alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fahri Hamzah Sebut Jokowi Beri Sinyal Setuju Revisi UU KPK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d74dda06df23128b374a2d1/fahri-hamzah-sebut-jokowi-beri-sinyal-setuju-revisi-uu-kpk

Fahri Hamzah Sebut Jokowi Beri Sinyal Setuju Revisi UU KPK

Fahri Hamzah Sebut Jokowi Beri Sinyal Setuju Revisi UU KPK


Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengklaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi setuju dengan revisi UU KPK Nomor 30 Tahun 2002. Menurut Fahri, sinyal itu ditangkap oleh dirinya dan para politikus DPR saat kepala negara itu menyampaikan pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2019 lalu di Kompleks Parlemen, Senayan.

Dalam pidato itu, Jokowi mengkritik gencarnya operasi tangkap tangan atau OTT oleh KPK. Menurut Jokowi, hal tersebut tak efektif karena Indeks Persepsi Korupsi Indonesia hanya naik satu peringkat. "Keberhasilan bukan hanya diukur dari berapa kasus yang diangkat dan bukan hanya berapa orang dipenjarakan. Harus juga diukur dari berapa potensi pelanggaran hukum bisa dicegah, berapa potensi kerugian negara yang bisa diselamatkan," kata Jokowi kala itu.

Sindiran Jokowi ini ditangkap politikus sebagai sinyal Istana menyetujui revisi UU KPK. "Iya (itu sinyalnya). Presiden sudah mengingatkan orientasi pemberantasan korupsi itu bukan penangkapan, tapi pencegahan," ujar Fahri Hamzah saat dihubungi Tempo pada Ahad, 8 September 2019.

Revisi UU KPK sudah disetujui menjadi RUU inisiatif dalam sidang paripurna DPR, pekan lalu. Pembahasan revisi UU KPK tinggal menunggu surat presiden.

Presiden Jokowi mengaku tidak tahu-menahu ihwal revisi UU KPK tersebut. "Itu inisiatif DPR. Saya belum tahu isinya," kata Jokowi saat ditanya wartawan disela kunjungan kerja di Pontianak, Kamis lalu.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly juga mengaku tak mengetahui DPR membahas perubahan undang-undang ini lagi. "Sama sekali tidak tahu, dan saya tidak yakin itu (akan dibahas pemerintah)," kata politikus PDIP tersebut.

Sejumlah penggiat antikorupsi meminta Jokowi menolak revisi UU KPK tersebut. Lima pimpinan KPK juga mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi terkait penolakan Revisi UU KPK tersebut.

"Surat kami kirim kepada presiden, mudah-mudahan dibaca untuk kemudian mengambil kebijakan," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta, Jumat lalu. 



Spoiler for LIKE:


Fahri Hamzah Sebut Jokowi Beri Sinyal Setuju Revisi UU KPK


profile-picture
simsol... memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Fahri itu siapa gan?
Fahri gan.

Dia tahu kalau bilang begini, Jokowi bakal turun pamor, dikira setuju melemahkan KPK, kalaupun nantinya bakalan ditolak presiden. Untuk sekarang ini, dia pintar main strategi Xanatos.


Still s^*t tho.
profile-picture
profile-picture
RivzGowtama dan simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Fahri menikmati hari-hari terakhirnya di DPR. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
simsol... dan exzca memberi reputasi
Payah emoticon-Traveller
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Diubah oleh exzca
kalau dilihat yang di tangkapi KPK terbanyak adalah dari partainya mukidi ane yakin pasti di amini itu RUU revisi UU KPK emoticon-Traveller
profile-picture
simsol... memberi reputasi
belum jelas....wait and see aja kalo ampe jokowi masih berpihak ke anggota dhewan yaaa hopeless dah negeri ini bakal di kuasai koruptoremoticon-Hansip
Balasan post lupineprince
Quote:


Sebenarnya ga ada gunanya juga ambisi si fahri menurunkan pamor jokowi, toh beliau thn 2024 udah ga bisa nyapres lg, mending fokus ningkatin elektabilitas gubernur konthol dr pd sibuk cari akal buat mempermalukan jokowi

emoticon-Imlek
Jual beli negosiasi aja, dpr minta revisi jokowi minta pindah ibukota. emoticon-Big Grin
yang terbaik saja
Kalau beneran setuju, ya sudah deh bakalan jadi bahan baku gorengan jangka panjang emoticon-Big Grin
PERTAMA KALI DALAM SEJARAH: FAHRI AMA FADLI SETUJU KALO JOKOWI SOAL REVISI UU KPK


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di