alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a52efa72768738a50a895/setara-institute-pernyataan-uas-soal-salib-memenuhi-unsur-di-muka-umum

Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum

Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum


Suara.com - Ketua Setara Institute, Hendardi, mengaku tak sependapat jika ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dinilai menghina salib sebagai simbol agama tertentu dilaporkan ke polisi atas dugaan penodaan agama.

Kendati begitu, ia sepakat jija apa yang disampaikan UAS berkaitan isi ceramahnya itu mengakibatkan terganggunya kerukunan antarumat beragama di tanah air.

"Menghina salib dan Yesus yang disalib merupakan tindakan yang merendahkan keyakinan orang lain dan mengganggu kerukunan antarumat beragama," ujar Hendardi dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Senin (19/8/2019).

"Tetapi saya termasuk yang menentang penggunaan delik penodaan agama untuk menghakimi tindakan hukum semacam ini," Hendardi menambahkan.

Menurut Hendardi, perkara UAS dapat diselesaikan melalui jalur lainnya, yakni berupa teguran dan permohonan maaf dari UAS. Meskipun peloporan atas penodaan agama tetap dilakukan.

"Jika pun UAS dilaporkan dengan delik penodaan agama, saya mendorong agar proses teguran dan tuntuan minta maaf serta janji tidak mengulangi didahulukan untuk ditempuh, sebagaimana yang diatur dalam UU 1/1966 PNPS. Sehingga, jika itu dipenuhi, maka tidak perlu diproses secara hukum," kata Hendardi.

Menurutnya, Ustaz Somad tak bisa berdalih dari peloporan dengan mengatakan isi ceramahnya tersebut bersifat internal. Menurutnya ceramah UAS tersebut dilakukan di muka umum.

"Alasan dakwah internal tidak bisa dibenarkan karena makna menyampaikan di muka umum sebagai batasan larangan menghina dan merendahkan adalah kondisi di mana pernyataan itu disampaikan pada situasi yang memungkinkan orang lain dapat mendengar. Jadi jelas apa yang disampaikan UAS memenuhi unsur di muka umum," ujarnya.

Atas peristiwa tersebut, Hendardi beraharap sekua pihak dapat menjadikannya pembelajaran untuk menikmati kebebasan berekspresi, berpendapat dan berbicara secara bertanggung jawab.

"Tetapi saya juga tidak setuju segala pernyataan yang dianggap menyinggung perasaan kelompok selalu diselesaikan dengan pendekatan hukum, karena akan berpotensi memasung kebebasan," tandasnya.

Diketahui Ustaz Abdul Somad atau UAS dilaporkan ke Markas Kepolisian Resor Sikka di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pihak yang melaporkan adalah Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere, Sabtu (17/8/2019).

Mereka menilai Ustaz Somad menistakan salib dan patung Yesus. Keduanya simbol Katolik dan Kristen Protestan. Ustaz Somad disebut telah menyinggung salib yang terekam dalam video ceramahnya di media sosial.


https://m.suara.com/news/2019/08/19/...r-di-muka-umum


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 10 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ane rindu zaman K.H. Zainuddin MZ.
The real dai sejuta umat.

Ceramahnya adem, damai.

Gak kayak yang disebut ustadz zaman now.
Isinya kok menebar kebencian. emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bucox dan 28 lainnya memberi reputasi
profile picture
fruit.punch


Dulu jaman gw masih suka ktiduran lupa matiin radio, taon 90an, zmz sblom sering masuk tipi ini suka ceramah subuh
Jadi ga sengaja suka kedenger ceramahnya lewat salah satu radio di bandung, mungkin agan ga tau, tp ceramahnya mirip2 isi si somat, ada skali2 menghina agama lain emoticon-Malu (S)
profile picture
Mautahu99
@fruit.punch emang rata2 ajaran kaum paling damai, adil, dan toleran begitu gan wkkwkw BETUL? (dengan nada jaenuddin)
Jawaban nya simple sj.
Semua ulama, ustaz or etc dr kalangan islam. Mari sini kalian duduk bersama dan teken pernyataan.

1. Apa kalian setuju dgn perkataan somad jika salib itu ada jin nya atau tdk?

Jika kalian setuju, maka somad benar dan tdk masuk penjara, tp indonesia kacau detik itu juga.

Jika kalian tdk setuju, maka somad masuk penjara dan masalah selesai. Dan kalian tutup mulut kalian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 26 lainnya memberi reputasi
profile picture
jamie76


jawabannya setuju tetapi UAS jangan dipenjara emoticon-Leh Uga
profile picture
sfast
@adriandan bacot kau, sana kau buat video klo kau setuju sama perkataan somat dan upload ke sosmed. Biar org tau kau dukung somad dan kau anggap perkataan dia benar.

Ilmu agama kau sj masih cetek kok sok2an bela somad. Dengar itu perkataa kiai sesepu, apa tanggapan mereka ttg somad. Bukan membabi buta percaya kata somad.

Ayo kau buat video kau dukung somad dan kita liat apa akibatnya. Kau akan di cap islami apa radikal. Dan kita liat kau kerja dimana, dikafir atau diislam. Biar jd pengganguran kau.
profile picture
vasbungaku1985


Lebih baik orang seperti ust somad yang suka hina agama lain masuk penjara gan... biar orang kayak gitu kapok hina2 agama terus
profile picture
adriandan
Setuju
Ya klo diajaran gw emg gt masa suruh boong
Minimal gw ga bacotin umat agama lain
Itu kn konsumsi internal agama gw
profile picture
tukangkredit
literatur kristen percaya dengan adanya jin ngga?

sama dengan literatur islam juga ngga percaya dengan adanya dewa dewi
Mulai sekarang saling hina agama boleh lo, asalkan di forum tertutup.
Ayo manfaatkan silakan hina sebebas-bebasnya.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh clurit
Quote:


Goblok.....sori aja bre....umat Katolik ga pernah bahas agama orang lain....ga kaya kaum ente yg suka banget ngurusin agama orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pmbbersatu dan 30 lainnya memberi reputasi
profile picture
2kimin


Tapi sori ya bre, gw suka ngdenger pastur/pendeta suka ngomong soal muslim, terutama di bulan puasa
Pastur/pendeta2 itu suka mendoakan agar kaum muslim diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa
Gitu bre, mana diaminin lagi sm umatnya
profile picture
AngeliseZ
kita yang Katolik gak usah ikut campur gan , ga baik juga saling ngejudge
pake prinsip yang waras ngalah aja , meski gw sendiri jg kzl liatnya emoticon-Embarrassment

gw juga pengen liat sejauh apa orang orang model kayak gini bertahan di Negeri yang terus berkembang gini , apakah ntar jadi kutu gembel di pinggir jalan yang kerja nya demo sama sirik-in agama orang laen doang , atau jadi rakyat yang berguna buat bangsa dan tanah air .

profile picture
adriandan
Hahha apatis atheis ni org apa ya
Cari dulu Faktanya
Jgn lo cari dari xvideos
Begok


Quote:


Suruh dia tiap minggu ikutin perayaan ekaristi katolik bro biar dia buktiin sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 7 lainnya memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di