alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Lima Pejuang Tangguh di Novel: The Aleasah Hero - Book 1
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d60a3649a972e610660612d/lima-pejuang-tangguh-di-novel-the-aleasah-hero---book-1

Lima Pejuang Tangguh di Novel: The Aleasah Hero - Book 1

Lima Pejuang Tangguh di Novel: The Aleasah Hero - Book 1


Lima Pejuang Tangguh di Novel: The Aleasah Hero - Book 1

Pic Source: Pribadi

Halo-halo Agan dan Sista, kali ini saya dapat kesempatan untuk mengulas novel fantasi yang berjudul The Aleasah Hero. Nah, novel ini sebenarnya terbagi dalam tiga buku. Yap, ini akan jadi novel trilogi, tetapi saya baru baca buku bagian satu karena bagian dua dan tiga dari novel ini belum terbit. Tanpa banyak bicara, yuk kita kenali buku ini dulu.

Judul: The Aleasah Heroes
Nama Penulis: Lius Apriyanto
Penerbit: The Indie Book Corner
Tahun Terbit: 2019
Cetakan: Pertama
Jumlah Halaman: 274
ISBN: 978-602-309-413-4
Sampul: Soft Cover
Dimensi: 14 x 21 cm
Berat: 0.4 kg

Nah, setelah membaca data buku di atas dapat diketahui jika novel ini berasal dari penerbit indie. Buku-buku terbitan indie biasanya tidak dijual di toko buku seperti buku terbitan penerbit mayo, jadi nanti akan saya sertakan kontak yang dapat dihubungi jika Agan dan Sista sekalian hendak membeli bukunya.

Kembali ke tujuan utama mengulas buku. Novel ini menceritakan tentang lima tokoh yang berasal dari latar belakang yang berbeda di sebuah negeri bernama Aleasah. Sebuah negeri yang dipenuhi dengan misteri dan banyak kekuatan magis di sana. Jadi jangan heran jika di novel ini Agan dan Sista akan menjumpai banyak penyihir, raksasa, kurcaci, elf, dan ras-ras lain yang sering dijumpai di cerita-cerita fantasy.

Lima Pejuang Tangguh di Novel: The Aleasah Hero - Book 1

Pic Source: instagram @liusapriyanto

Lima tokoh utama dalam novel ini adalah:

Ranor: pemuda yang dihantui dendam kesumat pada Azmot yang telah membunuh keluarga dan menghancurkan desanya. Ranor yang tak memiliki kekuatan sihir, berusaha untuk membalasakan dendamnya. Kendati tak memiliki kekuatan sihir, Ranor rupanya tak selemah yang ia kira.

Yohana: salah satu penyihir anggota Chadavis, sebuah organisasi penyihir yang dibentuk untuk melindungi Aleasah. Ia bertualang ke Aleasah demi menjaga kedamaian di Aleasah yang sempat dihancurkan oleh Azmot.

Sa Mair: sang pemimpin kaum raksasa yang bertualang untuk mengumpulkan kaum raksasa yang telah tercerai-berai karena sebuah ramalan dan serangan seorang raja bengis yang tampak. Kendati raksasa, tetapi Sa Mair juga punya hati yang hangat dan lembut.

Tagir: salah satu karakter favorit saya, seorang pangeran kurcaci yang memiliki cinta luar biasa kepada istrinya. Bahkan jika ia harus menjadi penjahat dan melakukan perjalanan dari barat ke timur demi menyelamatkan pujaan hatinya. Tagir ini boleh bucin, tapi otaknya encer.

Oscar: pangeran kerajaan Girandir yang memiliki tekad kuat menaklukkan seluruh daratan Aleasah. Ditemani seorang penyihir yang sakti, ia rela mengerahkan segalanya demi mencapai tujuan. Bahkan jika harus menghalalkan segala cara kotor. Namun, selain banyak rencana kotor dalam otaknya, ia juga memiliki sesuatu mengerikan yang mengalir dalam darahnya.

Karena memiliki lima tokoh utama yang memiliki latar belakang dan sifat yang berbeda, maka novel ini memiliki sudut pandang orang ketiga yang banyak. Setiap bab mewakili satu sudut pandang tokoh. Sebenarnya novel ini memiliki tujuh episode saja, tetapi ada banyak chapter dalam novel ini. Jadi seperti menonton serial drama. Di mana dalam satu episode terbagi dalam beberapa chapter, seperti sedang menonton sinetron tiba-tiba terpotong iklan. Rasanya begitu, hehe. Setiap chapter juga mewakili satu sudut pandang lima tokoh utama.

Jalan Cerita

Cerita dalam novel ini diawali oleh kekacauan yang terjadi di sebuah desa. Di sanalah kita akan menjumpai salah satu tokoh utama, yaitu Ranor. Yang mana Ranor menjumpai desanya telah rata oleh tanah dalam sebuah kebakaran besar yang didalangi oleh Azmot. Monster yang menjadi momok menakutkan di bagi Aleasah. Tak hanya sampai di sana, ia juga mendapati bibinya telah meninggal.

Beruntung karena Ranor tak ikut dibunuh oleh Azmot. Ia justru diselamatkan oleh penyihir Chadavis bernama Yohana yang kebetulan lewat di sana karena sebuah urusan. Ada yang bisa menebak urusan apa sehingga Yohana ada di sana? Ehem, singkat kata Yohana juga menyelamatkan adik Ranor satu-satunya, Risa. Dibantu juga oleh Albert, wujud kekuatan sihir Yohana, mereka akhirnya melakukan perjalanan ke Oslum.

Selain Yohana dan Ranor, kita juga akan disuguhi cerita-cerita kocak Tagir yang sedang dalam perjalanan mencari istrinya, Parla. Bisa dibilang Tagir adalah yang sesekali akan memberikan angin segar di tengah-tengah cerita novel ini yang berat. Kalau boleh dibilang, ia adalah pelawak atau vitamin jika dibandingkan dengan empat tokoh utama lain. Kurcaci yang galak ini sebenarnya seorang budak cinta sejati, ia akan melakukan apapun demi merebut kembali istrinya yang diculik.

Setelah Ranor, Yohana, dan Tagir, kita akan diperkenalkan dengan pangeran kerajaan Girandir. Oscar yang memiliki banyak rencana kotor dalam otaknya untuk merebut seluruh daratan Aleasah. Invasi itu akan diawali dengan merebut Esteria terlebih dahulu. Jika bicara mengenai tokoh ini, kita akan menggambarkannya sebagai tokoh antagonis yang dibutakan oleh ambisi dan ketamakan. Ia pun memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan adik bungsunya. Sifat bengis dan manipulatifnya adalah turunan dari sang ayah. Jangan lupakan pula kehadiran Helda, penyihir yang merupakan tangan kanan Oscar dalam mewujudkan ambisinya.

Sa Mair akan menjadi tokoh selanjutnya yang diceritakan sedang menyelamatkan diri dari serangan prajurit Girandir. Ia bersama kelompoknya terdesak oleh serangan brutal prajurit Girandir di Pegunungan Zeot yang bersalju. Sa Mair menyaksikan banyak bangsanya kehilangan nyawa. Bukan hanya karena serangan manusia, tetapi juga serigala yang mendiami pegunungan. Tak hanya itu, ia juga mendapat penolakan dari raksasa lain.

Agan dan Sista bisa membaca novel ini untuk lebih tahu konflik yang dialami oleh raksasa yang sebenarnya hatinya lembut ini. Juga untuk konflik-konflik lain yang mulai muncul dan nantinya dapat ditarik hingga menemukan benang merah dalam cerita ini. Jika ada benang yang belum ketemu, mungkin masih disimpan untuk buku kedua yang masih saya nantikan kelanjutannya. Saya kasih peringatan buat Agan dan Sista yang mau beli dan baca novel ini, ada banyak pertumpahan darah dan banyak tokoh yang berguguran dalam cerita ini. Sedih memang, tetapi itulah yang akan membuat emosi Agan dan Sista terkuras. Itulah seni dari cerita fantasi yang memiliki tema serupa.

Kelebihan

Jika Agan dan Sista bertanya apa kelebihan novel ini, maka ada banyak hal yang harus saya jabarkan. Misalnya saja ilustrasi yang akan kita temui setiap pergantian episode. Kendati hanya ada di awal episode. Jangan lupakan pula dengan ensiklopedi mini yang diletakkan di akhir novel agar pembaca bisa lebih mudah memahami jalan ceritanya. Bahkan di awal novel juga disediakan peta Aleasah. Padahal membuat peta seperti itu mahal biayanya, hiks. Niat sekali novel ini saudara-saudara, tolong kasih cendol banyak-banyak.

Lima Pejuang Tangguh di Novel: The Aleasah Hero - Book 1

Pic Source: instagram @liusapriyanto

Kekurangan

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Novel yang sangat niat ini pun juga punya kekurangan. Ada beberapa tipo dan inkonsistensi kata yang beberapa kali saya temukan.

Kesimpulan

Setelah beberapa lembar tisu dan air mata setelah baca novel ini, saya akhirnya dapat menyimpulkan bahwa saya ngefans sama Oscar. Biasalah, perempuan emang kebanyakan sukanya sama tipe-tipe badboy, ehe.

Tolong jangan lempar bataemoticon-Malu

Kembali serius, novel setebal 274 halaman ini adalah novel fantasi lokal yang akan saya tunggu kelanjutannya. Saya masih belum bisa move on dari adegan terakhir yang bikin saya nangis. Dengan harga Rp. 80.000,00,- saja Agan dan Sista akan dimanjakan dengan novel yang sangat worth it. Siapa tahu dengan hadirnya novel ini, bisa jadi tonggak awal lahirnya karya sehebat Harry Potter dari penulis Indonesia, termasuk The Aleasah Heroes karya Kak Lius ini.

Ayo-ayo Agan dan Sista yang mau pesan bisa lewat sini.


[The Aleasah Heroes bisa dibeli di sini]

Terima kasih sudah mampir dan baca review ulasan dari saya, jangan lupa cendol dan bintangnya
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Diubah oleh rezaagustin
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Jangan lupa order bukunya di sini Agan dan Sista
https://www.bukuindie.com/p/the-aleasah-heroes/
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
widiiih mantap
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
Quote:


Makasih udah mampir, Mak Nof๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
Quote:


Masama kakrezemoticon-Big Kiss
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi


GDP Network
Beritagar โ€ข Bolalob โ€ข Garasi โ€ข Historia โ€ข IESPL โ€ข Kincir โ€ข Kurio โ€ข Opini โ€ข Womantalk
ยฉ 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di