alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Anakmu Depresi? Jangan Hiraukan! Atasi dengan Cara Seperti Ini Aja!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6f68548012ae3a237e7d54/anakmu-depresi-jangan-hiraukan-atasi-dengan-cara-seperti-ini-aja

Anakmu Depresi? Jangan Hiraukan! Atasi dengan Cara Seperti Ini Aja!

Anakmu Depresi? Jangan Hiraukan! Atasi dengan Cara Seperti Ini Aja!

Kondisi seseorang dengan perasaan yang sedih, tidak memiliki ketertarikan dengan apapun, serta memengaruhi perasaan, berpikir, dan berperilaku adalah tanda kalau orang tersebut sedang mengalami yang namanya depresi. Agan dan Sista mengalami hal-hal tersebut? Atau mungkin kalian melihat anakmu bersikap seperti itu? Kalau iya, mungkin anakmu yang sedang mengalami depresi.

Depresi bukanlah suatu hal yang hanya dialami oleh orang dewasa aja, GanSis. Walaupun depresi kebanyakan dialami oleh orang deawsa, tai tak menutup kemungkinan hal ini juga dialami oleh anak-anak. Bahkan, hal ini sudah dibuktikan oleh para ahli loh. Alasan anak-anak menjadi target depresi adalah karena anak cenderung memiliki suasana hati yang sangat mudah berubah, misalnya karena di-bully oleh orang-orang di sekitarnya, asuhan orangtua yang kurang tepat, tekanan dari pergaulan sehari-hari dan masih banyak lagi.

Anakmu Depresi? Jangan Hiraukan! Atasi dengan Cara Seperti Ini Aja!

Tanda-tanda anak mengalami depresi pun sebenarnya sangat mudah terlihat. Jika anakmu sering terlihat sedih, putus asa, bimbang dan sering menyendiri, ini bisa menjadi tanda anak mengalami stres bahkan depresi. Nah kalau kalian sudah melihat tanda-tanda tersebut pada anakmu, jangan pernah disepelekan ya. Karena jika depresi pada anak dibiarkan begitu saja, hal itu malah akan membahayakan anakmu.

Ketika anakmu depresi dan dibiarkan tanpa adanya usaha menyembuhkan depresi itu, tak menutup kemungkinan anakmu akan mengalami gangguan kesehatan jantung ketika ia sudah tumbuh dewasa, selain itu kondisi seseorang yang sedang depresi bisa memicunya untuk memilih jalan yang menyimpang sebagai “obat” depresinya, misalnya dengan merokok, minum minuman beralkohol bahkan bisa saja anakmu terjerumus menggunakan obat-obatan terlarang. Kalau sudah begini, anakmu akan mengalami kerusakan di bagian otak, menurunnya kemampuan berpikir, sulit bersosialisasi bahkan tak menutup kemungkinan anakmu bisa mengakhiri hidupnya atau melakukan bunuh diri.

Anakmu Depresi? Jangan Hiraukan! Atasi dengan Cara Seperti Ini Aja!

Jadi, kalau GanSis sudah melihat tanda-tanda depresi tersebut Agan dan Sista sebagai orangtua harus selalu ada di samping anakmu ya, selalu temani dia, beri semangat dan jangan pernah memberikannya tekanan, karena tekanan yang kalian lakukan malah akan membuatnya semakin depresi.

Agan dan Sista juga diharapkan bisa menjadi tempat curhat anakmu tersebut, sehingga Agan dan Sista menjadi orang yang sangat ia percaya. Sebagai teman curhatnya, Agan dan Sista bisa memberikan masukan-masukan positif kepadanya anakmu agar ia tidak megnambil langkah yang salah. Selain itu dengan menjadi teman curhat, anakmu akan merasa kalau ada orang yang selalu mendukung dan memberinya semangat. Tapi kalau kondisi anakmu sudah sangat parah, Agan dan Sista bisa meminta bantuan psikolog atau dokter spesialis kejiwaan untuk mengatasinya.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
triwinarti dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
hmmmmm....
monggo di atasi sejak dini
jangan dibiarkan sampai memberat depresinya
orang tua memang punya andil yang besar bagi tubuh kembang anak termasuk mentalnya dan juga bisa jadi tempat curhat anak
harus diajak berkomunikasi,
dekati dengan cara yang baik, dengarkan ceritanya, apa yang di deritanya,

intinya berikan selalu yang terbaik untuk anak emoticon-2 Jempol
pinter2nya me-manaje psikis anak, terutama buat orangtua muda..
Quote:


Pantau juga orang2 yg dekat dgnnya, apa saja yg dia lihat di hapenya
profile-picture
masmomon memberi reputasi
kalo semua orang tua bisa baca tanda2nya mungkin kematian karena bunuh diri dan bullying bisa dicegah dan angkanya menurun ya. harusnya emang orang tua diedukasi sih biar paham dan bisa baca anaknya sendiri sehingga bisa dilakukan pendampingan. kasian soalnya kalo depresi sampe gede
Quote:


Setuju banget, gak boleh cuek sama anak, dicari tau ada apa di kehidupan sehari2nya. Biar bisa mendeteksi masalah anak dan dicari solusi bersama
kyak anak tmen.q dia itu gampang nangis, masalah sdikit nangis gitu gampang baper pdhal masih kecil, biasanya anakkan gk segampang itu buat baper sma ucapan orang gmpang ngelupain mslah lah kalau anak kecil, apa baper kyak gitu trmasuk depresi
bener banget threadnyaa, ane sendiri selalu berdoa sih, semoga ntar ketika ane punya anak, ane bisa jadi ibu sekaligus sahabat buat anak ane, jadi dia nggak merasa jauh sama ane, bisa cerita bebass sama ibunya huhu semoga aja bisa gitu sih
ngeri yaaa, semoga aja nanti hubungan ane sama anak bisa akrab dan saling terbuka. biar mereka punya tempat cerita dan ngerasa aman. dan anemya sebagai orang tua juga jadi tau perkembangan dan pergaulan sang anak
Kalo agan bingung juga bagaimana menghadapi anak depresi, jangan sungkan konsul ke dokter gan. Bisa tanya2 di Halodoc lho, ada psikolog dan psikiater di sana yg siap membantu agan 24 jam. Semakin cepat ditangani, makin besar kemungkinan depresi anak bisa disembuhkan.
jadi orangtua emang gaboleh cuek sama anak... harus perhatian, karena orangtua itu sahabat dan teman pertama seorang anak. kalo sampe anak ga deket sama orangtuanya bisa jadi bahaya... krn pasti jd tertutup dari orangtuanya
Setuju nih ane, sebagai orangtua juga harus peka dengan gerak-gerik anak... buat anak nyaman untuk cerita apapun masalahnya sama orangtuanya. Kadang kalimat afirmasi sekecil apapun itu bisa berarti banget buat orang-orang yang lagi depresi
orang tua harus peka banget deh sama tumbuh kembang anak, jangan sampe ketika anak depresi atau psikis terganggu kita gatau sama sekali. Bisa fatal akibatnya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di