alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Tahukah Anda, Smartphone Nokia Lebih Terupdate Dibanding Samsung?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6df31665b24d401f3ca090/tahukah-anda-smartphone-nokia-lebih-terupdate-dibanding-samsung

Tahukah Anda, Smartphone Nokia Lebih Terupdate Dibanding Samsung?

Tahukah Anda, Smartphone Nokia Lebih Terupdate Dibanding Samsung?


Meski pamornya kini tak sepopuler merek ponsel lain, Nokia ternyata tak mau kalah dalam adu cepat pembaruan sistem operasi Android. Merek smartphone yang berada di bawah naungan HMD Global itu dinobatkan sebagai vendor smartphone yang paling cepat merilis update Android dibandingkan merek besar lainnya, seperti Samsung. Gelar tersebut dinobatkan setelah lembaga riset Counterpoint merilis laporan terbarunya. Dalam laporannya, sebanyak 96 persen perangkat Nokia kini sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie, sementara 4 persen sisanya masih Android 8.1 Oreo.

Menurut Counterpoint, angka tersebut dihitung selama periode penjualan di kuartal tiga (Q3) 2018 hingga akhir kuartal dua (Q2) 2019. Angka 96 persen tersebut diperoleh dari kombinasi perangkat lama yang yang melakukan update sistem operasi, maupun perangkat baru yang sudah dipasangi OS Android 9.0 (pre-install) ketika dijual.

Bercermin dari merek lain, angka tersebut terbilang sangat tinggi dan berselisih hampir 10 persen ketimbang merek lainnya. Samsung yang menduduki peringkat kedua, memiliki 89 persen smartphone dengan Android Pie. Banyaknya seri smartphone yang dimiliki Samsung, mulai dari flagship hingga low-end, kemungkinan membuat persentase tersebut menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan Nokia. Posisi berikutnya diisi oleh vendor smartphone Xiaomi dan Huawei, yang masing-masing dengan angka 84 persen dan 82 persen.

Peter Richardson, Direktur Penelitian Counterpoint mengatakan bahwa pembaruan sistem operasi dan keamanan, adalah dua aspek yang mendapat perhatian relatif lebih kecil dari smartphone Android. Richardson pun mengatakan hanya ada beberapa merek saja yang menaruh perhatian besar pada dua tersebut. "Mungkin karena vendor tidak membicarakannya (pembaruan OS dan keamanan), kesadaran konsumen juga menjadi rendah. Pembaruan OS dan keamanan tidak masuk dalam daftar sepuluh fitur yang dianggap paling penting oleh konsumen," kata Peter. Padahal menurut Peter, sistem operasi menjadi hal yang krusial. Pasalnya ada banyak komponen dan fitur pada smartphone yang memiliki ketergantungan pada pembaruan sistem operasi.

"Banyak fitur utama, termasuk masa pakai baterai, prosesor, kamera dan memori yang memiliki hubungan dengan kinerja sistem operasi yang menopangnya. Kami percaya hal tersebut penting untuk pengalaman konsumen secara keseluruhan," tambah Peter. Dikutip KompasTekno dari situs Counterpoint, Selasa (3/9/2019), peneliti pun mengatakan hanya ada beberapa merek saja yang berkomitmen untuk memastikan smartphone mereka selalu menjalankan sistem operasi versi terbaru. Meski Nokia menjadi yang paling cepat, Counterpoint juga menyebut sejumlah merek lain kini tengah berupaya untuk mempercepat proses pembaruan sistem operasi pada smartphone-smartphone buatannya.






Dilansir dari: Kompas Tekno
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azidqi dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
pekiwan gan...
thanks infonya bre,,,
emoticon-Shakehand2
profile-picture
seungriseiyo memberi reputasi
Sayang ane ga pake andro
nokia 3230 gan, wkwkwkwkw
Nice share infonya gan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
CoupleMaster dan 2 lainnya memberi reputasi
Android one
ternyata gitu... baru tau ane... nice thread nih gann... dishare lagi info2 menarik dan berfaedah yesss...
profile-picture
profile-picture
seungriseiyo dan stygiant memberi reputasi
tahan banting juga sih harusnya hahaha biar bisa buat lempar maling
perlahan nokia mulai bangkit dan menunjukkan kekuatan dia yang lama.. kalo lengahdikit, bisa bisa nokia jadi market leader lagi nih. apalagi udah terkenal banget kalo hape mereka daridulu selalu tahan banting.
profile-picture
profile-picture
stygiant dan RyoEdogawa memberi reputasi
karena nokia dekat dgn google.
karena nokiyem banyak hp android one ?emoticon-Wink
lama tak pegang nokiyem
Quote:


Ya ya ya emoticon-Traveller
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
biasa aja. itu karena produk nokia sangat sedikit. dgn jumlah produk yg cuma segelintir maka mereka bisa fokus ke pengembangan OS terbaru. sama seperti Apple cuma kluarin hape baru 3 biji doang jd pasti dibikin OS terbaru.
beda dgn samsung tiap tahun muncul puluhan hape baru. padahal pengembangan OS baru untuk satu hape butuh waktu ber bulan2. bikin hardware itu gampang, tp bikin sistemnya itu lbih rumit dan lama.
profile-picture
stygiant memberi reputasi
Dan ane masi setia pake LG yg update service nya termasuk paling suram emoticon-Busa:





emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
Ya kan rilisan versi OS terbaru butuh penyesuaian sama skin-nya atau UI masing-masing brand smartphone.
kita contohkan Nokia,mereka gak pakek skin atau UI modifikasi melainkan pure Android jadi akibatnya saat OS versi terbaru rilis Nokia bisa langsung nyoba(apalagi Nokia jadi partner ekslusif Google bersama Xiaomi,Oneplus,etc.).
Berbeda dengan Samsung,saat OS versi terbaru dirilis mereka perlu nyesuain dengan skin atau UI mereka (One UI) makanya butuh waktu yang lama.
profile-picture
stygiant memberi reputasi
cepet updatenya soalnya kebanyakan pake android one sama variasi produknya yg nggak terlalu bayak
Quote:


benar sekali. ane pengguna nokiyem 6.1 plus, UI-nya minimalis pake banget jadi sangat monoton. tapi untungnya ane gak pernah mempermasalahkan UI, yang penting bagi ane kinerjanya. Selama ane pake ni smartphone gak ada kendala sama sekali, lancar jaya. Update dan upgrade software juga konsisten, tapi yg ane denger sih 6.1 plus cuma dapat 2 tahun upgrade OS dan 3 tahun update sistem keamanan.
nice info gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di