CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Fashionista /
Jadikan Kebaya Identitas Wanita Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d68ce6d65b24d580709118e/jadikan-kebaya-identitas-wanita-indonesia

Jadikan Kebaya Identitas Wanita Indonesia

Jadikan Kebaya Identitas Wanita Indonesia

Kalo kita bicara mengenai kebaya, yang pertama kali ada di benak kita pasti adalah busana khas tradisional yang melekat pada para wanita di Indonesia. Karena unsur tradisionalnya ini juga, sebagian dari wanita ada yang cenderung 'menghindari' untuk pakai kebaya.

Alasan paling umum biasanya takut kelihatan tua, karena kebaya itu identik sama orang-orang tua, atau kuno. Ada juga yang karena ribet, jadi hanya akan dikenakan pada saat-saat tertentu, misal: acara pesta, pernikahan, kondangan, acara kelulusan, atau saat memperingati Hari Kartini.

Belum lagi bombardir trend-trend fashion dari luar yang pastinya ikut mengubah selera berpakaian. Memang tidak bisa dipungkiri, trend mode yang datang dari luar dan berkembang sangat masif, bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi selera kita dalam hal berbusana (apalagi buat kaum wanita).
emoticon-Malu

Jadikan Kebaya Identitas Wanita Indonesia
Gambar

Di Indonesia, kebaya identik dengan penampilan tradisional perempuan-perempuan Jawa yang anggun nan elegan. Walaupun sebenarnya kebaya juga ada di daerah lain dengan varian corak khas yang berbeda tergantung budaya masing-masing daerah.

Kalo kita baca sejarahnya, zaman dulu kebaya justru hanya dikenakan para bangsawan kerajaan. Malahan saat zaman pendudukan Belanda, wanita-wanita Belanda yang ingin berkunjung ke tanah air diharuskan untuk memakai kebaya.

Kebaya telah menjadi saksi sejarah yang mengantarkan perjalanan bangsa Indonesia bahkan hingga sekarang. Bung Karno juga menjadikan kebaya sebagai kostum nasional Indonesia. Kebaya jadi simbol nilai-nilai yang diharapkan ada pada diri seorang perempuan, seperti: kelembutan, keluwesan, kesabaran, kemandirian dan dapat beradaptasi.

Jadikan Kebaya Identitas Wanita Indonesia
Gambar

Kebaya juga menjadi lambang emansipasi perempuan Indonesia melalui representasi kebaya dengan tokoh kebangkitan perempuan Indonesia, yaitu Raden Ajeng Kartini. Kebaya adalah busana yang paling ideal dengan konsep feminitas perempuan Indonesia.

Sampai saat ini kebaya masih banyak dipakai sebagai busana sehari-hari kaum ibu di berbagai wilayah pedesaan. Sedangkan di wilayah perkotaan, para perempuan biasanya hanya akan memakai kebaya saat ada acara tertentu.

Jadikan Kebaya Identitas Wanita Indonesia
Gambar

Pada masa sekarang kebaya telah mengalami perubahan desain mengikuti perubahan zaman agar tidak terlihat ketinggalan terutama di mata perempuan-perempuan muda. Makin banyaknya gerakan-gerakan yang mengajak para wanita untuk berkebaya di masa kini bisa menjadi salah satu cara melestarikan eksistensi kebaya di tengah gempuran trend-trend berpakaian dari luar.

So, mari jadikan kebaya sebagai identitas wanita Indonesia...
emoticon-I Love Indonesia 


Referensi
Spoiler for BONUS+:
Ada yang merasa kalo pake kebaya berasa jadi cewek banget gak sih😍 berasa cantik sendiri haha


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di