alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5d2abf6df231096b3f2ba0/tiga-manfaat-penting-tanaman-liar-ciplukan

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan


Tiga Manfaat Penting Buah Liar Ciplukan

Halo ... hai Gansist,
Kali ini ane pengen kasih tahu sama kalian manfaat penting dari buah liar yang sering di abaikan orang.

Namanya ciplukan.
Buah liar ini dulu sering tumbuh di sawah, kebun dan semak-semak.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan

Sayangnya, keberadaan ciplukan saat ini sudah jarang ditemukan. Kelangkaannya ini membuat harga buah ciplukan melambung tinggi, hingga mencapai 250-500 ribu rupiah per kilogramnya! Tingginya harga jual buah ciplukan saat ini kontan membuat banyak masyarakat mengernyitkan dahi. Bagaimana tidak, buah ciplukan yang dahulu dapat dipetik secara gratis kini harus ditembus dengan harga yang cukup fantastis.

Meski begitu, mahalnya harga buah ciplukan saat ini bisa jadi sebanding dengan manfaatnya bagi kesehatan. Sebab di dalam ciplukan, baik buah dan daunnya, terkandung berbagai senyawa penting. Beberapa diantaranya seperti saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, asam sitrun, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin dan vitamin C yang kesemuanya memiliki andil besar terhadap kesehatan.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan

Berikut manfaat daun dan buah ciplukan selengkapnya:

1. Kaya akan Antioksidan

Manfaat daun dan buah ciplukan banyak berasal dari kandunganantioksidannya yang begitu tinggi sehingga layak dijadikan sebagai sumber alami dalam mencegah beberapa penyakit kronis.

Zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol dalam buah ciplukan mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, kombinasi karotenoid dan polifenol yang terkandung dalam buah ciplukan mampu menghentikanpenyebaran berbagai jenis kanker.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan

2. Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Berbagai masalah kesehatan sepertiradang sendi, asam urat dan wasir dapat diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan. Tak cukup sampai disitu, daun ciplukan juga memiliki khasiat yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah atau pun memperlambat perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Tiga Manfaat Penting Tanaman Liar Ciplukan




3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Siapa sangka, di dalam buah ciplukan terkandung asam oleat dan linoleat yang terbukti ampuh dalammenurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Membuatnya wajib di konsumsi para pemilik kolesterol tinggi


sumber

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelianzw dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh shabira.elnafla
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
250-500 rupiah ato ribu om??
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Quote:


Ribu gan. 250 rupiah per kilogram sedikit amet. emoticon-Ngakak
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Dulu katanya ngeri.
Ini buahnya ular.






Ane juga gak paham. Mungkin ular suka buah ini.
Siapa tahu emoticon-Big Grin
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Quote:


Pantesan ular jarang ada yang diabetes. emoticon-Ngakak
profile-picture
pleguk memberi reputasi
Quote:


wah manstap cus bisniskan! cepet kaya deeh emoticon-Kiss
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Quote:


Sayangnya ane lagi merantau. emoticon-sad
Quote:


Cb budidaya ahhh...mayan jugag
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Quote:


Jualnya di ibukota tapi, kalau di kampung mah bosen orang makan ntu. emoticon-I Love Indonesia
Ciplukan sekarang emang mahal. Susah pula ditemukan di sawah2. Nice trit sis emoticon-2 Jempol
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Udh lama nih aku gak makan ciplukan,,,
Jadi kangen nih ama ciplukan emoticon-Malu
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Quote:


Sawahnya banyak yang udah jadi perumahan sist. emoticon-Ngakak
Quote:


Asem manis gimana gitu rasanya, ya
profile-picture
dhilllpoez memberi reputasi
doeloe banyak bree di kebun belakang rumah anee. emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Quote:


Hahaha iya gan ,,,tp kalo udh masak bener ch gak ada asemny emoticon-Malu
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
buah kesukaan jaman cilik
Quote:


Sekarang juga masih banyak kayanya
Quote:


Iya masih banyak sih sebenarnya juga. Tapi kok mahal juga harganya ya?
Quote:


Karena banyak manfaatnya
Tp itu katanya seh
Ane sempet makan banyak banget kemarin tp ya biasa aja tuh emoticon-Big Grin
profile-picture
shabira.elnafla memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di