alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Habiburokhman Nilai Pemakaian Pin Emas Haram, MUI Berkata Lain
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e3b2d6df23162b97b8074/habiburokhman-nilai-pemakaian-pin-emas-haram-mui-berkata-lain

Habiburokhman Nilai Pemakaian Pin Emas Haram, MUI Berkata Lain

Habiburokhman Nilai Pemakaian Pin Emas Haram, MUI Berkata Lain

Anggota DPR terpilih dari Partai Gerindra, Habiburokhman, menolak pin emas karena merupakan bentuk pemborosan dan menurutnya emas haram bagi pria muslim. Apa betul demikian?

Wasekjen MUI Bidang Fatwa KH Sholahudin Al Ayub mengatakan pada dasarnya tak ada larangan bagi pria muslim memiliki emas. Namun Sholahudin meminta ditinjau lebih dulu dari sisi manfaat.

"Kalau untuk pengadaan pin, dikembalikan kepada mekanisme yang ada di internal DPR. Anggota legislatif sebaiknya lebih sensitif terhadap kondisi masyarakat saat ini. Kalau dirasa (kondisi masyarakat) masih sulit, diprioritaskan ke hal-hal yang lebih substantif, dalam hal tupoksi anggota DPR," kata Sholahudin saat dihubungi, Kamis (22/8/2019).

Namun, terkait pernyataan emas haram bagi pria muslim, Sholahudin mengatakan hal tersebut tergantung pada tujuan penggunaan emas. Dia mengatakan pada dasarnya kepemilikan emas tidak diharamkan.

"Kedua, dari sisi apakah pin emas tersebut bisa digunakan laki-laki anggota DPR. Jadi kalau emas itu tidak ada larangan memiliki emas. Emas itu bisa dimiliki. Bahkan pada masa Rasul, ada mata uang dari emas, namanya dinar. Kalau dikatakan semua emas haram untuk dimiliki muslim tidak pas juga. Memiliki emas itu dianjurkan, boleh, nggak apa-apa," tuturnya.

Sholahudin mengatakan dalam Islam, pria dilarang mengenakan emas bila dalam konteks perhiasan. Lalu bagaimana dengan pin emas anggota DPR/DPRD?

"Cuma menggunakan dalam hal-hal yang digunakan sehari-hari dalam perhiasan itu yang tidak boleh. Misalnya untuk gelang, kalung, cincin. Yang disebutkan dalam hadis itu cincin. Karena selama ini kan lazim orang laki-laki menggunakan cincin dari emas," tuturnya.

"Kalau itu adalah sesuatu yang harus dipakai ketika dia sebagai simbol negara, misalnya. Itu tidak haram karena melekat pada jabatan yang diemban. Tapi kalau cincin itu kan pilihan, tidak dipakai tidak apa-apa. Jadi lebih kepada fungsinya," tambahnya.

Sebelumnya, Habiburokhman, mengusulkan agar para wakil rakyat di Senayan tidak diberi pin emas. Menurutnya, pin emas nantinya hanya akan jadi kontroversi. Dia mengatakan tak sebaiknya kontroversi pin emas nantinya menutup kinerja anggota DPR.

"Tolak pin emas. Saya mengusulkan agar Sekretariat Jenderal DPR RI tidak memilih pin berbahan emas untuk anggota DPR RI. Selain pemborosan, menurut guru ngaji saya, Habib Novel Bamukmin, emas itu haram bagi laki-laki dan itu disepakati 4 mazhab," kata Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (22/8).

Soal pin emas ini awalnya menjadi kontroversi di DPRD DKI. Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang merupakan penghuni baru di 'Kebon Sirih', menolak pin emas dengan total anggaran Rp 1,3 miliar.


https://news.detik.com/berita/d-4676...13.1541780864

KALO SEMUA SERBA HARAM, MANUSIA MAU PAKAI APA?

Habiburokhman Nilai Pemakaian Pin Emas Haram, MUI Berkata Lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LoveIsEverglow dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
kalo cuman pin mending pake plastik aja. ilang juga ga heboh
tapi yang ane ngakak ternyata bibur gurunya adalah si gigi krowak ngoahahahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


pakai agama lain emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
emas jadi perhiasan itu yg tidak dianjurkan buat cowok. cek dah secara ilmiah kenapa pria tidak boleh mengenakan perhiasan emas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
guru : habib novel bamukmin
murid : habiburokhman

perfect combo emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmmmmmmm saya mencium Bau Bau pasukan Sorban Di sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
Nah gitu dong cakep, sebagai tokoh memberikan opini/ komentar sesuai dengan konteks dan sensitif dengan kondisi masyarakat emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
"Kalau untuk pengadaan pin, dikembalikan kepada mekanisme yang ada di internal DPR. Anggota legislatif sebaiknya lebih sensitif terhadap kondisi masyarakat saat ini. Kalau dirasa (kondisi masyarakat) masih sulit, diprioritaskan ke hal-hal yang lebih substantif, dalam hal tupoksi anggota DPR," kata Sholahudin saat dihubungi, Kamis (22/8/2019).

***
Sepakat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
jadi pin emas itu bukan perhiasan?

Mungkin sebagai jimat penangkal jin kali ya..... emoticon-Ngakak

Ah lagian habibu sok tau juga sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


pakek kaen kafan gan.. emoticon-coffee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
kata siapa buat dipake.
itu palingan dikonversi ke dirham. emoticon-Big Grin

kan syar'i.
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi
kampret civil war
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi
tofsar tafsir sesuai situasi dan kondisi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan anita.sutanty memberi reputasi

itu di Dalam emasnya Ada jin kafir , Beda lagi Kalo jin nya udah mualaf maka diHALAL kan Lah Emas tsb .



Quote:


profile-picture
profile-picture
Vinzarc dan jagotorpedo memberi reputasi
hmmmmmm....
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan roninthirst memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post masmomon
MULUS MELUNCUR emoticon-Leh Uga

Habiburokhman Nilai Pemakaian Pin Emas Haram, MUI Berkata Lain
profile-picture
masmomon memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
pakai batu aja trus gosok2 tuh jidat emoticon-Cool
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi

Pakai Tulisan Arab aja gan, biar varokah sembari menikmati kehidupan penuh KeHARAM HARAMan ini

emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow



Quote:


Quote:


Quote:


kayak wiro sableng aja

gurunya gendeng..muridnya sableng

emoticon-Wakaka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masgembus
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan bhumbhazta memberi reputasi
tumben bener nih orang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di