alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Kontroversi Para Korban G30S/PKI, Apakah Mereka Disiksa Hingga Tewas?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d761267a2d1950547047f29/kontroversi-para-korban-g30s-pki-apakah-mereka-disiksa-hingga-tewas

Kontroversi Para Korban G30S/PKI, Apakah Mereka Disiksa Hingga Tewas?


Kontroversi Para Korban G30S/PKI, Apakah Mereka Disiksa Hingga Tewas?

Bulan September, sama bersejarahnya dengan bulan Agustus bagi bangsa Indonesia.

Jika Agustus diperingati sebagai bulan kemenangan dan kegembiraan, maka September dikenang sebagai bulan yang suram dan duka cita.

Bagaimana tidak, di bulan ini beberapa Jenderal putra terbaik bangsa terbunuh oleh anggota PKI, yang dikenal dengan Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI).

Dan yang lebih mengiris hati lagi, para Jenderal itu katanya disiksa tanpa mengenal peri kemanusiaan hingga tewas, lalu janazahnya dimasukkan ke dalam sumur tua, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Kontroversi Para Korban G30S/PKI, Apakah Mereka Disiksa Hingga Tewas?

Dari dulu sampai sekarang, berita, buku, bahkan film yang mendokumentasikan peristiwa tersebut, selalu menggambarkan bagaimana penderitaan para Jenderal itu sebelum tewas, karena disiksa oleh PKI yang menculik mereka.

Semua berita itu bersumber dari pernyataan Soeharto, setelah Tim Forensik memeriksa atau mengutopsi jasad para korban setelah diangkat dari Lubang Buaya. Dan berita itu sampai kini menjadi sebuah Doktrin Abadi dalam Sejarah Perjuangan Indonesia.

Memang, setelah janazah para korban diangkat, Soeharto langsung membentuk Tim Forensik yang terdiri dari Brigjen dr Roebiono Kertopati, Kolonel dr. Frans Pattiasina, serta 3 orang forensik sipil dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yaitu Prof. Dr. Sutomo Tjokronegoro, dr. Laiuw Yan Siang, dan dr. Liem Joe Thay (Prof. dr. Arif Budianto).

Kelima orang ini bekerja secara kontinue di Ruang Otopsi RSPAD Gatot Soebroto, sejak pukul 16.30 hingga 00.30 WIB untuk mengutopsi korban.

Hasil utopsi segera diserahkan kepada Soeharto, namun yang disampaikan beliau ke publik jauh berbeda dengan apa yang ditemukan tim forensik.

Menurut Tim Forensik, tak sedikit pun ada bekas-bekas siksaan di tubuh para korban. Prof Dr. Arif Budianto, salah seorang anggota tim, mengatakan bahwa kondisi tubuh para korban itu tidak seperti diberitakan oleh media massa waktu itu, yang semuanya mengutip dari ucapan Soeharto.

Bahkan seorang akademisi, Benedict Anderson juga menemukan dokumen berisi laporan yang disusun oleh tim forensik yang mengatakan bahwa tidak ada penyiksaan terhadap para Jenderal tersebut.
****
Rudianto Nurhadi, anak ketiga Mayjen Mas Tirtodaro Haryono, mengatakan bahwa ayahnya diberondong puluhan peluru dalam kamar hingga tewas, lalu diseret dam dibawa ke Luban Buaya.

Jadi, pada korban umumnya sudah tewas ditembak sebelum dibawa ke Lubang Buaya oleh pasukan Cakrabirawa.
****
Terlepas dari siapa yang benar dan salah dalam hal ini, yang jelas setelah itu mahasiswa bergolak, menuntut Presiden Soekarno agar segera membubarkan PKI. Namun bukan PKI yang dibubarkan Soekarno, melainkan KAMI yang merupakan organisasi mahasiswa tersebut.

Dan pada akhirnya gejolak mahasiswa itu melahirkan Supersemar yang mengantarkan Soeharto ke puncak pimpinan Republik Indonesia.
*****
Begitulah, sejarah yang berbalut politik memang susah dicari kebenaran objektivitasnya. Kadang sejarah dibelokkan sesuai kepentingan politik tertentu. Dia yang berkuasa bisa saja menciptakan dan menggiring opini publik ke arah yang menguntungkan kepentingan kelompoknya.

Dan sekali lagi, siapapun yang benar tentang kondisi korban G30S/PKI itu, yang jelas mereka benar-benar tewas di tangan PKI dan janazah mereka ditemukan di Lubang Buaya. Yang diperselisihkan hanyalah ada tidaknya penyiksaan sebelum para korban itu tewas. Itu saja.
****
Apakah perselisihan masalah ini sangat urgen? Jawabannya juga mungkin setiap orang akan berbeda sesuai dengan pandangan dan kepentingan politiknya.

Dan bagi Ane, disiksa atau tidak disiksa, yang jelas mereka tewas oleh kepentingan politik PKI.

Karena itu, yang perlu dipersoalkan hanyalah bagaimana memberantas paham PKI, bukan mempermasalahkan bagaimana cara mereka membunuh para jenderal.(*) {No.448}
*****
Baca juga:
Catatan Seorang Odapus: Pasrah

Ketika Burung Jatuh Cinta

****
Ref 1, Ref 2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
velocairaptor dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Aboeyy
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 12
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
yakin PKI dan anteknya yg membunuh para jendral tersebut? atau kah ada "false flag" dan konspirasi dalam hal tsb? ataukah justru PKI yg dikorbankan demi kepentingan thd hasilnya, atau jangan2 (supersemar) sudah dirancang jauh sebelum pembunuhan para jendral? Allahu Alam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kontroversi Para Korban G30S/PKI, Apakah Mereka Disiksa Hingga Tewas?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otocis dan 9 lainnya memberi reputasi
berani emang?

#cleanNclear.CIA.MI6.'65
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan eggnostick memberi reputasi
mungkin benar mereka dibunuh, tapi karena dulu setiap bulan september selalu tayang ulang di tvri, jadi terlihat seperti propaganda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


diantara tim forensik tersebut, ada salah seorang dokter Junior (saat itu) yg ikut membantu forensik para jenazah tersebut, dialah Alm. dr. Mun'im Idris yg kelak jadi pakar Forensik RSCM dan terlibat dalam berbagai tugas forensik jenazah akibat berbagai bencana yg pernah terjadi di Indonesia (kerusuhan, peristiwa Trisakti Mei 98, berbagai korban Bom di Jakarta dll)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Kalau dibunuh iya, semua sepakat. Yg pro pro kontra, mereka disiksa sampai sampai tewas, seperti disilet, dipukul, dsb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 3 lainnya memberi reputasi
spt nya ini sudah bukan misteri atau kontroversi lagi ya....?? ke 7 korban dr lubang buaya itu, rata2 tewas terbunuh, bukan krn disiksa sampe tewas oleh antek2 PKi pd waktu itu, gan.....

Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigDnge2k dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
sejarah di buat oleh seorang pemenang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 13 lainnya memberi reputasi
ts, serius nanya, apakah paham pki masih relevan di jaman sekarang?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan eggnostick memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Isu tahunan yg diulang terus nih. Bosen aku tuh.
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan eggnostick memberi reputasi
Diubah oleh Arzal
yang tahu sebenarnya hanyalah yang maha kuasa..emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bibalinhgum dan 3 lainnya memberi reputasi
Mungkin masih bakal jadi perdebatan ini penyebab yang sebenarnya gimana. Enggak ada keterangan jelas juga gimana kondisi para jenderal saat itu
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
gua sendiri ga yakin sih ...
tapi sejarah di tulis oleh pemenang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 8 lainnya memberi reputasi
orang luar melihat pki adalah korban tapi kita disuruh melihat kebalikanya
ane juga gak tau mana yang benar...
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
nurut ane sich udah sangat dak relevan komunis jaman dulu sama skg beda...
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan tom0083 memberi reputasi
klo memang tidak perlu dipersoalkan kenapa dimunculkan wacana ini?ntar buat kisruh lagi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hojomojo dan 3 lainnya memberi reputasi
sungguh mengenyutkan ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
antek pki kebelakang aja ya akhiemoticon-Maaf Agan
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
terlepas apakah PKI yg melakaukan pembunuhan (g30s) atau tdk////
Jendral Soeharto sudah malakukan langkah yg sangat tepat untuk menumpas PKI/krn JELAS faham komunis bertetangan dengan PANCASILA----
***menurut kesaksian kakek dan pakde² ane, mbah² tetangga ane ----ketika masa kejayaan PKI, para antek PKI sangat kejam dan tdk segan membunuh orang non-PKI(terurama pemuda dan tokoh Agama)** emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ForbiddenEtcla dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ppuurr
Lihat 7 balasan
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di