alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5cfffbc820846cd84a171e/rhenald-kasali-video-abdul-somad-yang-viral-adalah-mobilisasi-orkestrasi

Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi

HM... KIRA - KIRA BETUL GAK YAAH???emoticon-Bingung
Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi

MINEWS, JAKARTA – Viralnya video Ustaz Abdul Somad soal salib harus diwaspadai sebagai mobilisasi orkestrasi (MO) atau penggiringan mobilisasi massa. Karena tampak jelas ada kelompok yang sengaja menyiapkan langkah-langkah melakukannya.

“Ujungnya sudah bisa diterka outcomes (hasilnya) dan negosiasi apa yang akan diambil. Memakai anatomi mobilisasi, tampak pemicunya adalah kekalahan (pilpres) kemarin, lalu aksidennya mereka ciptakan yaitu ceramah UAS tiga tahun lalu,” begitu pernyataan tertulis dosen Universitas Indonesia Rhenald Kasali yang dia bagikan melalui WhatsApp Group yang dikutip 20 Agustus 2019.

Rhenald menilai viralnya video tersebut bukan untuk menyulitkan Abdul Somad. Kalau pun ada hanya sedikit saja.

Efek terbesarnya justru sentimen agama tersebut akan menggerakkan atau memobilisasi besar permusuhan dan keuntungan bagi kelompok-kelompok yang akan dibubarkan oleh negara.

Menurutnya semua sudah cukup menjadi cerita yang kuat untuk melakukan mobilisasi yang akan merepotkan negara dan pihak lain.

Dia pun menganjurkan semua pihak harus menahan diri. Kalangan gereja harus menahan jari dan mulutnya agar tidak terpancing memberi kemenangan kepada pihak-pihak tertentu yang sedang bermasalah serta mencari narasi yang relevan.

Menurut Rhenald berita-berita yang beredar akhir-akhir ini cenderung berisi indikasi adu domba.
Hal itu, menurutnya, dimulai dari kasus BUMN, calon menteri, ekonomi masa depan yang sedang gloomy (suram), perpindahan ibukota sampai kasus PLN dan ATM Bank Mandiri yang down. Semuanya bisa membuat kita semua marah.
Maka Rhenald mengharapkan masyarakat bisa memahami situasi tersebut.


(((sumur)))

profile-picture
samsol... memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Quote:


Sesama mayo harus saling membela, biarpun harus dikeluarin dalil" dari a ke z, presiden rasa kontaktor aja nih dipikirin infra mulu, udh kejadian rasis mayo ke mino hanya disuruh telan maaf, coba klo sebaliknya emoticon-Leh Uga
profile-picture
xscope memberi reputasi
Quote:


Emang papua punya calon pemimpin yg bisa ngurus kalo misal beneran lepas?
Balasan post ksatriabajaputi
@ksatriabajaputi Di dunia ini gak terhitung kejadian yg terjadi berbarengan dengan kejadian lain. Emang waktu harus berhenti ketika dia ceramah ? emoticon-Ngakak
Diubah oleh donal.duck.
Kayak gini sebenernya salahnya pemerintah RI sendiri.

Sedari jaman Megawati, Gus Dur, SBY, dan sekarang Jokowi.

Kalau aja yg pemerintah Indonesia bisa tegas terhadap golongan radikal seperti Singapura dan China, ga akan ada namanya ancaman perpecahan kayak yang hari ini terjadi..

Kebijakan pemerintah banyak yg abu2 dan cenderung ga enak hati kalau udah menyerempet ke golongan mayoritas. Maka ga heran kalau dibonceng sama kelompok radikal buat memuluskan agenda mereka.

Kejadian rusuh 22 Mei yg lalu harusnya sudah bisa jadi alarm keras buat pemerintah supaya bisa tangan besi kepada golongan radikal.

Tapi nampaknya pemerintahan Jokowi belum bisa bersikap lebih tegas sbg bentuk show of power ke kelompok radikal.
Entah karena ga berani ambil resiko, atau di dalamnya sendiri juga ada penumpang gelapnya...
hmm oke pak kasali
Balasan post donal.duck.
waktunya dong , kok video tiga tahun yang lalu di sebarkan saat ada kejadian lain ?
profile-picture
rasamaler memberi reputasi
Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi
Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi
Rhenald Kasali: Video Abdul Somad yang Viral Adalah Mobilisasi Orkestrasi

emoticon-Mewek
Teori konspirasi emoticon-Ngakak
Kebanyakan baca novel emoticon-Ngakak
Semua ini karena sikap lemah presiden terhadap satu golongan emoticon-Ngakak
Semakin dibiarkan akan semakin luas pergesekan dengan masyarakat. emoticon-Leh Uga

Sama Kristen udah, Sama Papua udah tinggal tunggu waktu bergesekan dengan yang lain
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
gojira48 memberi reputasi
usut donk kalo memang secara hukum bikin resah, kalo kagak cepet apa2 ntar jadi masalah politik kayak ni prof rhenald ekonom sekarang jadi ikut2an seperti pengamat politik
aduh, daripada bikin tafsir macam-macam, kenapa tidak tampil menyelesaikan saja?
masalah sudah muncul di depan mata lho.
tunjukkan wibawa. katanya sudah tak punya beban. kalau kayak gini kan malah kesannya tidak punya beban tanggung jawab.

buat apa nunjuk presiden kalo cuma buat mengawasi proyek infrastruktur, enggan tampil menangani masalah politis sensitif.
ingat lho, issue sara gini bukan baru kali ini terjadi. mau sampai kapan?emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
raise.up dan gojira48 memberi reputasi
Balasan post co_sange45@yaho
yes
di trit2 sblmnya ane juga udah komen kyk gini
semua peristiwa gak berdiri sendiri2 koq, ada kait mengkait semua
muaranya penggagalan pelantikan jkw oktober besok

intel tinggal telusur aja siapa dalangnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
masgembus dan firewallshop memberi reputasi
Quote:


Enggak usah tanya hal2 yg sifatnya diluar keilmuannya bre, lu tanya aja ayat atau surat mana yg bilang kalau di salib ada setannya aja dia udah pasti bingung emoticon-Embarrassment
profile-picture
donal.duck. memberi reputasi
sudah gw duga.. mulai demo mahosiswa garut bakar polisi, demo di bekasi, persekusi asrama papua di surabaya dll.
hari ini pun gak ada angin gak ada hujan pake ada demo buruh dr tjg priok sampe istiqlal
nampaknya ada yg sengaja memancing di air keruh, menciptakan situasi tidak kondusif menjelang pelantikan presiden
harus diusut tuntas siapa bermain di balik layar

emoticon-Cool
Ujung ujungnya "mereka" teriak2 supaya presiden mundur dengan alesan gak bisa ngurus negara
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
baniwahyudi memberi reputasi
tangkap abdul somad segera
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Balasan post tristan99
ga bakal lepas...masih byk yg waras disana
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Balasan post pearlnet
@khambing34

Hahaha ngak juga gan, cuma pengen melihat apa yang diterapkan ke ahok dan meilani2 yang lain itu diterapkan ke uas dan hrs aja, fair and square.
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan samsol... memberi reputasi
Timingny memang mencurigakan. Berdekatan dgn 17 agustus tiba2 muncul serangan thd mahasiswa papua. Video Somad viral. Kalo diterusin ujung2ny bisa bikin Papua lepas. Begitu Papua sudah lepas daerah2 lainny tinggal tunggu waktu saja.
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pearlnet
BUSET GALAKemoticon-Leh Uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Balasan post co_sange45@yaho
Quote:


+1
gw bbrp kali komen gini
demo kecil di daerah2 tp ada insiden
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di