alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?
4.56 stars - based on 16 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5badfda7276842864cde53/sering-tertipu-penjual-buah-yang-nakal-siapa-yang-harus-disalahkan

Sering Tertipu Saat Membeli Buah di Pinggir Jalan, Siapa yang Harus Disalahkan?

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?



Halo, GanSis, apa kabar hari ini? Jumpa lagi dengan ane, TS yang sudah lama oleng. Kini kembali menyapa pembaca sekalian di thread sederhana ini.

emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel


Panas-panas begini paling enak kalau minum es buah atau makan rujak buah yah. Hmm, pasti syeger gila. Ngomong-ngomong soal buah, pernah nggak sih GanSis membeli buah di pinggir jalan? Itu loh, yang sering dipajang di mobil bak terbuka berderet di sekitar trotoar. Pastinya pernah dong?

Membeli buah yang dijual di pinggir jalan memang ada untungnya, GanSis, karena dari segi harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan yang dijual di toko maupun supermarket. Faktornya jelas, mereka nggak perlu bayar sewa stan untuk menggelar dagangannya, jadi bisa menekan harga serendah mungkin buat menarik konsumen. Nah, gimana dengan kualitasnya? Entahlah. Yang jelas harga miring selalu menjadi daya tarik utama dari para calon pembeli yang berkantong pas-pasan. Hayoo ... bener nggak?

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?


Melihat beragam buah ranum berjajar mentereng dengan label harga murah, siapa sih yang nggak tergiur? Beberapa orang yang kalap pasti dengan kecepatan matahari langsung nyamperin tuh penjual dan tanpa ba bi bu langsung : "Bang, bungkus jeruknya 5 kilo!"

Si penjual pun dengan suka cita memasukan buah ke dalam kantong plastik dan menimbangnya. Tiba saatnya bayar, loh, kok harganya beda dengan label yang dipajang? Lalu dengan wajah tak bersalah, si penjual menerangkan : "Anu, Neng. Yang harganya lima ribu yang di sebelah sana." Sambil menunjuk sekumpulan buah berukuran kecil, berkulit kisut bahkan beberapa sudah setengah busuk di pojokan, sedikit tersembunyi dari pandangan.

Jiiaaaaaahhh!

Terpaksa deh, dengan wajah mbesengut mereka membayar buah-buah yang sudah ada dalam genggaman, tentunya dengan harga yang di luar ekspektasi. Parahnya lagi, mereka kehilangan kesempatan untuk menawar.

Kalau sudah kayak gini, siapa yang harus disalahkan?

Mari kita ulas dari dua sisi yang berbeda.

emoticon-Requestemoticon-Requestemoticon-Requestemoticon-Request


Pertama, dari pihak penjual. Sebenarnya dibenarkan nggak sih, sistem jualan semacam ini? Bukankah ini termasuk cara yang nakal?

Memang sih, yang namanya penjual masing-masing pasti memiliki trik untuk menarik calon konsumen. Dari cara yang wajar, sampai yang nggak wajar. Dari cara yang bersih, sampai yang berbau kecurangan.

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?


Jika kita bertanya pada penjual, sudah tentu mereka berdalih bahwa ini hanyalah strategi pemasaran, tidak ada unsur tipuan. Ada benarnya, GanSis, karena mereka menjual barang sesuai dengan harga. Ada harga, ada kualitas. Perkara memasang label harga tetapi bukan dari harga barang yang dipajang, semata karena mereka berharap akan banyak orang yang penasaran dan mendatangi lapak mereka. Perkara apakah si pembeli tertipu atau tidak, itu di luar tanggung jawab mereka. "Salah sendiri nggak nanya dulu, asal nyerobot aja." Bener nggak?

Namun, GanSis, cara berjualan seperti ini memang tampak kotor dan cukup merugikan pihak konsumen. Terutama bagi mereka yang sering tertipu. Segala hal, meskipun tujuan awalnya bukan kejahatan, tetapi jika pada akhirnya jatuh korban dan korban tidak terima, tetap saja dianggap kejahatan. Bener nggak?

~~~~~~~~~~~~~~~


Kedua, dari pihak pembeli. Di mana-mana, yang namanya pembeli adalah raja. Mereka berhak membeli, bertanya, menawar, atau hanya sekedar melihat-lihat saja. Bahkan dalam hal membeli buah di pinggir jalan, mereka terkadang diberi kebebasan pula untuk icip-icip. Ada juga yang setelah sesi icip-icip terpuaskan, langsung minggat tanpa membeli dengan alasan yang kadang tak masuk akal.

Nikmat mana yang kau dustakan?

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?


Dengan begitu seabreknya hak istimewa konsumen, seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik. Lha kok malah tertipu. Mbok ya nanya-nanya dulu, konsultasi sama penjualnya, manakah kira-kira buah yang cocok sama dompetnya. Tenang aja, kalau jodoh nggak kemana kok. Ups!

"Anu, lagi buru-buru. Nurutin istri ngidam."

"Panas banget nih, jalanan macet pula!"

"Gengsi mau nanya-nanya. Kayak orang nggak punya duit aja!"


Halah, alasan! Kalau ketipu ngomel-ngomel. Ck ck ck. Yah, namanya raja di mana-mana selalu benar ya!

Sebenarnya, GanSis, jika pernah kejadian kayak gini, nggak perlu nyalahin penjualnya juga kok. Ada baiknya kita yang harus berhati-hati. Nah, di bawah ini, ane ada beberapa tips biar nggak tertipu saat membeli buah.

Pertama, jeli melihat. Memang sih, saat kita berkendara seringkali perhatian terfokus pada jalanan, jadi begitu ada label harga murah dengan ukuran yang besar-besar, langsung tergoda untuk berhenti dan melipir. Eh, tapi, kita musti melihat sekali lagi. Misal nih ya :

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?


Dijual Anggur 1 kilo 15.000

Begitu kita berhenti di depan lapak, lhadalah, ada tulisan seperdua yang angka duanya kecil, jadi nggak kelihatan dari jauh. Udah telanjur berhentiin kendaraan pula. Jiahh, zonk!

Kedua, budayakan bertanya.
Di mana-mana, kalau mau beli sesuatu ya tanya dulu harganya. Bukan asal serobot. Meskipun sudah jelas ada label harga yang dipajang di depan, nggak ada salahnya kan kalau bertanya lagi? Siapa tahu label tersebut bukan untuk barang yang dimaksud. Jadi, mending tanya buat memastikan. Jangan gengsi mulu digedein!

Ingat! Malu bertanya, sesat di dompet emoticon-Wowcantik

Ketiga, gunakan akal. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, GanSis, apalagi jika murahnya tak masuk akal. Misal nih ya, kalau di pasaran harga apel 20rb perkilo, sedangkan yang kita lihat di pinggir jalan harganya 10rb perkilo(dengan kriteria buah yang kurang lebih sama), kita musti curiga. Itu yang dijual apel beneran atau apel-apelan, eh!

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?


Tergiur harga murah sih wajar ya, tetapi jika dengan harga tak masuk akal tersebut masih percaya dan terpincut, wah, pasti ada yang tak beres nih dengan cara berpikir GanSis. Hmm ....

Keempat. Belilah buah di toko buah atau supermarket. Di sana, selain harga sudah pas alias tak bisa ditawar, tak khawatir pula terkena zonk, label harga pun tertempel di masing-masing rak, jadi nggak mungkin tertukar. Jika masih saja tertipu, mending nggak usah beli buah deh. Metik aja di pohon tetangga! emoticon-Ngakak (S)

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Nah, dengan tips-tips ane di atas, diharapkan GanSis sekalian sebagai calon konsumen yang baik dan benar, bisa mengantisipasi kejadian penipuan yang sering terjadi di sekitar.

Jadi kesimpulannya apa? Siapa yang harus disalahkan?

Dari sisi manapun, dua-duanya tetap salah, GanSis. Namun karena ini adalah hal yang menyangkut dua pihak yang berseberangan, yang susah banget disatukan, sama-sama mau cari untung, sama-sama mau menang sendiri, sudah pasti perkara ini tidak akan menemui titik terang. Satu-satunya jalan untuk bertahan hidup adalah dengan mencari perlindungan masing-masing.

Tak perlu repot saling lempar kesalahan, karena kita tak akan mendapatkan apa-apa dari hal itu. Cukup urusi kesalahan diri sendiri dan memperbaikinya. Cukup mencari keadilan bagi diri sendiri.

Sekian thread kali ini. Semoga tidak terlalu panjang dan membosankan.

Terima 2C (Cendol dan Cinta).emoticon-Wowcantik

BBB GROUP

Sumber : Murni opini TS dan kejadian di sekitar
Ilustrasi : Pixabay

Sering Tertipu Penjual Buah yang Nakal, Siapa yang Harus Disalahkan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryobagus dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 15
Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Belilah buah pada tempatnya

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Jangan mentang mentang harga murah, langsung serobot! emoticon-Mademoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jancok. dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
namanya dipinggir jalan pasti beda sama yg dimall baik dari harga maupun kualitas..
balik lagi kedasar, ada harga ada rupa.. emoticon-Big Grin
kalo masalah ketipu ya itu karna Pembelinya ga teliti atau males nanya ... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lintanghf11 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya begitulah om. Tapi tetep aja banyak yang kena zonk begini
Lihat 1 balasan
Balasan post YenieSue0101
Quote:

njirr jangan panggil Om ... emoticon-No Hope
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Aduh, maap gan. Salah ya emoticon-Malu
Lihat 1 balasan
Quote:


Beli yang masih di pohon ya?he he he
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Belinya di tempat langganan donk kakak emoticon-Malu
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Nah, iya bun, dijamin asli kualitasnya emoticon-Request

Quote:

Gak punya langganan aku kak emoticon-Malu
Nah itu
Kurang sekut cuy beli
Buah2an di kios geje
Mulai dari segi harga
Sampe persoalan tingkat kematangan

Mending belanja buah
Di swalayan lah keknya
Untuk mengurangi kekecewaan



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Ini nih, ane banget. Suka nggak teliti orangnya. Alhasil, sering kecewa kl beli apa2.emoticon-Hammer2
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Intinya baik ketika jd penjual atau jd pembeli kita harus bawel emoticon-Big Grin

Bawel buat menanyakan kepastian dan kejelasan

Klo ane sih gtu emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Bener, gan, mending beli di supermarket aja, terjamin kualitasnya emoticon-2 Jempol

Quote:

Nah, tipe2 ceroboh nih emoticon-Hammer2

Quote:


Sip, gan. Jangan gengsi bertanya ya. Ingat, malu bertanya sesat di dompet emoticon-Wowcantik
Quote:


Kok anunya ilang te ...
Sekarang anu diy siapa
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mungkin sebagai bentuk balas dendam kali ... ketika ada pembeli yg nawarnya sadis
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Balasan post dewakere
Quote:


Karena ga tau

Ga tau juga emoticon-Hammer (S) ga ada kyknya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
paling ngehe itu...saat penjual bilang buah itu manis begitu di cobain dirumah ngga tau nya asem..emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


@3770372 nomer togel ya besok ane masang
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Balasan post YenieSue0101
Quote:

panggil nama aja ya, belom cukup umur buat dipanggil Om ... emoticon-Embarrassment
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di