CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang, Perlunya Uji KIR Secara Berkala
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6fb22ef0bdb21ac9501e14/penyebab-kecelakaan-tol-cipularang-perlunya-uji-kir-secara-berkala

Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang, Perlunya Uji KIR Secara Berkala

Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang, Perlunya Uji KIR Secara Berkala
sumber : CNN Indonesia



Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera bagi para kaskuser semuanya emoticon-Matahari

Baru saja kita mendengar tentang sebuah kecelakaan beruntun di daerah Jawa Barat yaitu terletak di Tol Cipularang KM 91,4 dari arah Bandung menuju Jakarta sekitar pukul 13.00 WIB. Kecelakaan beruntun tersebut tersebut melibatkan setidaknya 21 kendaraan

Hingga saat ini korban kecelakaan berjumlah 17, dengan rincian 8 luka dan 9 meninggal dunia.

Diduga penyebab utamanya adalah truk mengalami rem blong, merupakan kondisi dimana rem kendaraan tidak mampu berfungsi dengan baik. Dikarenakan beberapa faktor tentunya, baik dari segi layak atau tidaknya kendaraan tersebut beroperasi.

Kali ini saya tidak membahas tentang penyebab kecelakaan namun tentang layak jalan atau tidaknya mobil tersebut, yaitu tentang uji KIR kendaraan.

KIR merupakan kata serapan dari KEUR, merupakan rangkaian kegiatan untuk melakukan pengujian kendaraan sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut layak untuk digunakan dan dioperasikan di jalan raya, KIR ini khusus bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang dan barang.

Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang, Perlunya Uji KIR Secara Berkala

Apa saja yang akan diperiksa oleh petugas KIR? Beberapa bagian yang diperiksa saat uji KIR kendaraan sebagai berikut:
-Lampu dan daya pancar
-Emisi gas buang
-Sistem kemudi
-Kaki mobil dan truk
-Speedometer
-Sistem pengereman
-Ban mobil tidak gundul
-Kaca mobil
-Tidak dimodifikasi
-Klakson berfungsi dengan baik

Tes ini merupakan pengujian yang cukup lama, nanti akan dicoba satu persatu. Seperti pemeriksaan lampu depan belakang, lampu jauh meupun pendek. Hingga pengujian sistem pengereman, nanti kendaraan akan dipasang suatu alat pada ban seperti torsi. Nanti kita disuruh menekan rem kendaraan, dan alat tersebut nantinya mampu melihat seberapa kuat rem pada kendaraan kita.

Pernah pengalaman saudara saya waktu pengecekan kendaraan bermotor, karena ada satu lampu yang tidak menyala akhirnya disuruh kembali lagi pada pengecekan berikutnya karena kurang memenuhi syarat pengujian tersebut.

Setelah memenuhi syarat maka kita akan mendapatkan sebuah buku KIR, dan setelah mendapatkan buku tersebut maka kendaraan tersebut sudah layak jalan. Pemeriksaan KIR kendaraan harus diperiksa secara berkala yaitu tiap 6 bulan sekali.

Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang, Perlunya Uji KIR Secara Berkala
sumber : Gatra.com



Sekian thread dari saya, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Jangan lupa rate 5 dan cendolnya ya gan emoticon-shakehand

Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya.


Quote:


emoticon-Shakehand2

Sumber : ini, ini
Diubah oleh amikurnia
Halaman 1 dari 2
Teorinya seh udh dari dulu
Cm prakteknya ga sebagus teorinya





emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Dari dulu kan gitu, tapi ya.. Ahsudahlah.. Cari orang dalem ah biar beres.. emoticon-Ngacir
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Quote:


Sekarang lebih ketat koq gan emoticon-Big Grin
jangan harap lulus kalau belum memenuhi syarat pengujian.
Lihat 1 balasan
Balasan post amikurnia
Quote:


Yang bener nih Mi.. emoticon-Hansip
Quote:


Quote:


Bawak gini aja gak pake kir emoticon-Embarrassment

Penyebab Kecelakaan Tol Cipularang, Perlunya Uji KIR Secara Berkala
profile-picture
profile-picture
amikurnia dan prasetia13 memberi reputasi
Quote:
iya gan, emg bener2 ketat emoticon-thumbsup
Tentunya dgn adanya kejadian seperti ini para petugas mau berkerja secara profesional, tidak serta merta meluluskan karena materi.

Quote:


Wah pengalaman iki gowo motor uji KIR emoticon-Hammer
sobone nyang DP saiki emoticon-linux2
Quote:


Aku nang ndi iki emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Koq moro2 kesasar emoticon-Frown
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Gak cmn uji KIR ganbre.
Kondisi fisik harus no labil.
Penerangan jalan juga penting.
Apalagi aspal mulus itu
emoticon-Big Grin
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Quote:


Wes ndang bali nyang alammu kono masbro emoticon-Wakaka

Quote:

Iya melihat dari tema berita dan kronologis cerita terjadi pada siang hari penyebabnya dari faktor kendaraan terutama dari rem emoticon-shakehand
Quote:


Ho'oh

Aduh biyuuung!!!

GIF
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
penting nya uji kir meminimalisir kecelakaan semoga jadi pelajaran buat kita semua emoticon-Matabelo
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Quote:


Iya menjadi pelajaran buat semuanya emoticon-thumbsup
beban terlaluh berad berakibat gagal rem.
dipaksa ngerem yaaa jebol
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Quote:


Di papan uji KIR kan ada batas berat beban maksimal, kebanyakan orang diisi melebihi batas maksimal. Berpengaruh juga terhadap rem emoticon-thumbsup
faktanya gitu sih bnyak kendaraan terutama truk bermuatan berat yg gk layak tpi dipaksa jalan aja
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Quote:


Iya disitulah letak kesalahan dari faktor manusianya, pinginnya untung namun membawa resiko yang mengancam keselamatan dalam berkendara.
Quote:


Intinya sih kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berkendara bukan hal yg utama bagi orang-orang itu.
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Quote:


Iyap anda benar sekali, safety first emoticon-thumbsup
Sebenernya kalau mau tertib malah bagus nggak ada merasa dirugikan, kitanya selamat dan juga berkontribusi positif kepada negara secara tak langsung yaitu membayar pajak emoticon-shakehand
Quote:


Btw..rajin bener yak pagi2 udh ngaskus aja
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
Quote:


Iya, sama anda juga rajin pagi2 balas komen saya emoticon-Ngakak (S)
ni lagi santai sist emoticon-Malu (S)
Blm ada kesibukan yang berarti.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di