KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5dfc7e09b5ca6ff70770ff/kesenian-tari-indonesia-yang-dikagumi-dunia

Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia

Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia

Hai Gansist, beberapa waktu lalu kita baru saja memperingati hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus. Hmm,
ternyata sudah tujuh puluh empat tahun bangsa kita merasakan nikmatnya kemerdekaan yang diwariskan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan. Sebuah hadiah yang patut disyukuri.

Bicara tentang rasa syukur, Gansist, orang bilang negeri kita ini secuil surga yang diturunkan ke bumi. Bagaimana tidak, keindahan panorama, keanekaragaman hayati, kekayaan alam, budaya dan bahasa yang berasal dari keberagaman suku, semua kita miliki. Semua ada di sini, di Indonesia. Bangga bukan?

Nah, kita ambil satu contoh kekayaan budaya berupa kesenian. Kalau boleh ane persempit lagi, deh, tarian tradisional suku bangsa kita. Ada banyaaak sekali ragamnya dari Sabang sampai Merauke. Dengan perbedaan yang amat mencolok, baik kostumnya, musik pengiring, gerakannya. Beda sekali. Seperti tarian berikut ini:

1. Tari Saman

Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia
sumber gambar

Tarian ini berasal dari tanah Gayo Aceh, dimainkan oleh sepuluh orang penari atau lebih. Tari saman ditampilkan dalam peristiwa penting seperti menyambut tamu kehormatan atau perayaan hari besar keagamaan.

Tarian ini dimainkan tanpa iringan musik. Tepukan oleh para penarilah yang mengiringi setiap gerakan mereka. Keunikan tari saman terletak pada gerak yang dinamis, kekompakan dan juga kostumnya.

2. Tari Piring

Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia
sumber gambar

Tarian unik yang menampilkan atraksi lincah para penari--dengan piring di kedua tangan--berasal dari tanah Minangkabau kota Solok Sumatra Barat. Tari piring dipentaskan saat upacara adat seperti acara pernikahan, khitanan, pengangkatan penghulu. Tarian ini dulunya dilakukan saat perayaan panen, sebagai wujud rasa syukur.

3. Tari Reog

Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia
sumber gambar

Tarian dari Ponorogo Jawa Timur ini punya keunikan tersendiri. Para penarinya memakai kostum dan properti yang berbeda-beda. Ada yang memakai kostum prajurit berkuda, ada yang memakai kostum bertopeng binatang harimau dan monyet, kostum pendekar gagah yang disebut warok, dan penari utama yang membawa topeng raksasa, berupa kepala harimau berhiaskan bulu-bulu merak. Topeng raksasa tersebut dibawa dengan cara digigit. Para penari tersebut memerankan tokoh-tokoh cerita dalam kisah peperangan antar dua kerajaan, yaitu: Kerajaan Kediri dan Kerajaan Ponorogo.

4. Tari Pendet

Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia
sumber gambar

Tarian dari tanah dewata Bali ini dibawakan oleh gadis remaja, yang membawa mangkok berisi bunga. Bunga tersebut ditaburkan kepada penonton/tamu kehormatan. Dan ini ditampilkan sebagai pembukaan acara-acara penting.

Pada awalnya tarian ini dipakai dalam acara keagamaan. Dimaksudkan sebagai lambang rasa syukur, hormat, dan suka cita menyambut kehadiran para dewata yang turun dari kahyangan.

5. Tari Galangi

Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia
sumber gambar

Tarian perang ini berasal dari kesultanan Buton Sulawesi Tenggara. Para penari membawa properti gala atau tombak, bendera kuning, bendera merah, dan genderang. Tarian Galangi ini biasanya digunakan untuk mengiringi sultan, saat keluar istana atau menyambut tamu.

Itu hanya sedikit dari kekayaan tari tradisional kita. Kalau negeri lain mungkin, ya, dengan menampilkan sebuah tarian pasti akan ketahuan itu dari negara mana. Lah, kalau negara kita, ketika menampilkan satu tarian lalu kita bilang dari Indonesia, orang asing akan percaya. Lalu ketika ada tarian lain lagi yang sangat jauh berbeda, dan kita bilang itu pun dari Indonesia. Maka orang-orang dari negara lain pasti akan heran dan kagum.

Gansist pastinya sepakat bukan, apabila kekayaan negeri kita ini wajib dijaga dan dirawat agar tetap lestari? Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mengenali, mempelajari dan melestarikan lalu mewariskannya kepada anak cucu kita kelak. Agar bangsa kita yang dikenal berbudi luhur, ramah dan indah akan selalu dikenal sepanjang masa.

Merdeka!

Malang, 22 Agustus 2018
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InaSendry
Halaman 1 dari 6
aku cinta indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
mari lestarikan budaya bangsa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
aku bangga jadi bangsa Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
kereen, Sis. Indonesia kaya akan budaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Semangat mbk, semoga lolos emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ikut mendoakan, Aamiinnemoticon-Angelemoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 2 lainnya memberi reputasi
dulu sewaktu masih di Palembang ane pernah nari piring.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo ane makan pake piring, kalo lagi seneng nari2 dahemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
Cakeep, mantul, Sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
keren-keren tarian indonesia. suka terharu kalau lihat langsung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Kerennn tariannn Indonesia mah ah ...aneka yg mempesona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 2 lainnya memberi reputasi
Keren tarian khas daerah ada macam2emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kesenian tradisional emang keren pisan I love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post iissuwandi
Mari kita lestarikan. Btw bisa nari apa, sist? emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tari perut, Sis. Kalo lagi laper ajaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post YenieSue0101
Aamiin. Makasih, ya, say. Muah muah
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan yukinura memberi reputasi
Balasan post lintangayudy
Beneran, Sist? 😲 Keren itu. Sekarang masih bisa gak?
profile-picture
yukinura memberi reputasi
Balasan post Richy211
Betuuull. Keren dan unik
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan yukinura memberi reputasi
Balasan post ushirota
He em. Beragam, antara satu dan lainnya beda banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di