alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Nama Itu Penting Dalam Islam, Buat Calon Bapak & Ibu Yuk Baca
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d70e4a5a727684c684e2b12/nama-itu-penting-dalam-islam-buat-calon-bapak-amp-ibu-yuk-baca

Nama Itu Penting Dalam Islam, Buat Calon Bapak & Ibu Yuk Baca


Nama memiliki pengaruh yang sangat luar biasa besar terhadap kehidupan seseorang, secara psikologis seorang anak terpengaruh dengan nama dan panggilan yang diberikan kepadanya. Kadang anak merasa rendah diri, karena nama yang diberikan oleh orangtuanya tidak mengandung makna yang mengagumkan. Hal ini terjadi karena kata dan tulisan yang pertama kali dikenal dan dilihat oleh seseorang adalah namanya. Apabila nama yang diberikan oleh orangtuanya bagus, maka dia akan bangga dan mengekpresikan dirinya dengan penuh keceriaan.

Memberi nama anak yang baru lahir merupakan suatu keharusan, kerena untuk membedakan dari yang lainnya, bayangkan bila seorang anak yang terlahir tidak diberikan nama, tentunya hal ini membuat orang lain sulit untuk memanggilnya. Shakespeare adalah seorang penyair mengatakan “what is in a name?”, Islam menegaskan banyak sekali hal yang penting dalam nama seseorang. Nama yang baik sangat besar pengaruhnya bagi sang penyandang nama tersebut.

Jika kami belum melihat kalian, maka yang paling kami cintai adalah yang paling bagus namanya jika sudah melihat kalian, maka yang paling bagus wajahnya Jika kami sudah mendengar kalian, maka yang paling bagus ucapannya Jika kami sudah memeriksa kalian, maka yang Paling kami cintai adalah yang paling bagus akhlaknya Jauhi nama-nama yang dapat mengotori kehormatan Jauhi nama yang bermakna pesimistis

Bagaimana jika nama yang diberikan tidak memiliki makna yang indah, sehingga membuat anak tersebut selalu minder dan tidak percaya diri. Lalu bagiamana jika sudah terlanjur member nama-nama yang bermakna buruk untuk anak-anak kita? Atau diri kita sendiri memiliki nama yang kurang bagus.

Nama Itu Penting Dalam Islam, Buat Calon Bapak & Ibu Yuk Baca

Nabi Muhammad SAW sendiri biasa mengubah nama-nama yang buruk

“Dari Aisyah ra, bahwa nabi Muhammad SAW biasa mengubah nama yang buruk.” (HR. At-Tirmidzi)

Dengan demikian, mengubah nama-nama yang buruk termasuk sunnah Nabi Muhammad SAW. Para ulama telah sepakat tentang kesunahannya. So, tidak ada kata terlambat untuk mengubah nama yang buruk dengan nama yang lebih baik namanya.

“Kelak pada hari kiamat kalian akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Oleh karena itu, perbaguslah nama-nama kalian.” (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Linnya)

referensi dari buku "Saat Tiba Kelahiran Bauh Hati " Badiatul Muchlisin Asti

Sumber referensi nama anak lengkap kasihnama.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 11 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Keren sis
profile-picture
alenilliana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post mbakendut
Terimakasih mbak yu emoticon-Smilie
Info yang sangat bermanfaat sis
pokoknya,top. salaman....
Ane pengen kasih nama ra kuti kalau lakik dan kalau perempuan sitangsu.
nama merupakan doa yang diberikan oleh orang tua hehehe
nah bener banget nih threadnya, bahkan ane yang belom nikah kadang suka search search nama bayi dalam islam gitu sih wkwkw
Quote:


Hahaha samaaa ane jugaa belom nikah suka searching searching nama bayi. Lucu lucuu namanya
lagian kalo gk pake nama bingung tar nyariinny
profile-picture
profile-picture
sayaplalat dan kristalbiru memberi reputasi
setuju nama itu penting dan harus ada makna nya....
because nama adalah doa
Quote:

makasih sist... emoticon-Wow

Quote:

ashiap babang tampan emoticon-Ngakak

Quote:

hmm pasti ada kepanjangannya? hayo apa?

Quote:

iya bener sekali emoticon-Kiss

Quote:

iya bang, buat bekal kalau sudh mau jadi calon ayah

Quote:

iya buat inspirasi kak, biar pas sudh mau jadi ayah atau ibu gak kebingungan

Quote:

hehehe iya ada benernya juga sih emoticon-Ngakak

Quote:

iyaps bener bang emoticon-Kiss
waaahhh iya nihh

nama adalah doa kan ?
dan juga nama harus dipertanggung jawabkan juga nantinya di kehidupan sekarang atau selanjutnya

jadi siapapun kamu dan siapa namamu
selalu lakukan perbuatan yang baik ya

emoticon-Kiss
nice info, gan. seperti orang berkata nama adalah doa.
Quote:


Mantul gan, btw bahasa islami itu maksudnya gimana yak?
ya bener juga..nama entu penting...kalo gakda nama gimana manggilnya ya..
Mantap, gan. Keren
masuk lagi..satu nama cinta. dan itu dia
Setuju!
Nama yang baik ibarat doa orangtua kepada anaknya.
Amin.
Yes, aku setuju. Nama adalah sebuah do'a.
Nama adalah doa. Awal namaku Nur, yang artinya cahayaemoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di