alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Phobia? Ah... Takut!
4.5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d74e79988b3cb032a2a23e9/phobia-ah-takut

Phobia? Ah... Takut!

Phobia? Ah... Takut!
ilustrasi diolah dari Pinterest.com


Quote:


Hmm, apakah ini disebut phobia?



Phobia? Ah... Takut!
ilustrasi diolah dari Pinterest.com


Yuk, kita kepoin tentang Phobia!
Apa itu phobia?
Ada berapa jeniskah?
Berbahayakah?


Phobia adalah rasa ketakutan yang berlebih pada suatu hal.

Rasa takut bagi orang kebanyakan seperti sulit dimengerti dan tidak masuk akal. Maka ia harus takut akan sesuatu itu.


Hal ini bisa menjadikan pengidap phobia menjadi bahan ejekan, bulan-bulanan, dianggap kelakuannya sangat lucu.

Dimata orang normal terlihat seseorang pengidap phobia yang mempunyai badan sebesar Kingkong, ternyata harus takut dengan ulat yang kecil yang remeh.

Tapi bagi penderita phobia mereka melihat bahwa ulat itu adalah bintang yang besar, menyeramkan atau menjijikan.

Phobia dan ngeri itu berbeda.

Ngeri perasaan yang timbul secara naluri dan alamiah untuk melindungi diri.

Phobia perasan takut yang tidak bisa menguasai dan tidak ada perlindungan diri, takut yang tidak terkendali.

*

Setiap orang normal punya pengendali rasa takut. Berbeda dengan pengidap phobia ia tidak bisa mengendalikan rasa takut karena telah mengalami fiksasi atau pengendaliannya terkunci. Fiksasi ini muncul karena sebelumnya pengidap ini mengalami trauma yang dramatis.



Pola fiksasi ini menyebabkan pengidap kesulitan mengendalikan emosi. Jika bertemu sumber phobianya, ia akan memberikan respon cemas, tidak nyaman, ketakutan bahkan histeria.


Respon negatif ini jika tidak segera ditangani akan mengendap ke alam bawa sadar yang membuat pengidap semakin rentan dan kontra produktif


Phobia sangat mengganggu dan sangat membahayakan.



*

Ada 2 bagian phobia yaitu :

1. Phobia sosial 

Bentuk ketakutan penderita untuk diamati dan dipermalukan di depan umum. Timbul rasa malu, tidak nyaman, salah tingkah yang sangat berlebihan.
Sehingga pengidap phobia ini lebih aman menghindari kontak sosial.

2. Phobia spesifik munculnya ketakutan yang tidak rasional akan sesuatu ( objek tertentu atau situasi tertentu)

Jika ini terjadi pengidap akan perasaan panik, berkeringat, berusaha menghindar, sulit untuk bernapas dan jantung berdebar.



Macam istilah dari Phobia:


- Achluophobia - ketakutan terhadap kegelapan. Ruangan gelap, lampu mati.

- Acrophobia: phobia ketinggian, sangat takut bila berada di ketinggian. Di gedung tinggi, jembatan gantung, di tepi tebing.

- Aerophobia: phobia terbang, takut jika harus naik pesawat terbang, helikopter, balon udara.


- Agoraphobia - takut pada lapangan luas penuh orang atau tempat ramai, sehingga penderita ini berusaha mencari jalan keluar. Memilih ke tempat sepi agar lebih aman.

- Androphobia - ketakutan kepada laki-laki. Merasa takut dan tidak nyaman, gelisah jika bertemu laki-laki.

- Antlophobia - takut akan banjir.
Jika melihat air banjir, hujan deras, di pinggir sungai yang penuh air.

- Arachnophobia - ketakutan pada laba-laba.
Takut melihat binatang berkaki banyak termasuk kala jengking, lipan.

- Arithmophobia - takut akan angka. Takut akan matematika dan aritmatika yang banyak menyajikan angka.

- Astraphobia - ketakutan pada petir. Muncul ketika melihat kilatan dan suara petir.

- Bibliophobia - takut pada buku.
Takut dengan buku, atau benci sama buku.

- Carcinophobia- takut yang teramat sangat akan kanker. Jika mengalami sakit, jangan-jangan sakit kanker.

- Cenophobia - takut akan ruangan yang kosong.

Ruang kosong, tanpa benda, tanpa orang, membuatnya ketakutan

- Claustrophobia - takut akan ruang sempit seperti lift, dalam toilet, kamar mandi kecil.

- Chiroptophobia, takut akan kelelawar, karena menganggap sebagai jelmaan vampir

- Dendrophobia - takut pada pohon.

Berada di hutan atau taman yang banyak pohon membuatnya ketakutan.

- Emetophobia- takut akan rasa mual dan muntah, jika melihat orang muntah. Ia akan terpicu untuk muntah juga.

- Felinophobia - takut akan kucing.
Melihat kucing, takut akan bulu dan dicakar.


- Gerontophobia - takut untuk menjadi tua. Sehingga akan berusaha untuk menjaga fisik dan tampil awet muda.

- Hemophobia - takut ketika melihat darah.

- Hydrophobia - ketakutan akan air.
Melihat sungai, kolam renang, laut.

- Hyperphobia - takut akan
ketinggian.
Sama dengan Achroohobia.

- Latrophobia - takut akan dokter.
Takut berobat ke klinik dan rumah sakit karena akan bertemu dokter.

- Lachanophobia - ketakutan pada sayur-sayuran.
Takut melihat kubis, tomat, seledri dan lain-lainnya.

- Lygophobia - ketakutan akan kegelapan sama dengan Achluophobia.

- Necrophobia - takut akan kematian.
Kematian adalah sesuatu yang mengerikan dan membuatnya trauma. Ketakutan ini membuat ia berhati-hati menjaga kesehatan.

- Neophobia- takut akan hal-hal baru. Barang baru, suasana baru dan lingkungan baru.

- Panophobia - takut akan segalanya.
Terutama takut kepada hal-hal yang tidak diketahui. Seperti takut setan dan hantu.

- Phartophobia - takut buang gas di tempat umum. Kentut di depan umum adalah tidak sopan dan takut dipermalukan.

- Phasmophobia, takut yang akan bayangan hantu di dalam benaknya.

- Photophobia - ketakutan akan cahaya. Cahaya terang, sinar matahari, lampu yang menyala terang. Ia akan memilih berada di tempat gelap biar aman dan nyaman.

- Ranidaphobia - takut pada katak.
Dan semua binatang kecil yang bisa meloncatn


- Schlionophobia - takut pada sekolah.
Tidak mau sekolah, melihat gedung yang berderet atau bersusun.

- Tripophobia - ketakutan akan lubang yang banyak. Takut terjatuh dalam lubang, terperosok.

- Triskaidekaphobia, ketakutan phobia semua hal yang berhubungan dengan semua hal dengan angka 13 atau angka sial

- Trypanophobia, yaitu phobia jika melihat jarum suntik

- Nomophobia - takut/gelisah ketika tidak memegang smartphone.

Ini pasti banyak yang mengidapnya.


Adakah yang masih bisa menambahkan untuk istilah pbobia ini.

Quote:


Nah, sudah pahamkan apa itu phobia.
Berarti yang di atas itu, bisa-bisa aku saja. Lupakan ya!emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Woke, jika ada hal-hal yang berhubungan dengan berbagai rasa ketakutan yang mengganggu, segera hubungi ahlinya yang lebih kompeten dan kridibel.

Nanti didiagnosa dan dibantu terapi yang tepat. Mulai, dari mencari sumber trauma awal, berlatih dengan apa yang ditakuti. Dipegang, dirasakan, dipraktekan, yang akhirnya perlahan semua phobia ini bisa dihilangkan.


*

Segera bertindak.
Karena mencegah lebik baik dari pada mengobati, bukan?

Salam bahagia
------------------------
JAGAT ALIT
l
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan istijabah memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Di sini
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan ajang.dee memberi reputasi
boleh juga
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Aku kayaknya emetophobia emoticon-Malu
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
wah mantab nih gan
sudah dirangkumkan walaupun masih banyak juga 😂emoticon-2 Jempol
Quote:


Iya, masih banyak lagi.
Quote:


Waduhhh. Sampai bisa ikutan muntah juga, ya?
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Juga boleh, ah
Quote:


Iya, Om. Langsung pusing dan perut rasanya diaduk-aduk
Quote:


Nggak nyaman sekali ya.
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Iya, Om.

Yang nyaman itu makan mie siang-siang gini pakai cabe 7
Quote:


Idih mancing2 ya
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Emang iya kok emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Ngacir
Tripo, thalaso, claustro, itu phobia utama ane. Kalo yg lain mungkin ada, tapi kebanyakan belum pernah mengalami sih, jadi gak tau.

Yang jadi permasalahan itu orang phobia kadang dipandang sebelah mata, kayak orang pesakitan. Yah udah nature manusia sih suka ngejudge. Enggak dikonsul malah disindir. Yang phobia nya juga enggak berusaha mengatasi gejala tsb.
Quote:


Berarti harus ada respon dua2nya.
Yang normal, peduli dan membantu.
Yang terpapar, jangan malu, segera berkonsultasi agar cepat kembali normal. Bukan begitu?
Quote:


Keputusan masing2. Banyak juga yang enggak tau dan enggak peduli. Berapa sih orang yang menyadari phobianya sendiri?

Bisa jadi seseorang punya phobia, namun jarang banget ketemu dengan phobianya. Jatohnya ya gak tau juga emoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
Quote:


Saya triskaidephobia (bener ngg nih tulisannya) emoticon-Hammer2

Quote:


Hehe kalau muntah bukannya mual juga sis, nularemoticon-Turut Berduka
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Sak temennya, berantai
phobia ada banyak macamnya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di