alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sedih, Ini Alasan Investor Lebih Pilih Malaysia dan Vietnam Daripada RI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d70b5dbe83c723e830f5c82/sedih-ini-alasan-investor-lebih-pilih-malaysia-dan-vietnam-daripada-ri

Sedih, Ini Alasan Investor Lebih Pilih Malaysia dan Vietnam Daripada RI

Sedih, Ini Alasan Investor Lebih Pilih Malaysia dan Vietnam Daripada RI

Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (BPMI Setpres/Kris)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal. Pria yang akrab disapa Jokowi ini kecewa gara-gara Indonesia belum optimal menjaring investasi.

Dampak perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), banyak perusahaan China yang melakukan relokasi kegiatan operasionalnya. Perusahaan-perusahaan ini malah masuk ke Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Thailand, tidak satu pun ke Indonesia.

"Dari investor-investor yang kita temui, dan catatan yang disampaikan Bank Dunia kepada kita, dua bulan yang lalu ada 33 perusahaan di Tiongkok keluar, 23 memilih Vietnam, 10 lainnya pergi ke Malaysia, Thailand, Kamboja. Nggak ada yang ke kita," tegas Jokowi di depan para menteri Kabinet Kerja kala membuka rapat terbatas yang membahas perkembangan perekonomian dunia, Rabu (4/9/2019).

Dipilihnya Vietnam bukan tanpa alasan. Negara ini dinilai memiliki keunggulan dibanding Indonesia dalam menarik minat relokasi dari China.

Ketua Komite bidang Kerjasama Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam Kadin Indonesia Juan Gondokusumo juga mengakui kelebihan yang dimiliki Vietnam dan Kamboja sampai Malaysia sehingga pengusaha China mau berinvestasi atau merelokasi perusahaannya di sana.

"Ini lebih keamanan dan stabilitas yang diterapkan di situ, lebih merasa nyaman bagi investor," kata Juan kepada CNBC Indonesia, Rabu (4/9/2019).

Ia menjelaskan, kondisi aman dapat dilihat dari tidak adanya demonstrasi para pekerja di sana. Keadaan ini berbanding terbalik dengan Indonesia, buruh kerap melancarkan demonstrasi, terutama soal kenaikan upah setiap menjelang akhir tahun.

"Di situ nggak mungkin ada demonstrasi. Jadi itu stabil. Lalu produktivitas mereka lebih tinggi dari kita," ucapnya.

Selain itu, ia menganggap, persoalan tenaga kerja di Indonesia yang menuntut kenaikan upah tidak diimbangi dengan peningkatan produktivitas. Faktor stabilitas, keamanan, kemudahan perizinan dan produktivitas tenaga kerja menjadi kunci keberhasilan Vietnam dan Kamboja.

"Kenapa kok lebih menarik Vietnam dan Kamboja, terutama dua ini, karena mereka berlomba lomba agar orang (investor) masuk dan membuat suasana investasi itu nyaman bagi investor. Ada tax, macam macam (kelonggaran) dibuat sedemikian rupa agar mereka (investor) nyaman," kata Juan.

https://finance.detik.com/berita-eko...647.1492400884

Beda ya etos kerjanya pekerja disana dan disini.

Disini tuh demo udah kayak bagian dari jobdesk. emoticon-Ngakak (S)

Minta gaji gede tapi kerja males. Imbasnya? ya investor ogah masuk kesini!
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan 61 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 23
sungguh menyedihkan ya akhiemoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andyequator dan 4 lainnya memberi reputasi
Pemikiran yang logis bagi investor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joidmce dan 18 lainnya memberi reputasi
Selama ada pungli dan kadal gurun males lah org luar dan investor masuk ke indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 61 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Gimana mau aman investor china, lah tiap kali dianggap ancaman negara, seperti yg dikoar koar si Tungku dan si Aming..
Kirim rudal tegak lurus lah.. tenaga kerja tiongkok menyerbu lah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coganboy dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Lihat 2 balasan
tenang ya akhi...

tiongkok akan tetap investasi (kasih utangan) di sini

modal dari sono
tenaga kerja dari sono

orang sini tinggal lihat aja ya akhi..


juga bayar cicilan jangan lupa ya akhi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coganboy dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tukangkredit
Lihat 3 balasan
yah anggap saja itu belom rejeki kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andyequator dan 3 lainnya memberi reputasi
Sedih, Ini Alasan Investor Lebih Pilih Malaysia dan Vietnam Daripada RI



Bacot doang lo kodok!!!! emoticon-Wkwkwk



Sedih, Ini Alasan Investor Lebih Pilih Malaysia dan Vietnam Daripada RI


Tuh di jaman pak beye yg tukang demo ngomporin buruh malah dr partainya si juokooontooolll!, didemo tiap bulan jg pada santai aja...... emoticon-fuck2


gak usah mewek, klo gak mampu jd presiden resign aja lo Jok! emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arch3my dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan

Selangkah lg menuju ke Indonistan, kalau pemerintah tidak tegas

Dimari anti asing aseng, pengennya perang n bom sana sini kyk suriah tinggal puing2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Udah ni sedikit ceplas ceplos tempat esek esek tidak ada, miras dilarang, acara tv diisi sensor dan sinetron tak bermutu emoticon-Ngakak (S), dipalak banyak ormas ormas kesukuan dan pemda apalagi lo cina, klenteng dibakar, Produktivitas selalu diganggu jadwal nyembah kubus mungkin jadi pertimbangan juga. Iya tentu faktor utama buruh sana gak nglunjak nuntut melulu padahal hasil belom ada kemudian disana minim sentimen anti cina jg.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh FreedomnReality
Lihat 11 balasan
gimana mau investasi di indo kalo nanti "dirudal" ama ayah naen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yongky.ad dan 12 lainnya memberi reputasi
lebih banyak waktu jedukin kepala daripada kerjanya apalagi pas 1 hari sebelum wekend emoticon-Smilie
ditambah lagi dengan banyakya pemuda "setempat" yang hobi "silahturami"

mau investor tertarik ke Indonesia?? NGACA, JOK!!! emoticon-Smilie
basmi dulu itu pemuda setempat dan kadal gurun emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kireta_kun dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh garren007
Lihat 1 balasan
gimana gak males, presidennya sendiri diteriakin antek asing. apalagi asing beneran mau invest langsung kebayang pabriknya dibakar 7 juta orang apa gak ngeri emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kireta_kun dan 33 lainnya memberi reputasi
orang indonesah keminter sih emoticon-Marah
mereka jadik ndak maw inpestasi, takut dilihayin trus gak dibayar. dan bangkrud.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 3 lainnya memberi reputasi
Sory dopost
profile-picture
humas.fpi memberi reputasi
Diubah oleh hyrata18
“Di situ nggak mungkin ada demonstrasi. Jadi itu stabil. Lalu produktivitas mereka lebih tinggi dari kita," ucapnya.

Gw heran, demo kan artinya ada yg salah sama sistem nya, krn itu di demo.
Kalo demo ga ujan ga angin tiba2 demo, boleh lah nyalahin demo.

emoticon-Ngakak
Kok ini malah seolah2 nyalahin rakyatnya yg demo, atas KEPEMIMPINANnya sendiri loh...
Yg demo itu juga sebagian yg milih bapak mimpin Indonesia lagi loh.
#hayoo dipikirrrrr....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeropad dan 41 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
malaysie tegas, ada zakar naik langsung disikat

kalo engga mah ga beda jauh dengan di indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
squidache dan 9 lainnya memberi reputasi
Balasan post FreedomnReality
ini bener banget, sensornya sudah kebangetan. tetek sapi saja disensor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andyequator dan 8 lainnya memberi reputasi
Tetap optimis yak
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kalo ingin rejeki berdatangan jangan mempersulit kedua pihak apalagi pihak yg paling bawah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
enak aja!!
negara ini isinya manusia suci tauukk.
manusia suci kok disuruh ngeburuh, ya nggak kuku.
makanya solusinya khilafuk, balik ke abad ke-7, nggak ada pabrik nggak ada teknologi nggak ada persaingan, semua bisa fokus doa aja.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Halaman 1 dari 23


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di