KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d69617609b5ca616d1691e1/dari-tanah-rantau-seribu-rasa-dan-warna-kebanggan-netizen-nusantara

Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara

Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara

Bicara soal Indonesia kebanggaan netizen, sebagai seorang warga Indonesia asli yang tengah merantau ke negeri Taiwan.

Saya hanya akan membagikan beberapa pengalaman, saat pertama kali ngasih makan orang asli Taiwan, dengan aneka kuliner khas Indonesia.

Penasaran makanan apa saja yang saya berikan dan bagaimana komentar mereka?

Stay tune buat ngelanjutin baca thread ini sampai selesai, ya?

emoticon-Keep Posting Gan

1. BAKSO

Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara
dok.pri

Saat saya memberikan makan bakso ini kepada orang Taiwan, pertama kali yang mereka pandang tentu bukan saya. Melainkan baksonya.

"Ini makanan apa?" tanya mereka dengan sedikit ragu.

Saya pun menjawab, "Kalau di Taiwan sama kayak bakso daging babi. Tapi di Indonesia, ini bakso dari daging sapi."

Mereka mengangguk, lalu mengambil sendok untuk mencicipi.

Tanggapan mereka?

"Hen hao che! (Sungguh sangat enak!)"

Bahagia? Oh, banget dong!

emoticon-Peluk

Oh, ya, sebagai catatan untuk kalian saja; orang Taiwan rata-rata nggak doyan pedas. Kalau persoalan bakso di foto ini, edisi special porsi buat saya saja😂

2. TEMPE

Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara
dok.pri

Soal makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai satu ini, kalian pasti sudah pada tahu, 'kan?

Jadi, awalnya itu ... saya baru pulang dari libur setengah hari bareng teman-teman, karena saya sudah lelah kesana-kemari nyari jodoh, eh, nyari menu makan buat saya dan keluarga majikan. Walhasil, daripada ribet nan vusing, saya buat saja resep tempe goreng lengkap dengan tepung tipis-tipis.

Seperti biasa, karena merasa aneh dengan bentuk dan warnanya, mereka serentak nanya.

"Ini makanan apa?"

Saya yang masih berada di dekat mereka pun bilang, "Saya nggak tahu apa namanya kalau dalam bahasa Mandarin. Tapi di Indonesia, ini disebut Tem-pe." (ngeja kek ngajarin adik kita aja ini😂)

Satu menit belum ada yang berani ngambil. Sampai salah satu anak lelaki majikan ngambil satu pakai sumpit, kunyah-kunyah-kunyah sampai ludes. Baru ngasih komen.

"Enak. Rasanya kayak ada vermentasian gitu. Tapi asinnya pas, daging tempenya juga empuk, dan saya suka."

Wiihhh, makin kelelep nggak, sih, saya?

emoticon-Malu

3. CIAOKELI PINGKAN

Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara

Ciaokeli pingkan atau sering disebut wafer cokelat satu ini, memang bisa banget dijumpai dimanapun supermarket yang ada di Taiwan.

Jadi, kalau kalian ke Taiwan lalu kangen makanan Indonesia satu ini, nggak salah coba cari ke supermarket sekitaran tempat tinggal kalian.

Mengenai percobaan ngasih wafer cokelat satu ini, saya cukup hati-hati banget, nih, Gan!

Selain rasa wafernya yang manis kayak saya (boleh muntah😂), lansia yang saya jaga termasuk orang sakit sebab kelebihan gula darah. Jadi, satu dua kali saja saya kasih wafer cokelat satu ini padanya.

Bagaimana tanggapan pertamanya?

"Cheke se semo pingkan? (Ini sih jajanan apa?)"

Saya pun menjawab kalem sambil motek setengahnya saja. "Ini wafer cokelat, Nek. Cobain dikit saja dulu, ya?"

Nenek ngangguk terus bilang, "Manis."

"Emang manis, Nek. Kayak saya manisnya, 'kan? Weheheheh."

"Iya. Tapi enak," sambungnya lagi terus ngerebut satu potekan lagi dari tangan saya. Ciyeeee ... nenek saja demen, lho. Kalian gimana?

emoticon-Betty


4. TAHU ISI

Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara

Kalau bahas soal tahu isi atau tahu brontak satu ini, saya mau ketawa dulu.

emoticon-Ngakak

Sebab apa? Nenek mandangnya aneh banget waktu itu. Kacamata yang biasa nangkring manja di depan mata, sengaja nenek perosotin sampai ke hidung minimalisnya. Wehehehe.

"Ini tahu, bukan?" tanya nenek sambil ngunyah pelan.

"Iya. Enak nggak?"

Nenek ngangguk. "Enak. Kamu masak sendiri?"

"Nggak, Nek. Tadi ini tahu asyik nyemplung saja ke wajan. Makanya jadi kayak gini," jelasku sambil cekikikan.

Wah, poin lagi, 'kan Indonesia kebanggan netizen😍😂🙏

5. CILOK

Dari Tanah Rantau; Seribu Rasa dan Warna Kebanggan Netizen Nusantara

Makanan legendaris, nih, Gan! 😍

Saya paling suka buat jajanan cepat saji satu ini. Selain nggak ribet, nenek juga suka. Katanya waktu itu, "Ini kenyalnya enak. Kamu pesan?"

Auto nggak mau dong dibilang pesan alias delivery order? Maka saya pun bilang, "Ini saya buat sendiri, Nek. Bahannya juga kan sederhana, murah, dan rasanya enak, 'kan, Nek?"

Nenek ngangguk tuh waktu itu, sambil terus ngunyah.

Wahh😍 saya makin bangga jadi bagian dari Indonesia. Kalau kalian, bagaimana?

emoticon-Peluk

Itulah beberapa pengalaman saya sebagai netizen yang bangga dengan aneka jenis makanan, sumber daya, wisata, hingga aneka ragam suku dan budaya Indonesia, yang tidak hanya menyebar di tanah air, tapi juga ranah mancanegara.

Semoga menginspirasi buat kalian semua, boleh share dan silakan komen di bawah thread ini, ya?

Sampai jumpa🙏

Taiwan, 31 Agustus 2019

Source pict: Dokumen Pribadi




profile-picture
profile-picture
profile-picture
wbros dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Bangga dengan Indonesia di mana saja? Oh, tentu! 😍😍

Yang sependapat dengan saya, mana nih suaranyaaa📣📣📣
Saya fokus sama baksonya, Gan.. enak banget
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
indonesia tanah air beta pusaka abadi nan jaya
Quote:


Heheheh ... iya, Gan! Pedesnya mantap

:indonesia
"Ini makanan apa ?" tanya orang taiwan emoticon-Malu (S) namanya bak so bahasa tionghoa artinya daging bak giling " haiya wo ai ni a
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
Diubah oleh tsimtsum
Kuliner indonesia jangan ditanya lagi gimana rasa'y.
emoticon-Cool
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
Hebat nich. Mengenalkan jajanan Indonesia
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
Jajanannya higienis ga ya?
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
hastagaaa ... auto ngences liat baksonya kakak
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
Bakso mantap nih buat sarapan😁
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi


Quote:


wkkwkw bisa aja nih, kakak satu. But, thank u



Quote:


sepakat saya mbak weheehhe

profile-picture
indahmami memberi reputasi


Quote:


alhamdulillah, terima kasih kak😊
profile-picture
istijabah memberi reputasi


Quote:


higienis dong, kaka. Insya Allah
profile-picture
ushirota memberi reputasi


Quote:


wkwkwkwk lap mana laappp, thanks kk



Quote:


boleh juga, silakan download sendiri 😂😂😂

Indonesia unggul di kuliner
😐😐😐
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Bener banget dah itu..
emoticon-2 Jempol
Ihh jadi laperr, mau cilok sama basoo wkwkwk

Bakso bulat seperti bola pimpong kalo lewat membikin perut kosong wkwk
profile-picture
yuni.wahyuni114 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
enaknya, indonesia emang surganya kuliner
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di