alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UIN Tak Akan Beri Ijazah Sebelum Disertasi 'Seks di Luar Nikah Halal' Direvisi
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6f2baff4d695534f0d5750/uin-tak-akan-beri-ijazah-sebelum-disertasi-seks-di-luar-nikah-halal-direvisi

UIN Tak Akan Beri Ijazah Sebelum Disertasi 'Seks di Luar Nikah Halal' Direvisi

UIN Tak Akan Beri Ijazah Sebelum Disertasi 'Seks di Luar Nikah Halal' Direvisi
Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Prof Yudian Wahyudi (Foto: Usman Hadi/detikcom)

Jakarta - Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Abdul Aziz, meminta maaf kepada umat Islam karena disertasinya menjadi kontroversi dan berjanji akan merevisi disertasinya. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta mengatakan ijazah Abdul Aziz tak akan diserahkan sebelum revisi disetujui.

"Tadi ada konpers yang intinya si Abdul Aziz itu menarik kesimpulannya dan akan melakukan perubahan seperti yang disarankan di dalam ujian disertasi. Yang kedua kami sendiri dalam posisi menanggapi statemen dia itu dan juga beberapa yang berkembang, nanti saya akan rapat lagi dengan promotor untuk melakukan yang pertama kami tidak akan menyerahkan ijazah sebelum revisinya betul-betul disetujui oleh para penguji," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Prof Yudian Wahyudi kepada detikcom, Rabu (4/9/2019).

Yudian menjelaskan selama ini pihaknya telah mengingatkan Abdul Aziz akan kerentanan disertasinya menjadi problematika. Apalagi, menurut dia, konsep milk al-yamin Muhammad Syahrur -warga Suriah yang pernah menetap lama di Rusia - yang menghalalkan seks di luar nikah merupakan hal yang menyimpang

"Saya katakan, karena kata Syahrurnya itu kalau orang masyarakat menerima maka bisa diberlakukan. Nah saya katakan di press rilis itu dan di ujian, jika masyarakat seperti kata Syahrul itu menerima, bagi saya itu harus mendapatkan legitimasi dari Ijma atau konsersus, artinya konsep itu perlu didraft dikirimkan ke MUI misalnya dan pihak-pihak terkait, ya kalau di kita di orang Islam itu ya di NU, Muhammadiyah, ke partai misalnya PPP. Baru kalau draft itu disetujui dikirimkan ke DPR untuk diajukan sebagai prolegnas," jelasnya.

"Kalau benar misalnya kemudian diundangkan, artinya sudah disetujui oleh MUI dan ormas-ormas Islam, DPR ya berlaku. Tapi kalau ndak, ndak bisa. Sebenernya yang ingin saya tekankan di situ artinya teori ini tidak bisa dipakai tempat kita, karena kalau dipakai persyaratannya sangat berat dan oleh Syahrur itu dibuang semua, itu," sambung Yudian.

Sebelumnya, Abdul Aziz yang merupakan Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, meminta maaf kepada umat Islam karena disertasinya menjadi kontroversi. Ia berjanji akan merevisi disertasinya dengan memasukkan kritik dan masukan dari promotor dan penguji.

Disertasi Abdul berjudul 'Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital' diujikan di UIN Sunan Kalijaga pada 28 Agustus lalu. Lewat disertasinya ini, Abdul dinyatakan lulus dengan beberapa catatan dari penguji.

Namun disertasinya tersebut ternyata menimbulkan kontroversi kerana dianggap menghalalkan hubungan seksual di luar pernikahan. Atas misinterpretasi dan kontroversi yang terjadi di publik, akhirnya Abdul meminta maaf secara terbuka.

"Saya juga mohon maaf kepada umat Islam atas kontroversi yang muncul karena disertasi saya ini," kata Abdul dalam konferensi pers di aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Selasa (3/9/2019). Hadir dalam acara itu Direktur Pascasarjana Noorhaidi Hasan.
(mae/asp)


SUMUR

Terlalu berani bikin disertasi seperti itu di negara +62
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buyungoptimisme dan 15 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
Jadi penasaran, rujukan dalil Al-Qur'an atau hadits yang dipakai apa ya?

Mengingat selevel disertasi S3 mah bukan kaleng-kaleng ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semua kampus juga gitu! ada revisi ya dikerjain revisinya wkakaka..
menyesatkan ni berita, intinya menurut disertasi: sex di hotel suka-sama-suka bisa jadi halal*



*syarat dan ketentuan berlaku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
umaelme dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kenapa banyak tentang selangkangan...?



UIN Tak Akan Beri Ijazah Sebelum Disertasi 'Seks di Luar Nikah Halal' Direvisi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ya setidaknya sudah minta maaf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 3 lainnya memberi reputasi
free sex itu jaman skrng hal biasa tapi tabu buat di obrolin, sama pak ustad n ortu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
downlolme dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tillian.pearson
Quote:


ayat dan hadits tentang budak jaman dulu. sedangkan budak sekarang sudah tidak ada.

Nah konsep budak inilah yang ditafsirkan secara kontemporer oleh dia dengan hubungan seks diluar nikah bersarat merujuk kepada teorinya al-yamin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.gumball dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Salut buat dosen UIN yg satu ini, bikin gaduh tp mau minta maaf...beda sama dosen UIN yg disono, yg bikin gaduh tp nggak mau minta maaf...atau minta maaf karena yg tersinggung sesama umat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LoveIsEverglow dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Yang penting pasti lulus emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
lah kenapa harus diubah
kan bisa buat bahan pembelajaran juga ini
bisa buat bahan diskusi
klo salah dimana salahnya,
klo bener, benernya dimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Asik juga sekarang jajan udah gak dosa lagi
profile-picture
profile-picture
neutron dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yaa, bukan salah dia, dia juga udah menjelaskan bahwa ini buah hasil pemikiran orang syiria, dia sih cuma nambah sumber2 doang...
M. Shahrour sendiri si sumber, sebetulnya ahli teknik sipil, gak tau kenapa bisa jadi rujukan tentang agama...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rajakita dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wadaw disertasinya ngeri2 nyoy wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
heran. kaum ini selangkangan doang di otaknya

menjijikkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rhaul dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
major revision
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
produk JIL yg blm bs di terima,
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 2 lainnya memberi reputasi
Menunggu kaum kaskus bayaran menghiasi kolom komentar dengan nada penuh amarah dan benci.... Mudah sekali di adu domba emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LoveIsEverglow dan 3 lainnya memberi reputasi
harus nya diganti "HALAL SEKS DENGAN BUDAK PEREMPUAN KAFIR" emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kemaln dan 5 lainnya memberi reputasi
Sudah dinyatakan lulus emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mantaulll
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Jadi sebenernya dia dah Lulus gitu?? Karena viral baru Ijazah nya ditahan dan harus di revisi dulu??? Mantap kali professor kita..... Pantas lah rektor harus impor... Kalau perlu dosen juga impor aja Pak, biar Kualitas mahasiswa lebih baik lagi...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wrongside dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di