alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a52efa72768738a50a895/setara-institute-pernyataan-uas-soal-salib-memenuhi-unsur-di-muka-umum

Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum

Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum


Suara.com - Ketua Setara Institute, Hendardi, mengaku tak sependapat jika ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dinilai menghina salib sebagai simbol agama tertentu dilaporkan ke polisi atas dugaan penodaan agama.

Kendati begitu, ia sepakat jija apa yang disampaikan UAS berkaitan isi ceramahnya itu mengakibatkan terganggunya kerukunan antarumat beragama di tanah air.

"Menghina salib dan Yesus yang disalib merupakan tindakan yang merendahkan keyakinan orang lain dan mengganggu kerukunan antarumat beragama," ujar Hendardi dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Senin (19/8/2019).

"Tetapi saya termasuk yang menentang penggunaan delik penodaan agama untuk menghakimi tindakan hukum semacam ini," Hendardi menambahkan.

Menurut Hendardi, perkara UAS dapat diselesaikan melalui jalur lainnya, yakni berupa teguran dan permohonan maaf dari UAS. Meskipun peloporan atas penodaan agama tetap dilakukan.

"Jika pun UAS dilaporkan dengan delik penodaan agama, saya mendorong agar proses teguran dan tuntuan minta maaf serta janji tidak mengulangi didahulukan untuk ditempuh, sebagaimana yang diatur dalam UU 1/1966 PNPS. Sehingga, jika itu dipenuhi, maka tidak perlu diproses secara hukum," kata Hendardi.

Menurutnya, Ustaz Somad tak bisa berdalih dari peloporan dengan mengatakan isi ceramahnya tersebut bersifat internal. Menurutnya ceramah UAS tersebut dilakukan di muka umum.

"Alasan dakwah internal tidak bisa dibenarkan karena makna menyampaikan di muka umum sebagai batasan larangan menghina dan merendahkan adalah kondisi di mana pernyataan itu disampaikan pada situasi yang memungkinkan orang lain dapat mendengar. Jadi jelas apa yang disampaikan UAS memenuhi unsur di muka umum," ujarnya.

Atas peristiwa tersebut, Hendardi beraharap sekua pihak dapat menjadikannya pembelajaran untuk menikmati kebebasan berekspresi, berpendapat dan berbicara secara bertanggung jawab.

"Tetapi saya juga tidak setuju segala pernyataan yang dianggap menyinggung perasaan kelompok selalu diselesaikan dengan pendekatan hukum, karena akan berpotensi memasung kebebasan," tandasnya.

Diketahui Ustaz Abdul Somad atau UAS dilaporkan ke Markas Kepolisian Resor Sikka di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pihak yang melaporkan adalah Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere, Sabtu (17/8/2019).

Mereka menilai Ustaz Somad menistakan salib dan patung Yesus. Keduanya simbol Katolik dan Kristen Protestan. Ustaz Somad disebut telah menyinggung salib yang terekam dalam video ceramahnya di media sosial.


https://m.suara.com/news/2019/08/19/...r-di-muka-umum


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 10 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 16
RESERVED
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau di forum tertutup, emang kayak gitu. Ngak Islam, Kristen juga sama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GembelzBikerz dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
terus kalau ahok diproses hukum, begitu ya emoticon-Ngakak kenapa hal demikian ga berlaku buat ahok, ayo umat demo bersilit silit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satria2r dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Quote:


Ga usa cari kambing hitam brengsek
Buktiin pake video sene njenk
Agama kok hobinya rusuh & fitnah
Emang golongan dajjal sesat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Nah loh mulai skrng ati2 yg upload ceramah di YT n sejenisnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 5 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Jawaban nya simple sj.
Semua ulama, ustaz or etc dr kalangan islam. Mari sini kalian duduk bersama dan teken pernyataan.

1. Apa kalian setuju dgn perkataan somad jika salib itu ada jin nya atau tdk?

Jika kalian setuju, maka somad benar dan tdk masuk penjara, tp indonesia kacau detik itu juga.

Jika kalian tdk setuju, maka somad masuk penjara dan masalah selesai. Dan kalian tutup mulut kalian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Balasan post db84x3
Quote:


Ada buktinya gak bre emoticon-Leh Uga

No Pic = Hoax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
UAS minta maaf bisa selesai permasalahannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


Goblok.....sori aja bre....umat Katolik ga pernah bahas agama orang lain....ga kaya kaum ente yg suka banget ngurusin agama orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pmbbersatu dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ayo paropol oposisi , ada yang mau bayarin ga ? lumayan ini bisa buat bahan demo pemerintah dengan dalil anti islam emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Hai mujahid muda
maju kehadapan
sibakkan penghalang
satukan tujuan
kibarkan panji Islam dalam satu barisan
Bersama berjuang kita junjung keadilan

Jangan bimbang ragu
Tetaplah melaju
Hapus bayang semu
Di lubuk hatimu
Bergerak kedepan bagai gelombang samudra
Lantakkan tirani runtuhkan angkara murka

Majulah wahai mujahid muda
Dalam satu cita tegak keadilan
Singkirkan batas satukan kata
Kebangkitan Islam telah datang

#KamibersamaUAS emoticon-Inggris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gittagitte dan 17 lainnya memberi reputasi
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


Yg ada malah masuk penjara emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 9 lainnya memberi reputasi
Mulai sekarang saling hina agama boleh lo, asalkan di forum tertutup.
Ayo manfaatkan silakan hina sebebas-bebasnya.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh clurit
Ane rindu zaman K.H. Zainuddin MZ.
The real dai sejuta umat.

Ceramahnya adem, damai.

Gak kayak yang disebut ustadz zaman now.
Isinya kok menebar kebencian. emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bucox dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


emoticon-Tai emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 6 lainnya memberi reputasi


Quote:


Suruh dia tiap minggu ikutin perayaan ekaristi katolik bro biar dia buktiin sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bagus juga sih, bisa ceramah tertutup sama napi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Jangan bre...ntar dia bisa kejet kejet liat salib trus murtad...namun sifat aslinya ga bisa ilang,bisa rusak tatanan hiduk kaum kami kemasukan orang begini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aquilaskingdom dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg memperkeruh gua kasi bata lu pade
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakpenakut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 16


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di