bisa kamu coba. Baesuk sendiri terbuat dari buah pir Gan. Buah pir yang bagian bijinya telah dibuang lalu diisi dengan madu, jahe, merica dan terkadang merupakan buah pir kukus yang telah diisi dengan madu, jahe, green peppercorns (merica yang berwarna kehijauan mirip kacang hijau)  dan jujube (sejenis kurma Korea).

Gingseng

Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan

Bahan yang paling populer digunakan untuk menyembuhkan flu bagi orang Korea Selatan adlaah gingseng. Nggak cuma dimasak seperti di dalam menu Samgyetang, gingseng juga dinikmati dalam bentuk teh. Gingseng sendiri dikenal juga akan khasiatnya dalam meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh Gan. Untuk teh gingseng sendiri sekarang juga sudah banyak dijual, tapi kalau mau sedikit repot Agan bisa  merebus sendiri akar gingseng di rumah.

Kongnamul-guk

Sedang Tidak Enak Badan? Coba Resep Rumahan dari Korea Selatan Ini Aja Gan

Saat nggak enak badan, nafsu makan mungkin hilang. Salah satu menu yang cocok untuk mengembalikan nafsu makan sekaligus membantu proses pemulihan tubuh yang biasa sering dikonsumsi oleh orang Korea adalah Kongnamul Guk atau sup tauge Gan. Kongnamul guk sendiri terbut dari air kaldu yang berisi tauge dan beberapa bumbu lainnya. Akar tauge yang ada di sup ini dipercaya bisa membantu kamu meredakan pilek karena kaya akan vitamin C yang dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Itu dia beberapa makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi orang Korea Selatan saat nggak enak badan. Semoga bisa jadi rekomendasi buat Agan Sista kalau lagi nggak enak badan di rumah.


profile-picture
profile-picture
xxArial dan azid12353 memberi reputasi
Diubah oleh midorikusuma
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
boleh nih dibikin dirumah, walaupun lagi ga enak badan minum teh itu juga kayaknya bagus buat kesehatan
kalo disana setau ane emang menu andalannya gingseng sih yak, dan biasanya jadi mahal banget makin enak gingsengnya
hangat dan nikmat tapi beberapa bahannya agak sulit dicari dan mahal
profile-picture
Bee.Fruitsweet memberi reputasi
Wah, nice thread nih gan
Makasih banyak gan atas tambahan informasinya

Tak lupa, cendol meluncur emoticon-2 Jempol emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
Quote:


oouuchh begitu toh gan.... hatur nuhun dah sampe dicariin di internet ginih penjelasannyahhh.....

agan sendiri udah pernah nyobain jeruk yuzu belom gan?? kalo ane siicchh belom pernah emoticon-Ngakak
Balasan post midorikusuma
Iya gan daripada nggak nemuin bahannya kan bisa juga digantiin bahan lain yang sama-sama jenis jeruk yang tersedia di sekitar kita. Nah kalau Kongnamul-guk kayanya paling mudah dibikin gan, tinggal bikin sop tauge aja kan ya, kalau bisa dibanyakin bawang putihnya karena sangat bermafaat untuk kesehatan kita.
Balasan post shoyusushi
Quote:


Gini gan kalau ane comot dari internet penjelasannya
Quote:

Quote:


sebetulnyah yuzu sama lemon tuh sama apa gimana sich gan??? atau yuzu tuh jeruk jugak???
Lihat 1 balasan
Kongnamul-guk kalo di Indonesia sayur asem kecambah emoticon-Hammer2
boleh juga nih di coba, daripada ga enak badan sedikit langsung minum obat. mending istirahat sama minum yang herbal herbal aja, biar ga terlalu banyak bahan kimia di dalem tubuh
Nais inpo gan, bisa dicoba nih kalo ntar masuk angin,
eh, btw bahannya keknya beberapa dijual cukup mahal neh buat anak kost, emoticon-Ngakak
hangatin badan
Quote:


Aaaasssiiiaappp gan emoticon-2 Jempol emoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:

Oya lupa. Makasih udah ngingetin Gan. Kalau ingat sikhye jadi jimjilbang.

Quote:

Hmm... kayaknya beberapa resep yang bisa dicoba kayak yuzu tea sama kongnamul Gan. Bahan-bahannya sebetulnya kan nggak terlalu susah. Yang untuk yuzu tea bisa diganti dengan jeruk lemon juga bisa.


Quote:


Quote:

goks

Quote:

kalau dalam negeri ya wedang jahe udah paling pas. bikin anget.

Quote:

jangan lupa istirahat gan

Quote:

hmmmmm

Quote:

selamat mencoba

Quote:

jangalah takut gagal hai kamu anak muda emoticon-Ngakak (S)

Quote:

nah iya. bisa diganti kayak gini nih.

Quote:

emoticon-Salam Kenal

profile-picture
profile-picture
siapika dan masmomon memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Menarik sih, tapi bahan2nya keknya susah dicari deh kalo di Indonesia.
But, nice info gan, jadi tahu olahan tradisional korea selatan buat ngilangin masuk angin,

emoticon-Jempol
Balasan post tigacerewet
Quote:


kayanya nggak gitu aneh/asing juga sih bahan-bahannya gan, mungkin cocok juga di lidah kita cuma dapetin bahannya agak susah kali ya seperti jeruk citron itu yang seperti apa gan, mungkin bisa kita ganti dengan jeruk nipis atau lemon kali ya trus kita tambahkan gula dan madu dan diamkan beberapa hari sampai menjadi selai, baru deh disedu dengan air panas.
Rasanya gimana yaaaa
Pengen coba tapi takut ndak cocok sama lida indonesia ..hehehe
profile-picture
greengeckoijo1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yuzu tea..enakkk 😍😍😍
suka banget ane....
sayange mahal bahane...
pengen sih buat sendiri, tapi takut gagal 😆😆😅😅
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di