alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sudah Tau Belum, Parkir Mobil di Luar Ruangan Bikin Pendek Usia Mesin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e3b27337f93190f6efaa8/sudah-tau-belum-parkir-mobil-di-luar-ruangan-bikin-pendek-usia-mesin

Sudah Tau Belum, Parkir Mobil di Luar Ruangan Bikin Pendek Usia Mesin

Meskipun sudah ada imbauan dari pihak terkait, masih saja banyak pemilik kendaraan roda empat tidak memarkirkan tunggangannya di garasi. Padahal, parkir di garasi memiliki banyak manfaat. Selain dari tidak mempersempit ruas jalanan dan menjaga cat mobil agar tetap kinclong, mesin pun akan cenderung bertahan lebih lama.

Sudah Tau Belum, Parkir Mobil di Luar Ruangan Bikin Pendek Usia Mesin

Melansir Detikcom, ada beberapa alasan mengapa orang masih asik untuk parkir di tepi jalanan dibanding garasi. Mulai dari tidak tersedianya garasi di rumah sampai malas mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa garasi atau parkir di basement. Hasilnya, mobil mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Jangan Lupa! Parkir Sembarangan Berujung Penjara

Paling tidak, parkir di garasi mencegah pencurian atau masalah vandalisme pada mobil kita. Unsur-unsur alam yang tidak diharapkan pun bisa dihindari misalkan hujan lebat dan berangin, lumpur, panas yang ekstrem (radiasi Ultra Violet), dan lain sebagainya yang bisa merusak eksterior mobil. Biasanya, mobil yang diparkir di tepi jalanan akan terkena masalah pembentukan kotoran atau asam pada cat kendaraannya.

Komponen karet di mobil seperti pipa, selang, sampai wiper bisa cepat menua dari seharusnya bila mobil tidak diparkir di garasi. Namun di atas itu semua, ternyata memarkirkan mobil di ruang terbuka bisa memperpendek usia mesin mobil itu sendiri.

Baca Juga : Parkir Mobil di Tempat Panas, Bagini Siasatinya Biar Awet

Ketika mobil diparkir di dalam garasi, suhu di bawah kap mesin akan tetap stabil dan tidak berfluktuasi dengan kenaikan atau penurunan suhu di luar rumah. Ini menjaga oli mesin tetap pada viskositas optimalnya untuk engine start-up (menyalakan mesin untuk pertama kali). Sehingga, mesin mobil tetap berjalan dengan lancar dan dalam jangka panjangnya akan memperpanjang usia mesin mobil.

Kinerja AC atau pendingin ruangan di mobil pun bisa bekerja secara maksimal ketika mobil diparkir di garasi dibanding di luar. Soalnya, ketika mobil diparkir di luar suhu akan menjadi terlalu panas. Dalam hal ini, ketika AC dinyalakan, ia akan bekerja ekstra keras untuk mendinginkan interior.

Terakhir, parkir di luar garasi akan merusak bagian interior. Dasbor dan lapisan kulit interior pada akhirnya akan memudar lebih cepat. Dalam beberapa kasus ekstrem, sistem hiburan juga bakal rusak karena membran pada speaker retak sampai hancur. Ada juga kemungkinan untuk beberapa bagian penting yang tidak tahan panas dapat terkelupas.

Nah jadi sebisa mungkin jangan parkir di tepi jalan ya, Sahabat!

Sumber : Garasi.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh officialgarasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
hmm baru tau saya
Lihat 1 balasan
Balasan post pabloo
Quote:


Nah semoga menambah pengetahuan agan tentang hal ini ya gan emoticon-thumbsup
Quote:


Asiyap pak emoticon-terimakasih
Wah keren nih threadnya min. Lengkap dan Informatif banget. Jadi kan sangat bermanfaat buat para agan agan kaskuser lainnya. Ternyata bisa memperpendek usia mesin ya min emoticon-Sorry
Lihat 1 balasan
Nice infonya gan
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
emang apa aja ga bagus kalo dijemur ya gan
pakai sarung biar lebih mantap
Lihat 1 balasan
dulu tetangga kontrakan harus beli 1 set mesin mobil gara2 parkir semalaman diluar. Waktu itu ada maling yg nyolong cuma mesin mobilnya saja
Lihat 1 balasan
Balasan post azidqi
Quote:


Semoga setelah ini jadi lebih aware ya gan emoticon-Smilie
Balasan post handle23
Quote:


Semoga thread nya bermanfaat ya gan
Balasan post obbite
Quote:


Siap gan emoticon-shakehand
Balasan post zimbenk
Quote:


Si agan bisa aja emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Kalau bisa sih jgn terlalu stres, supaya gak gampang sakit, jadi deh pendek umur emoticon-Malu



Eh, ane ini dimana sih? emoticon-Bingung emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post xxxwakeupxxx
Quote:


Ah si agan bisa aja emoticon-Big Grin
info yang bermanfaat, thanks gan
Lihat 1 balasan
Balasan post tovxhidayat
Oke gan :terimakasih
mantap gan.. informasi yang bermanfaat banget nih! baru tau ane kalo diparkir di luar bisa bikin mobil begini. jadi tau nih gak boleh lama2 jemur si doi di luar
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di