alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kira-Kira Berapa Biaya Yang Harus Kita Keluarkan Untuk Mengisi Daya Mobil Listrik?
3.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d60a3172f568d71f9543e40/kira-kira-berapa-biaya-yang-harus-kita-keluarkan-untuk-mengisi-daya-mobil-listrik

Kira-Kira Berapa Biaya Yang Harus Kita Keluarkan Untuk Mengisi Daya Mobil Listrik?

Kira-Kira Berapa Biaya Yang Harus Kita Keluarkan Untuk Mengisi Daya Mobil Listrik?
gbr dr : thedriven.io


Menarik memang bila kita mengikuti wacana pemerintah Indonesia untuk memberikan insentif bagi warga negara-nya untuk beralih ke mobil listrik. Dari segi inovasi, bisa dikatakan ini terobosan baru bagi negara kita. Secara lingkungan hidup mobil listrik akan mengurangi jumlah polusi udara di perkotaan, yang artinya akan mengangkat taraf hidup kita sebagai masyarakat. Dengan berbagai insentif yang diberikan, tentu harga mobil elektrik menjadi terjangkau, bahkan mungkin bersaing dengan mobil-mobil berbahan bakar minyak.

Tapi sudahkah kita berhitung, kira-kira berapa ongkos yang harus kita keluarkan untuk pemakaian mobil listrik ini?

Sebuah website berusaha menghitung jumlah daya (kwh) yang dihabiskan sebuah mobil listrik. Menurut website tersebut rata-rata sebuah mobil listrik menghabiskan daya 30kwh untuk menempuh jarak sejauh 100 mil, atau sekitar 161km.

Dengan kisaran harga listrik dari PLN untuk penggunaan rumah tangga di Rp 1300-1400,00/kwh, artinya kita akan membayar sekitar Rp 40.000,00 saja.

Bandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin, anggap saja kondisi ideal dengan konsumsi bensin sangat irit dan menghabiskan 11 liter untuk jarak tempuh yang sama, dengan harga premium saat ini saja, ongkos yang dikeluarkan sudah mencapai sekitar Rp 71.000,00.

Jadi bagi pengguna, jelas kebijakan yang mendukung penggunaan mobil listrik ini sangatlah menguntungkan perekonomian rumah tangga kita.

Hanya saja yang membuat penulis sedikit bimbang adalah, seberapa serius pemerintah akan menindak-lanjuti wacana ini? Apakah infrastruktur penunjang sudah siap? Bukan rahasia lagi kalau daya listrik yang mampu dihasilkan oleh PLN saat ini masih pas-pasan bila dibandingkan dengan konsumsi listrik di Indonesia.

Jika nanti sejumlah besar pengguna kendaraan, beralih ke mobil listrik, apakah PLN sudah siap memikul lonjakan permintaan ini?

Meskipun demikian, penulis memilih untuk optimis dalam menatap masa depan. Wacana mobil listrik ini memiliki banyak nilai positif, dari segi perekonomian, lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat. Semoga kebijakan ini terlaksana dan kita semua akan menikmati efek-efek positif yang dibawa.

Termasuk bagi kita yang mungkin belum mampu membeli, setidaknya udara yang lebih bersih akan bisa kita nikmati. Anak-anak yang sehat dan cerdas, tidak tercemar polusi udara akan menghiasi hari-hari kita yang sudah berkeluarga.

Salam Indonesia maju, Indonesia berkarya.

Referensi :
1. https://pluginamerica.org/how-much-d...-electric-car/
2. https://www.pln.co.id/statics/upload...Tahun-2016.pdf
3. https://money.kompas.com/read/2019/0...urah-25-persen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 14 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 12
ntar kalo sudah full dikomersialkan listik buat mobil dimahalin...... persis kejadian konversi minyak tanah ke LPG
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stiv8785 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
hmmmmmm...
lebih murah yah
monggo segera direalisasikan pengadaan mobil listriknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theones88 dan 4 lainnya memberi reputasi
kata kuetiau kalo kilafah bbm gratis


*sedot pake mulut sendiri kali ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reinaldo69600 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nunggu ada nasbung komen:

Dulu Tesla sudah mencanangkan unlimited source of energy, termasuk mobil listrik ini.
Namun dijegal oleh elit global karena menghalangi sistem kapitalis.



emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Berapa lama waktu pengecasan dari nol sampe full..??
profile-picture
profile-picture
theones88 dan dealovie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post dealovie
Quote:

Dari pengamatan ane 0-80% persen itu rata2 perlu waktu 7-10 jam, untuk 80%-100% itu perlu rata2 4-5 jam. Kenapa 80 ke 100 nya dipisah , karena supaya ga overcharge dan perpanjang life time dari batere-nya.

Quote:


Kalau tarif listrik untuk charge mobil listrik di rumah2 itu ada meteran-nya khusus, mungkin iya. Tapi selama gabung sama listrik rumah tangga sih keknya ga ya.

Ane pengen bgt beli mobil ini soalnya hehe.emoticon-Big Grin
profile-picture
dealovie memberi reputasi
Diubah oleh Jazed
kajiannya kurang komprehensif... mesti di kaji jg:

1, biaya pengantian baterai (yg pastinya mahal)... daya tahan batrei kan paling 2-3 thn..abis itu soak
2. kemungkinan meledak batu baterainya (karna tegangan tidak stabil, kecelakaan),
3. listrik yg dipakai ngecharge dihasilkan dari energi terbarukan atau energi fosil(sami mawon)..
4, harga baterai yg mahal membuat ini menjadi peluang2 kejahatan muncul... (aki truk aja dimalingin di rest area...mirror alphard... apalagi ini nanti harga batreinya mahal)
5. infrastruktur pengechargean dirumah2... karna tidak bisa charge dari colokan biasa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrajokerman dan 14 lainnya memberi reputasi
makanya
banyak bos minyak internasional kejet kejet begitu mobil listrik udah ready ke jalan raya
wong ongkosnya jauh lebih murah gitu loh
bayangkan kalo orang orang convert ke mobil listrik
konsumsi bensin turun drastis dan mafia minyak berkurang deh pemasukannya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AirFie dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sama gw jg kalo mobil listrik dan pengisian nya udah siap dan matang sih mau jg beli mobil listrik buat gantiin mobil tua gw emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Quote:


Sebenernya kesiapan tuh siap banget, kenapa karena ngisi/ngecharge bisa di rumah, dan colokan/charger bisa dibawa2 kemana aja. Apalagi stasiun pengisian/charge listrik udah ada di 2 tempat di jakarta, di Kantor BPPT itu Gratis nyolok/Free of charge, yang di Plaza Senayan itu belum dibuka umum tapi udah ada.
Ibarat handphone, low bat tinggal nyolok ke stop kontak dimanapun kita berada, cuma ya kalau low banget ngisi-nya ampe 80 persen bisa lama ....

Quote:


1. Lifetime batere rata2 7-10 tahun. Untuk mobil high class 10 tahunan.
2. Overcharge auto disconnect, garansi batere tergantung distributor hehe
3. hehe tanya PLN atuh wkwk emoticon-Smilie
4. Batere-nya guede, ga bakalan bisa dicolong wkwkkwemoticon-Big Grin
5. Colokan biasa di rumah bisa banget, makanya keren.

Semoga membantu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bek0n dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jazed
Lihat 10 balasan
Quote:


Keren gan, bener juga kata agan. Ane demen nih ama yg kritis. Mmg komponem battery ini masih jd ganjalan buat mobil listrik.

Tp kita jg jangan pesimis gan.

Yg positif kita dukung, utk permasalahan-nya kita cari solusinya.

Add: dan baca judul-nye gan, jelas dari judul ruang lingkup pembahasan-nya mmg cm pada pemakaian daya listrik.

Orang bikin skripsi jg ada ruang lingkup-nya.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh lonelylontong
Quote:


Betul gan, lagian kalau semua pakai mobil listrik, yg ga punya mobil pun dpt udara bersihnya.
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan wen12691 memberi reputasi
Quote:


Sangar nih agan yg satu ini, kayaknya dah siap buat beli ya gan?

emoticon-Ngakak
Quote:


Jangan prasangka negatif dululah. Kalaupun dikomersialkan, ttp kita semua akan merasakan udara yg lbh bersih dr polusi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Keknya pasti ada teknologi fast charging buat mobil cem hape emoticon-Ngakak (S)
Belom lagi ada charging on the go lewat gaya kinetik, putaran roda, gesekan rem dan panel surya maybe emoticon-Big Grin

Quote:


Jelas fresh air ken gada emisi gas buang emoticon-Big Grin

Yang paling gw demen sih itu mobil listrik perawatan nya dikit krn minim komponen bergerak hampir semua elektrik jadi say goodbye to oli mesin emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
matematika kelas kampret, emoticon-Bingung
baik, uang dari ortu 1jt
makan sehari 3x @10rb = 30rb
sebulan 30x @30rb = 900rb
penghematan
makan sehari 3x @7rb(lauk saja) nasi dari kos = 21rb
sebulan 30x @21rb = 630rb
sisa = 1000rb - 630rb = 370rb (bisa 2x nonton + beli popcorn di cgv)
pegimane cerdas dan hemat bukan ?
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Bagus sih, lebih hemat. Tapi pasti harganya mahal gan emoticon-Sorry
Quote:


Lah kalo mati lampu mobilnya gak bisa jalan
Quote:


Jalan ya bisa (kalo masih ada listrik di dalem batere-nya), tapi ga bisa isi ulang karena PLN padam. Kek handphone mu deh, kurang lebih sama.

Quote:


Kendala utama sekarang itu cuma harga yang masih bujubuneng, rata2 diangka 1M+/-
Yang jelas masa depan udah pasti pake mobil listrik, selain hemat juga ramah lingkungan. Ga kebayang udara seger lagi di jakarta kek tahun 70-80.
Oh iya jangan lupa pasang KLAKSON KERETA API , soalnya ada peraturan mengenai mobil listrik harus berisik wkkwkwk emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
dealovie dan wen12691 memberi reputasi
Diubah oleh Jazed
Quote:


Omong2 gan, kl di kota ane skrg, bisa beli nasi bungkus (nasi+lauk) cm 5000 gan

emoticon-Ngakak

Nasi+pecel+rempeyek 6000, nasinya banyak ampe kenyang.

Atau kalau dpt nasi dr kost2an, dan agan mau lebih hemat lagi, beli aja petis udang atau sambel pecel. Paling 12rban

Bisa tuh buat lauk 3 hari. emoticon-2 Jempol

Dulu kuliah pas kiriman telat, ane pernah buat makan sehari 10rb, transportasi numpang temen + jalan kaki.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh lonelylontong
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 12


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di