alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Ayo Membuat Pisang Nugget Sendiri di Rumah! Gampang Kok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d61c5b80577a9249d4c39b1/ayo-membuat-pisang-nugget-sendiri-di-rumah-gampang-kok

Ayo Membuat Pisang Nugget Sendiri di Rumah! Gampang Kok

Ayo Membuat Pisang Nugget Sendiri di Rumah! Gampang Kok


Tahun lalu sempat booming jajanan pisang nugget gara - gara anak pejabat yang membuka usaha makanan tersebut. Camilan yang terbuat dari pisang dan tepung panir itu digandrungi oleh masyarakat khususnya remaja dan anak muda. Rasanya yang unik, bentuk yang lain daripada pisang goreng kebanyakan serta topping yang kaya rasa mampu mencuri hati penyuka buah pisang.

Menurut ane, sebagai anak kos sekotak pisang nugget yang dibeli di outlet terbilang cukup mahal. Per kotak yang berisi sepuluh potong pisang nugget harganya sama dengan beras dua setengah kilogram. Jadi demi berhemat ane memutuskan untuk membuatnya sendiri. Bahan yang diperlukan tidak terlalu susah dicari. Berikut ini adalah bahan - bahannya :

1. Buah pisang matang jenis apa saja sebanyak 500 gr
2. Gula pasir 7 sendok makan
3. Tepung terigu secukupnya
4. Telur 1 butir
5. Tepung panir secukupnya
6. Minyak goreng.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain :

1. Panci kukusan
2. Kompor
3. Garpu
4. Mangkok
5. Pisau
6. Cutting board alias talenan

Langkah - langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Mengupas buah pisang sebanyak 500gr (ane menggunakan pisang berlin yang kecil - kecil sebanyak 8 buah)
2. Haluskan pisang dengan garpu hingga halus atupun setengah kasar (sesuai selera).
3. Kemudian pecahkan sebutir telur
4. Masukkan gula dan garam secukupnya
5. Aduk hingga tercampur rata.
6. Tambahkan 3 sendok makan tepung terigu dan 15 ml air hingga adonan kental.
7. Taruh dalam wadah plastik dan kukus di dalam panci selama 20 menit hingga adonan matang dan mengeras.

Ayo Membuat Pisang Nugget Sendiri di Rumah! Gampang Kok


8. Setelah dua puluh menit, angkat adonan dan dinginkan.
9. Potong - potong adonan yang sudah dingin menjadi beberapa bagian.
10. Gulingkan potongan adonan pada tepung basah yang terdiri dari campuran terigu dan air.
11. Gulingkan pada tepung panir dan adonan siap digoreng dalam minyak panas.

Ayo Membuat Pisang Nugget Sendiri di Rumah! Gampang Kok


12. Pisang nugget sudah matang dan siap disajikan.

Resep ini telah ane uji coba dan buat sendiri di rumah. Hasilnya? Sangat memuaskan. Renyahnya tepung panir yang garing di bagian luar berpadu dengan lembutnya adonan pisang yang terasa manis, asam dan asin sangat nikmat dinikmati kala kondisi hangat. Cocok dijadikan teman nongkrong sambil minum kopi dan teh.

Sumber gambar : dokumen pribadi
Sumber referensi : eksperimen sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 15 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Mari coba resepnya gaes
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan febrianaryna memberi reputasi
besok coba ah, kali aja bs ngikut anak pejabat jualan pisang 😁
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan adnanami memberi reputasi
Quote:


Hehehe iya mbak, itu gulanya sesuai selera kalo suka manis bisa 7sdm tapi kalo g terlalu suka ya 4sdm udah kerasa manis kok
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
mantap ada variasi baru buat pisang nugget, ane jadi kangen deh padahal dulu booming banget buka disana disini wkwk lets try
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Silahkan dicoba, kalau mau ada asem asemnya sedikit bisa dikasih air jeruk
mirip pisang goreng pasir ya gan
profile-picture
sherrif_pedro memberi reputasi
Quote:


Besok otw buat ah... keren
Quote:
ane malah nggak tau gimana itu pisang pasir?

Quote:


Coba aja dulu heheh
Quote:


Wokeyy, ane termasuk yang ngga terlalu suka manis. Ini kebetulan dikasih pisang tapi sayangnya masih ijo
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Tunggu matang aja mbak, ntar kalo dmasak malah sepet rasanya
enak ya pisang nugget bikin sendiri apa
Quote:


Iya bikin sendiri, itu fotonya jg pas bikin ane upload di mari
pake toping lebih enak kak .... cokelat or keju ... yummy 😍
Quote:


Iya lebih mantep pake topping, penasaran pengen bikin topping avocado milo tp gatau resep bikin krim avocadonya
Quote:


Wahh aku kalo bikin avocado milo ya tinggal di mix ajah ... emang ada tambahan lain kah?
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Nggak tau jg sih hehehe blm prnh cari resepnya
ternyata bikinnya gak ribet. bapakku punya kebun pisang. jadi di rumah banyak pisang deh. nant kalau pulkan pengen nyoba bikin ini 😁
Quote:


Gak ribet, cuma memakan waktu agak lama buat ngukusnya sama nunggu dinginnya
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
ini kalo jago, dijadikan bisnis mantul
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Quote:


Gak apap, deh. Semua butuh proses kan emoticon-Malu
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di