alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling Kontroversial
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d628330c8208460007bfbaf/dua-sisi-mino-raiola-agen-sepak-bola-yang-paling-kontroversial

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling Kontroversial

Saat ini di dunia sepak bola ada 3 agen yang dianggap terbesar, mereka biasa disebut "Super Agent" yaitu Carmine "Mino" Raiola, Jorge Mendes, serta Kiavash "Kia" Joorabchian. Ketiganya dianggap yang terbesar karena mewakili banyak pemain sepak bola terkenal dan berhasil meraup uang dalam jumlah yang sangat banyak ketika terjadi perpindahan atau transfer pemain. Dua nama super agent lainnya yang mungkin sebesar 3 orang di atas antara lain Pini Zahavi serta Jonathan Barnett.

Baca Juga :
Remaja-Remaja Ini Jadi Pesepak Bola Dengan Gaji Termahal Di Dunia
Kevin De Bruyne Setara Dengan David Beckham & Steven Gerrard Saat Melakukan Crossing
Pesona Trio WAGS Cantik Asal Brasil Yang Selalu Mendukung Liverpool
Liverpool Akan Mendapat Kontrak Baru Bersama Nike dan Memperbesar Stadion Anfield

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialRaiola, Mendes & Joorabchian (premiumsporthd.it)

Pemain terkenal yang diwakili oleh Mino Raiola antara lain : Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic, Matthijs de Ligt, Mario Balotelli dan masih banyak lagi. Sedangkan Jorge Mendes banyak merekrut pemain senegaranya dari Portugal seperti Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, Ederson, João Cancelo serta manajer Jose Mourinho, dan juga pemain dari negara lainnya seperti James Rodriguez, Fabinho, Angel Di Maria, dan sebagainya.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialCR7, Mendes & Mourinho (thesun.co.uk)

Kia Joorabchian adalah agen yang lahir di Iran, namun kini juga berkewarganegaraan Inggris serta Kanada. Pemain di bawah agensi Joorabchian kini hanya tinggal tiga pemain yaitu Philippe Coutinho, Andreas Pereira, serta pemain divisi 3 Spanyol yaitu Rui Pedro. Namun dulu Joorabchian terkenal karena mewakili Carlos Tevez, Javier Mascherano, dan membantu transfer Oscar, Tiemoue Bakayoko, dan David Luiz.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialKia Joorabchian & Carlos Tevez (thesun.co.uk)

Walau Jorge Mendes dianggap sebagai agen yang paling mempunyai kekuasaan terbesar diantara mereka semua, Mino Raiola merupakan yang dianggap paling kontroversial, serta kisahnya paling diburu oleh awak media. Saat ini agen asal Italia tersebut sangat sibuk karena telah mengorkestrasi kepindahan Matthijs de Ligt dari Ajax ke Juventus sebesar €75 juta. Mario Balotelli pulang kampung ke kota kelahirannya Brescia, Moise Kean dibeli Everton dari Juventus dengan harga €27,5 juta, serta transfer Hirving Lozano dari PSV Eindhoven ke Napoli seharga €40 juta. Bayangkan berapa banyak uang yang didapat dari persentase transfer tersebut. Belum lagi dia masih mengharapkan kepindahan Paul Pogba serta Gianluigi Donnarumma yang masih bisa terjadi.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialMkhitaryan, Raiola & Pogba (thesun.co.uk)

Menurut website transfermarkt, berikut daftar pemain yang diwakili oleh Mino Raiola saat ini :

- Paul Pogba

- Zlatan Ibrahimovic

- Marco Verratti

- Lorenzo Insigne

- Gianluigi Donnarumma

- Konstantinos Manolas

- Moise Kean

- Henrikh Mkhitaryan

- Blaise Matuidi

- Mario Balotelli

- Sergio Romero

- Luciano Narsingh

- Justin Kluivert

- Marcus Thuram

= Giacomo Bonaventura

Dan beberapa pemain lainnya yang kurang dikenal.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialRaiola & Ibrahimovic (bleacherreport.com)

Kesuksesan pria berusia 51 tahun ini dipengaruhi oleh kemampuannya mencium bakat pemain, mendekati pemain dan keluarganya untuk dirayu masuk manajemennya, serta kehebatannya dalam bernegosiasi dengan klub-klub kaya. Namun Mino Raiola mempunyai sifat yang terlalu blak-blakan dan berani bicara apa adanya di depan kamera. Seperti contohnya saat dia menyebut Pep Guardiola "pengecut" serta "anjing" karena tidak memainkan Zlatan Ibrahimovic di Barcelona. Dia bahkan memanggil Jurgen Klopp "piece of s--t" karena perlakuannya terhadap Mario Balotelli di Liverpool. Presiden Napoli yaitu Aurelio De Laurentiis, bahkan dibandingkannya dengan diktator Mussolini dalam menangani klub tersebut.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialMario Balotelli & Raiola (bleacherreport.com)

Akibatnya banyak klub besar serta manajer yang tidak menyukainya dan menolak untuk melakukan transaksi pemain yang berada di bawah naungan manajemennya. Sir Alex Ferguson pernah memanggilnya "s--tbag" dan dalam buku berjudul Leadingyang ditulisnya pada tahun 2015, Ferguson menulis "saya tidak mempercayainya saat pertama kali bertemu dengannya". Raiola juga jarang menggunakan akun media sosialnya, namun dia sempat memakainya untuk melakukan pembelaaan kepada orang yang mengkritik pemainnya, contohnya Paul Scholes.

Raiola punya mempunyai masalah dengan FIFA di bulan Mei dengan alasan yang tidak jelas, dan dilarang melakukan transaksi selama 3 bulan. Larangan ini dimulai oleh Federasi Sepak Bola Italia, dan menurut Raiola mempunyai unsur politik dari lawan-lawannya yang ingin melemahkannya. Dari beberapa kontroversi tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Raiola adalah seseorang yang tidak disukai oleh banyak orang.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialRaiola dan Pogba di Juventus (thesun.co.uk)

Namun semua kebencian diatas hanya merupakan salah satu sisi dari Mino Raiola. Ternyata banyak juga pihak yang membelanya dan mengatakan bahwa Raiola bukan sosok yang mengerikan. Pemain-pemain yang berada di bawah manajemennya tentu membelanya dan menganggapnya keluarga dekat karena dia sangat dekat dengan mereka. Tapi ada juga banyak pihak lainnya yang dekat dengannya, memberi kesaksian bahwa Raiola adalah orang yang baik.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialKeluarga dekat (Instagram @PaulPogba)

Jurnalis Simon Kuper dari website Financial Times (ft.com), juga merupakan salah satu dari beberapa pihak yang membelanya. Dia sempat menemani Raiola selama beberapa jam pada tahun 2016 ketika melakukan interview. Menurut Kuper, Raiola adalah seseorang yang sangat menyenangkan, berkomunikasi dengan sungguh-sungguh dengan semua orang yang dijumpainya, tipe pria yang sangat ekstrovert, suka berteman, ceria. dan banyak bicara. Dan dia juga sangat cerdas.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialPria yang menyenangkan (ft.com)

Lahir di kota Salerno, Italia, pada bulan November 1967, Mino merupakan anak tertua dari keluarga yang mempunyai sebuah restoran Pizza. Dia belajar semua hal tentang bisnis di restoran tersebut, dari bahasa Belanda, belajar jadi konsultan, membeli barang, menjadi manajer, bernegosiasi, mengorganisir segala hal, hingga akhirnya menjadi pembuat kesepakatan terkenal di dunia sepak bola saat ini. Dari obrolan dengan konsumen, dia bisa berbicara sedikit dalam 7 bahasa. Dan saat menjaga toko, dia juga belajar menghitung aritmatika secara mental,

Menurut mantan jurnalis sepak bola bernama Thijs Slegers, berdasarkan dari perkataan beberapa orang yang bernegosiasi dengan Raiola, dia mampu menghitung dengan menggunakan otaknya lebih cepat dari kalkulator. Slegers juga merupakan orang yang memperkenalkan Zlatan Ibrahimovic kepada Raiola, saat dia masih berada di Ajax Amsterdam.

Saat itu Ibra hendak pindah agensi, dan Slegers memperkenalkan 3 orang kepadanya. Ibra menulis dalam otobiografinya di tahun 2011 bahwa dia sangat terkejut ketika pertama kali bertemu Raiola. Mereka bertemu di sebuah restoran Sushi, dan Raiola datang dengan penampilan biasa, dan Ibra merasa dia seperti tokoh dalam film The Sopranos.

Raiola bertanya kepada Zlatan "arloji yang kau kenakan, cukup mahal kan?" dan diiyakan olehnya. Pertanyaan kedua Raiola kepada Ibra adalah berapa gol yang telah dicetaknya saat itu, dan dijawab dengan 6 gol. Kemudian Raiola berkata "6 gol dan kau mengenakan jam seperti itu? Kau tak pantas mengenakannya". Kemudian telepon Raiola berbunyi dan dia pamit keluar untuk menjawabnya. Ibrahimovic langsung berkata kepada Thijs Sleger "kau bisa mengatakan kepada dua calon agen lainnya bahwa saya telah menemukan yang cocok. Ini (Raiola) adalah orang yang aku perlukan".

Menurut Sleger, banyak orang yang ingin diperkenalkan kepada Raiola setelah otobiografi Ibra beredar, karena Raiola adalah orang yang berbicara langsung apa adanya, dan hal ini sangat penting. Seorang agen perlu berkata apa yang ada di kepalanya, dan bukan mengatakan apa yang ingin didengarkan oleh seorang pemain. Raiola tahu bagaimana cara mempengaruhi seorang pemain untuk mematok ambisi yang tinggi dan cara menggapainya, dan dia bersedia berperang untuk kliennya. Akhirnya Ibra berhasil pindah ke banyak klub terkenal dan menghasilkan persentase komisi yang sangat besar baginya.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialRaiola & Ibra saat di Ajax (ft.com)

Raiola memulai karir sebagai broker transfer pemain saat bekerja di agensi sepak bola bernama Sports Promotions. Dia bekerja dengan membawa pemain Belanda ke Italia pada tahun 1990an seperti Bryan Roy, Wim Jonk, Dennis Bergkamp dan Marciano Vink. Namun karya terbesarnya adalah membawa Pavel Nedved di tahun 1996 dari Sparta Prague ke Lazio. Bintang Republik Ceko tersebut bermain cemerlang bersama timnas dan menjadi runner up Euro 1996, dan kemudian setelah dari Lazio, dia pindah ke Juventus, bahkan menyabet gelar Ballon d'Or pada tahun 2003.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialRaiola dan Pavel Nedved (arenacalcio.it)

Kerjasama dengan Nedved membawa dimensi baru untuk Raiola, dia menjadi pengaruh besar dalam memberi nasihat kepada para pemain yang diwakilinya. Nedved adalah tipe pemain yang sangat bugar, berkomitmen tinggi dan disiplin, dan sifat ini diturunkan Raiola kepada semua pemainnya termasuk Ibrahimovic. Dari beberapa pemain baru yang ditemuinya, Raiola memuji Matthijs de Ligt sebagai pemain yang mempunyai mentalitas tinggi serta pekerja keras, dan bisa melewati prestasi Nedved.

Dua Sisi Mino Raiola, Agen Sepak Bola Yang Paling KontroversialAgen olah raga terbesar ke 5 tahun 2018 (bleacherreport.com)

Majalah Forbes menilai asetnya sebesar $62,9 juta dan berada di peringkat 5 agen olah raga terbesar pada tahun 2018, di antara para agen sepak bola, basket, serta baseball. Walau memiliki kekayaan besar, dia tidak berpakaian berlebihan atau berpenampilan glamor. Raiola lebih memilih berpakaian sederhana, namun mengikat hubungan yang sangat erat dengan para pemainnya, dan memeras uang sebanyak mungkin dari klub yang dibela oleh mereka.

Begitulah dua sisi dari Mino Raiola. Bagi para manajer klub besar, dia adalah musuh yang harus dijauhi. Namun bagi para pemain yang dekat dengannya seperti Pogba, Balotelli atau de Ligt, dia adalah sekutu yang paling bisa dipercaya.

Referensi :

- Bleacherreport.com/articles/2850603-dr-mino-and-mr-raiola-the-two-sides-of-footballs-most-controversial-agent

- Thesun.co.uk/sport/football/8171561/most-powerful-football-agents-mendes

- Ft.com/content/548155cc-9bcf-11e6-b8c6-568a43813464

- Transfermarkt.com/mino-raiola/beraterfirma/berater/282

profile-picture
profile-picture
profile-picture
AngelOfLucifer dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Gara-gara dia harganya jadi gila-gilaan emoticon-Big Grin
profile-picture
galihgaram memberi reputasi
artikelnya kereeeeen...
kan selama ini kita cuma tahu pelatih sama pemainnya aja nih, nah ternyata ada dalang dan justru pemeran utama di baliknya.
nggak ada mereka, nggak akan ada harga yang gila-gilaan...wkwkwk
profile-picture
galihgaram memberi reputasi
Org yg mengendalikan bisnis bola
emoticon-Wakaka
hmm mantul
Quote:


Nah itu dia gan emoticon-Traveller
Waahhh, ternyata dalang di balim harga gak masuk akal pemain sepak bola itu datangnya dari agen pemain, wkwkwkwk
Quote:


Kira2 Indonesia udah ada belum yang kek gini gan? Wkwkwkwk
gara2 mino raiola, barcelona gagal dapet matthijs de ligt emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo sampe ada, bagus banget tuh, jadi ada yg bisa ngontrol transfer lokal sama internasional. Harus diawasi juga jual belinya, biar gak ada yg curang hehe
Kelas mafia
emoticon-Ngakak
Quote:


Wahhh bener juga tuh, kalo dijalanin profesional seperti sepak bola luar, pastj bakal berkembang nih persepakbolaan indonesia
Emang tuh tugasnya sang agen utk memotivasi pemainnya agar lebih berprestasi dan punya etos kerja yg tinggi sehingga sang agen punya nilai jual yg mahal terhadap san pemainnya.

bahas Gabriel budi gan, agennya pemain asing liga indonesia wkwk
profile-picture
profile-picture
Naice dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
agen pemain menjadi salah satu faktor penting perjalanan karir suatu pemain, dia yg mencari job utk pemain, dia yg mengatur waktu hingga memprotek pemain itu sendiri. sayang di liga1 peran agen pemain masih blm terlihat, krn memang sistem kontrak dan liga yg gak jelas. semoga liga kita semakin maju dan berkembang
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Like SAF said, he's a s**tbag
thread mino gambarnya jorge mendes


TOLOL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dragon dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Agen begini biasanya dpt komisi brp persen ya? emoticon-Big Grin
profile-picture
mcdmarco memberi reputasi
Kudanil mata duitan emoticon-Big Grin
super sekali ya akhi emoticon-Maaf Agan
yg ngga super kebelakang aja ya akhiemoticon-Maaf Agan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di