alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6ead06af7e9336d94693ef/mengenal-jahja-setiaatmadja-bos-bca-yang-inspiratif

Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif

Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif

Jakarta, IDN Times - Nama Jahja Setiaatmadja mungkin tak sepopuler perusahaan yang dia pimpin. Tapi, siapa yang kalau Jahja adalah salah satu sosok dari kesuksesaan PT Bank Central Asia Tbk, atau yang biasa kita kenal Bank BCA.

Jahja bukanlah orang yang senang tampil menonjol sehingga dikenal publik. Namun, dia cukup dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan murah senyum.

Penasaran dengan sosok Jahja Setiaatmadja? IDN Times merangkumnya lewat fakta-fakta berikut:


1. Berasal dari keluarga tak mampu dan ubah nama di usia 11 tahun
Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif
Jahja Setiaatmadja bukanlah nama pertamanya. Dia memiliki nama Tio Sie Kian. Saat berusia 11 tahun, Jahja mengubahnya lantaran nama saat ini memiliki arti sebagai putra yang setia.

Jahja lahir di Jakarta, 14 September 1955, dari pasangan Tio Keng Soen dan Tan Giok Kiem. Dia juga merupakan anak tunggal alias anak satu-satunya.

Keluarganya bukanlah yang termasuk golongan mampu pada saat itu. Hal itu membuat dirinya mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikan di jurusan kedokteran.


2. Kuliah jurusan ekonomi
Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif
Karena keterbatasan dana, Jahja akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di perguran tinggi dengan mengambil jurusan ekonomi. Salah satu alasannya adalah karena biaya yang terjangkau.

Jahja sejatinya ingin untuk kuliah di Universitas Trisakti atau Tarumanegara. Namun dengan berbagai pertimbangan, Jahja akhirnya kuliah di Universitas Indonesia (UI). Dia kemudian mendapat gelar sarjana dalam bidang Akuntansi dari Universitas Indonesia pada 1982.


3. Pernah berkecimpung di dunia farmasi
Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif
Sebelum berkarier di dunia perbankan, Jahja dulu pernah mencicipi industri farmasi. Dia bekerja di PT Kalbe Farma sebagai akuntan pada 1980.

Seiring peningkatan kinerja yang baik, Jahja mendapat promosi sebagai senior manager atau chief accountant. Bahkan, dia mendapat kepercayaan menjadi direktur keuangan tidak lama setelah itu.


4. Perjalanan karier
Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif
Sebelum menjadi Presiden Direktur Bank BCA, Jahja menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur BCA (2005-2011) dengan tanggung jawab terakhir atas bisnis Perbankan Cabang, Divisi Tresuri, Divisi Perbankan Internasional, dan kantor-kantor perwakilan di luar negeri.

Tapi jauh sebelum itu, Jahja memulai karier pada 1979 sebagai akuntan di perusahaan akuntan PriceWaterhouse. Dia memegang berbagai jabatan manajerial pada salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, Kalbe Farma pada 1980-1989, dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Keuangan.

Sebelum bergabung dengan BCA, ia menjabat sebagai Direktur Keuangan pada perusahaan otomotif Indonesia terkemuka, Indomobil pada 1989-1990. Sejak itu ia bergabung di BCA dan memangku berbagai jabatan manajerial di BCA sejak 1990. Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur BCA pada 1999-2005. 


5. Mengedepankan komunikasi saat pimpin BCA
Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif
Dalam beberapa wawancara dengan sejumlah media, Jahja selalu menegaskan pentingnya komunikasi saat memimpin BCA. Bagi dia, setiap permasalahan selalu punya jalan keluar jika dibicarakan baik-baik. Dengan cara komunikasi itu, dia yakin selalu bisa memberi orang kesempatan untuk terus belajar dalam memperbaiki diri.


Sumber : https://www.idntimes.com/business/ec...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif Ditunjuk Jadi Dirut BRI, Sunarso Akan Tetap Fokus pada Pembiayaan UMKM

- Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif Diangkat Jadi Dirut BRI, Begini Sepak Terjang Sunarso 

- Mengenal Jahja Setiaatmadja, Bos BCA yang Inspiratif [BREAKING] Sunarso Resmi Jadi Dirut Baru BRI

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dengan usaha dan kerja yg gigih penuh semangat..
1st..Nice share infonya gan.. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
CoupleMaster dan rheirhei memberi reputasi


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di