alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ini Kisah Investor yang Mendanai Bisnis Es Doger Anak Presiden
3.33 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e7d9e8d9b175bff20e091/ini-kisah-investor-yang-mendanai-bisnis-es-doger-anak-presiden

Ini Kisah Investor yang Mendanai Bisnis Es Doger Anak Presiden

Bisnis es doger Gibran, anak presiden Indonesia Joko Widodo bikin heboh jagat maya. Konon, bisnis es dogernya disebut bakal membunuh UMKM es doger di Indonesia. 

Ini Kisah Investor yang Mendanai Bisnis Es Doger Anak Presiden

Lalu, ada komentar menarik, "Susah ya jadi anak presiden, bikin usaha sendiri dibilang mematikan UMKM, jadi direksi perusahaan dibilang politik uang, jadi menteri atau anggota DPR dibilang manfaatin jabatan bapaknya, pengangguran dibilang manja dan pemalas karena bapaknya presiden"

Ane pun terbelalak dengan kutipan tersebut. Ternyata, memang benar sih susah jadi anak presiden. 

Jadi, bisnis es doger Gibran jadi bahan perbincangan setelah mendapatkan pendanaan US$5 juta dari Alpha JWC Ventures. Wah siapa tuh dia? baik banget ngasih duit US$5 juta ke bisnis es doger doang?

Nah, ane nemu faktanya di Suryarianto.id , tulisannya ane kutip di bawah ini yak. 

Bisnis es doger Gibran Rakabuming mendapatkan pendanaan senilai US$5 juta atau setara Rp71 miliar dari Alpha JWC Ventures. Siapa Alpha JWC Ventures sampai mau mendanai bisnis es doger anak presiden Indonesia tersebut?

Dikutip dari CB Insight, Alpha JWC Ventures adalah perusahaan modal ventura yang didirikan oleh Chandra Tjan, Jefrey Joe, dan Will Ongkowidjaja.

Menurut situs resmi Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan kini menjabat sebagai Co-founder dan Managing Partner dari perusahaan modal ventura tersebut. Chandra disebut sudah memiliki pengalaman selama 8 tahun di bisnis modal ventura. Sebelum masuk ke dunia modal ventura, Chandra memiliki pengalaman selama 10 tahun sebagai banker di Credit Suisse dan Citigroup.

Sepanjang karirnya di dunia modal ventura, dia disebut sudah mendorong investasi ke 50 perusahaan di Asia dan Amerika Serikat (AS). Dua diantaranya adalah unicorn asal Indonesia yakni, Tokopedia dan Traveloka. Kini, Tjandra menduduki jabatan di beberapa perusahaan digital Asean seperti, Funding Societies, OnlinePajak, Carro, dan Sepulsa.

Lalu, Jefrey Joe yang juga berstatus Co-Founder & Managing Partner Alpha JWC Ventures telah berkelana di beberapa industri. Sebelum sampai di Alpha JWC Ventures, Jefrey sempat menjadi Chief Operating OfficerGroupon Indonesia.

Jefrey juga pernah menjadi konsultan strategis di The Boston Consulting Group, serta menjadi Advisory Services Ernst & Young. Di perusahaan terakhir, dia bertugas melakukan valuasi kinerja saham untuk aksi korporasi seperti, merger, akuisisi, maupun penawaran saham perdana. Selain itu, Jefrey juga menjadi sosok co-founder Sepulsa.com.

Sosok terakhir, Will Ongkowidjaja selaku Co-Founder Alpha JWC Ventures yang memiliki latar belakang Investment Banking dan konsultasi manajemen.

Sebelumnya, Will menjadi Direktur UBS Investment Bank di Indonesia dan konsultan manajemen di Mckinsey & Company di Indonesia, serta Booz Allen Hamilton di Australia. Pengalaman kerjanya pun kerap berhubungan dengan mengatur strategi untuk penawaran saham perdana sampai merger dan akuisisi perusahaan.
Startup yang Didanai Alpha JWC Ventures

Dari data CB Insight, startup pertama yang didanai oleh Alpha JWC ventures adalah Jualo asal Indonesia pada 17 April 2015 dengan nilai yang dirahasiakan.

Jualo adalah startup yang memiliki lini bisnis marketplace untuk barang bekas. Alpha JWC Ventures memberikan tiga kali pendanaan ke startup asal Indonesia itu, yakni pendanaan perdana pada 17 April 2015, pendanaan seri A pada 25 Januari 2016, dan pendanaan seri A kedua pada 39 Agustus 2016. Semua nilai pendanaannya dirahasiakan.

Lalu, Jualo pun diakuisisi oleh startup asal Singapura, yakni Carro pada 6 Agustus 2019. Carro adalah startup marketplace jual beli kendaraan bekas di Singapura.

Dikutip dari Tech in Asia, Carro telah mendapatkan pendanaan tambahan sekitar US$30 juta yang digunakan untuk mengakuisisi Jualo. CEO dan pendiri Carro Aaron Tan mengatakan, akuisisi Jualo adalah bagian dari rencana ekspansi untuk memperluas pasar di seluruh Asean.

Menariknya, Carro juga didanai oleh Alpha JWC Ventures, modal ventura yang juga mendanai Jualo. Alpha JWC Ventures telah bergabung dengan konsorsium investor untuk mendanai Carro sebanyak tiga kali.

Pertama, 13 Juni 2016, Alpha JWC Ventures bersama GMO Venture Partner, Golden Gate Ventures, Singtel Innov8, Skystar Ventures, dan Venturra Capital memberikan pendanaan seri A kepada Carro senilai US$5,3 juta.

Kedua, dengan konsorsium yang sama, Alpha JWC Ventures memberikan pendanaan seri A kedua ke Carro senilai US$12 juta. Ketiga, modal ventura itu memberikan pendanaan seri B ke Carro senilai US$60 juta dengan tim konsorsium yang baru, yakni B Capital Group, Golden Gate Ventures, Insignia Venture Partners, Manik Arora, Singtel Innov8, Softbank Ventures Asia, dan Venturra Capital.

Namun, Alpha JWC tidak ikut pendanaan seri B kedua Carro senilai US$30 juta yang digunakan untuk mengakuisisi Jualo.

Startup Indonesia yang Didanai Alpha JWC

Alpha JWC Ventures menjadi salah satu modal ventura yang fokus pada pendanaan startup di Asean. Secara keseluruhan, modal ventura itu sudah membiayai 14 startup asal Indonesia. Selain Indonesia, modal ventura itu juga membiayai startup asal Singapura dan Vietnam. 

Setelah memberikan pendanaan kepada Jualo, Alpha JWC memberikan pendanaan perdana ke Startup Indonesia lainnya, yaitu Asmaraku pada 26 Januari 2016. Asmaraku adalah marketplace yang menjual barang yang dibutuhkan untuk membuat suasana romantis dengan pasangan.

Selanjutnya, Alpha JWC memberikan pendanaan perdana kepada FinAccel, pemilik produk Kredivo. Selain pendanaan perdana, modal ventura itu juga ikut konsorsium pendanaan seri B Kredivo senilai US$30 juta pada 31 Mei 2018.

Lalu, Alpha JWC juga ikut pendanaan seri B startup marketplace Sale Stock yang kini bernama Sorabel senilai US$27 miliar bersama Convergence Ventures, Gobi Partners, Golden Equator Capital, Korea Investment Partner, MNC Grup, dan Sinar Mas Digital Ventures.

Startup Indonesia lainnya yang dibiayai oleh Alpha JWC adalah Online Pajak.  Startup yang memiliki lini bisnis konsultasi pajak itu mendapatkan pendanaan seri A dan seri B dari perusahaan modal ventura tersebut. Pada pendanaan seri B, Online Pajak mendapatkan US$25 juta dari 6 investor, termasuk Alpha JWC. 

Kemudian, TaniGroup yang memiliki usaha TaniHub dan TaniFund mendapatkan pendanaan perdana dari Alpha JWC Ventures. Nama Tanihub sempat heboh setelah Presiden Indonesia Joko Widodo menyebutnya ketika debat pilpres 2019.

Lemonilo, Startup yang menyediakan makanan organik dan sehat, juga menjadi bidikan Alpha JWC. Modal Ventura itu ikut pendanaan seri A Lemonilo pada 20 Agustus 2018 bersama Unifam Capital.

Tak bosan-bosannya di sektor makanan minuman, kali ini Alpha JWC Ventures memberikan pendanaan perdana ke Kopi Kenangan senilai US$8 juta.

Selain sektor makanan, minuman, dan gaya hidup, Alpha JWC pun ikut pendanaan sektor media. Perusahaan modal ventura itu ikut memberikan pendanaan seri A bersama Insignia Venture Partners kepada Nusantara Technology yang memiliki produk, Keepo.me dan Yukepo.com.

Alpha JWC juga terlibat pendanaan seri A Target Media Nusantara, startup periklanan, pada 16 November 2018. Target Media Nusantara adalah bagian dari Focus Media Group, perusahaan yang berbasis di China.

Sektor lainnya yang diberikan pendanaan adalah keuangan. Alpha JWC memberikan pendanaan perdana senilai US$2,1 juta kepada Ajaib, yang memiliki jasa investasi reksa dana.

Selanjutnya, Alpha JWC juga memberikan pendanaan startup perhotelan yakni, Bobobox. Modal ventura itu berpartisipasi dalam dua pendanaan perdana Bobobox.

Goola, milik anak sulung Presiden Indonesia Joko Widodo, juga didanai Alpha JWC senilai US$5 juta tepat sebelum perayaan hari kemerdekaan Indonesia.


Teranyar, Alpha JWC juga memberikan pendanaan perdana kepada Rata, startup yang memiliki lini usaha teknologi kesehatan gigi. Namun, nilai pendanaannya belum disebutkan secara detail.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelianzw dan 13 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Suara kirik kaliren gak perlu ditanggapi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Lanjut terus emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
wah masih sepi
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Semoga ane jg dilirik Alpha JWC Ventures, ane jualan es cendol inc emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkulloh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Ngakak sirik aj kerjaannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
thx buat info nya jd semua sama2 ngawasin aja
ini beneran murni investasi atau ada motif ngehe nya
kalo nyinyir tanpa bs membuktikan mah gk guna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lanjutkan jangan dengerin kata netijen.
Ingat kata pepatah.
"Biarkan anjing menggonggong, mia khalifa mendesah."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
duta_00 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
orang kalau udah iri dengki, apapun yang dilakukan ga akan dianggap positif.

padahal kalau pelakunya yang doi idolain dan sembah-sembah pasti tai kucing juga oke katanya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
joidmce dan samsol... memberi reputasi
modal gerobak doang juga bisa jualan es doger. ya sultan mah terserah mau ngapain. buang buang duit milyaran juga gpp.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rifaldorizal dan 4 lainnya memberi reputasi
Mantap ya main bisnis investasi gini. Mesti jeli dan tajam ngelihat prospek. emoticon-Cool
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 3 balasan
berasa main lemonade tycoon wkwkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sposolo dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


kalo bukan anak presiden nggak mungkin ada yang mau inves sebesar itu untuk usaha es doger, lah es krim aja banyak yang lebih enak dari es doger, pintar si investornya aja sih pintar memanfaatkan situasi untuk bisa nembus ring 1 RI dan plusnya dapat pemberitaan gratis heboh pula karena media mem blow up nya untuk jadi berita ke masyarakat Indonesia bahkan dunia, anggap aja dana inves segitu bukan untuk ngejar ROI tapi untuk nambah nilai Goodwill si investor karena dapat nilai tambah dari pemberitaan plus dapat jalur koneksi dengan keluarga RI1, cara-cara gitu pengusaha gede udah pada tau sebagai cara menjalin koneksi..jadi kalo mau dapat investor cukup gede jadilah anak presiden dulu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dupa.fair dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post youdoyouknow
Yakin ta situ mau lahir juga dari rahim Ibu Negara.. ?
mantul, ane sih positif thingking aje, niatnya kan usaha bukan politik..
emoticon-Cool
Quote:


emoticon-Bingung
apapun yg dkatakan org lain. ane salut ama kaesang dan gibran. mereka mau berwirausaha, dan setiap usaha yg mereka geluti, khas indonesia banget!

martabak, pisang, dan sekarang es doger. wadaw!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kerennn udah berpengalaman berarti investor nya... Danain start up unicorn malahh.. Kiraa kiraa apa ya yang ngebuat Alpha JWC tertarik buat modalin gibran ya?? Berarti bisnis nya ini bakalan secara online apa gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Benerre gaann.. Terlepas dari Jabatan bapaknya mereka mau usaha dari yang kecil kecil dulu.. Malah ane liat ini usaha kayaa usaha orang orang pada seumur nyaa yang notabennya mungkin bukan anak presiden... Mereka mau rintis dari awal, usaha dan gamau nyusahin orang tuanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


itu namanya teknik menyelam sambil minum air emoticon-Big Grin
..kalo yang nggak biasa teknik gitu bikin kembung perut emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ehemm. kan doski bpkny presiden ya dpt kepercayaan ya krena pengaruh bpknya jg toh
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di