alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Jangan Remehkan Kemampuan Anak, Apresiasilah Mereka
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5c6458facb95355d7aad9e/jangan-remehkan-kemampuan-anak-apresiasilah-mereka

Jangan Remehkan Kemampuan Anak, Apresiasilah Mereka

Memiliki anak adalah sebuah kebanggaan, hal ini tentu saja merupakan sesuatu yang diharapkan oleh setiap orang yang sudah menikah. Tanpa hadirnya seorang anak tentu menjalani rumah tangga terasa kurang lengkap karena tujuan dari menikah sendiri salah satunya adalah memiliki keturunan. Maka sangatlah wajar bila sebagian orang akan begitu bahagianya hingga mengunggah sesuatu ke media sosial karena begitu antusiasnya menunggu hadirnya buah hati. Bagi mereka yang belum memiliki anak tentu akan harap-harap cemas terlebih bila sudah menunggu lama sehingga mereka beupaya dengan berbagai cara agar memiliki anak.
Jangan Remehkan Kemampuan Anak, Apresiasilah Mereka

Credit : webmuslimah.com

Memiliki anak tentu merupakan salah satu kebahagiaan dalam hidup, namun di sisi lain memiliki anak adalah sebuah tanggung jawab bagi setiap orang tua agar bisa memberinya kasih sayang dan pendidikan yang benar agar anak bisa tumbuh baik dan bisa menjadi generasi berkualitas di masa depan. Tak jarang hambatan demi hambatan seringkali menyapa, terlebih lagi mendidik anak di zaman sekarang tentu bukan perkara yang mudah dilakukan.

Setiap anak terlahir dengan potensinya tersendiri yang seringkali berbeda dengan yang lain, sebuah bakat tentunya harus diasah sejak kecil sehingga setiap orangtua mempunyai tugas untuk  membantu menggali potensi anak yang terpendam. Setiap anak tentu punya minatnya masing-masing, untuk itulah dukung tumbuh kembang mereka agar mereka menemukan jati dirinya yang sesungguhnya sehingga saat sudah dewasa nanti tidak kebingungan dalam mencari jati dirinya.

Sebagai orang tua tentunya jangan sampai remehkan kemampuan anak, meskipun masih dalam tahap perkembangan dan kemampuannya masih terbatas jangan membuat orangtua malah meremehkan kemampuan anak yang ujungnya semangatnya menjadi down. Memang tak selamanya semangat anak menjadi down karena diremehkan oleh orangtuanya, akan tetapi saat orangtua meremehkan kemampuan anak dan tidak mengapresiasinya bisa berpotensi merugikan di masa depan nanti bagi orangtua karena bisa saja setelah sang anak beranjak dewasa malah berbalik meremehkan kemampuan orangtuanya sendiri yang diakibatkan dulu tidak mengapresiasi kemampuan sang anak.

Sebuah bakat tentu harus di asah, untuk itulah apresiasi kemampuan sang anak walaupun itu sedikit selama sesuatu hal tersebut baik. Sudah semestinya orangtua mendukung keinginan anak agar bisa lebih maju, jangalah hambat keinginan mereka dengan keinginan egois dari orang tua karena selama sesuatu yang diinginkan anak itu baik tentu tetaplah dukung dan apresiasi mereka.
Jangan Remehkan Kemampuan Anak, Apresiasilah Mereka

Credit : grid.id

Meskipun kemampuan anak tak seberapa namun tetaplah apresiasi kemampuan mereka, jadilah orangtua yang selalu ada disampingnya untuk memberi support dan semangat kepada anak untuk bisa lebih baik dari waktu ke waktunya. Hindari segala bentuk tindakan negatif kepada anak agar mereka senantiasa tetap semangat menjalani kehidupan hingga mereka dewasa dan siap untuk berjuang dalam kehidupan. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi, dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan japarina memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Reserved
dan juga bimbing mereka
misalnya si anak suka musik, ajaklah si anak memperdengarkan musik melayu total
emoticon-Cool
Diubah oleh Vandisk
Quote:


Bisa juga emoticon-Leh Uga
"Setiap anak terlahir dengan potensinya tersendiri yang seringkali berbeda dengan yang lain"

Setuju banget ama yg diatas. Janganlah dibuat jd stigma bahwa anak pintar adalah anak yg jago calistung. Bs jd anak kita punya kelebihan lain entah di seni ataupun kemampuan fisik.
amati, arahkan minat dan potensi anak sesuai kemampuan dan keinginan mereka
jangan jadiin mereka alat untuk menggapai cita2 ortu yg dulu kagag kesampaian.
misal ortu pengen jd dokter tp kagag bisa, maka anak dipaksa masuk kedokteran
padahal minat mereka tdk disana
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
harus diapresiasi dong
Quote:


Asiyap mas emoticon-2 Jempol
profile-picture
masmomon memberi reputasi
tetap mendukung dan membimbing dengan mengarahkan kemampuan yg dia miilikin. emoticon-Big Grin
Setuju gan, sebagai orang tua memang harus terus memberikan pujian atau apresiasi kepada anak sekecil apapun prestasi yang mereka lakukan. Contoh sederhananya ketika anak mau disiplin membuang sampah pada tempatnya, kita harus memberikan pujian kepadanya. Misal "anak pinter, buang sampah di tempat sampah" sambil kasih senyuman dan acungan jempol. Atau misal berhasil menulis angka yang kita contohkan, segera kita kasih pujian supaya anak punya rasa percaya diri dan terus semangat untuk belajar dan berbuat baik.
setuju gan! Bener banget threadnya!! Mantap mantaaaap. Sangat informatiff. Ditunggu thread thread lainnya yaa
betul, apresiasi anak maka nanti dia akan termotivasi dan berusaha kejar mimpinya sampai dapat... kalo dicela-cela mulu yang ada malah dia ngerasa nggak bisa apa-apa..
Quote:


betollll kalo mimpi orang tua nggak kesampean jangan dipaksain ke anak lah kasian...
profile-picture
masmomon memberi reputasi
Setuju nih buat selalu mengapresiasi anak, walaupun kadang meremehkannya niatnya bercanda tapi kadang anak nerimanya salah paham, jadi bisa malah down
menurut ane, ngga sedikit orang tua yang sering banget memaksakan kehendak mereka untuk anaknya. hanya untuk memuaskan ego orang tua itu sendiri. apa yang baik untuk orang tua, belom tentu baik untuk si anak. ada baiknya di komunikasikan dan apresiasi apapun yang anak lakukan selama berada didalam koridor yang benar.
sebuah apresiasi akan menjadi sebuah modal kepercayaan diri untuk anak. Apresiasi dari lingkup terdekat yakni keluargalah yang harus sering dibiasakan didalam kehidupan anak, sehingga kelak anak pun terbiasa dalam mengapresiasi. Bagi ane, mengapresiasi adalah cara terkecil seseorang dalam menghargai satu sama lain
nah bener banget, seberapapun kemampuan anak, yang bikin anak semangat untuk berjuang lagi kan dari apresiasi orang orang sekitarnya


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di