alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a503a9a972e598f678590/sepeda-motor-2-tak-antara-hobby-dan-pembenci

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

Selamat Berbahagia, GanSist!
Selamat Datang di Thread Ane!

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

Sepeda Motor 2 Tak.

Apa yang terlintas dipikiran GanSist saat melihat sepeda motor 2 tak di jalan? Apalagi dengan kondisi jalan yang sedang macet? Suara yang bising? Asapknalpot ngebul? Mungkin bagi sebagian orang bisa sangat mengganggu, tapi tidak dengan penikmatnya. Begitu banyak alasan mengapa hingga saat ini kita masih dapat melihat sepeda motor 2 tak seliweran di jalan raya, baik di jalan protokol maupun di areal pemukiman.
Alasan terpenting tentu nostalgia, entah ingin mengulang kenangan manis bersama, atau mungkin keinginan yang baru bisa terwujud sekarang. Kita semua tahu betapa luar biasa mahalnya harga sepeda motor pada tahun 60an hingga 80an akhir. Sepeda motor merupakan "barang mewah" yang tentu saja tidak dapat menyasar semua kalangan. Alasan kedua tentu nilai historisnya. Betapa legend-nya sepeda motor itu pada masa kejayaannya. Dua alasan yang cukup mendasar hingga membuat para penggila sepeda motor 2 tak seakan tidak memperdulikan sumpah serapah orang-orang dibelakang mereka, yang hanya bisa "menikmati" asap sisa pembuangan saja.
Berikut ini merupakan sepeda motor 2 tak dengan penggila terbanyak, dan tentu dengan komunitas yang masih solid sampai sekarang.

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

1. VESPA
Vespa Kongo
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Tahukah Anda Vespa masuk di Indonesia sejak tahun 1960. Pada waktu itu hanya PT Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Konon harga Vespa saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak saat itulah Vespa menjadi kendaraan bermotor paling digemari oleh masyarakat. Namun, seiring masuknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya Vespa tergusur. Padahal pada awalnya harga Vespa Sprint lebih mahal daripada motor Honda CB 200. Salah satu Vespa paling langka di Indonesia adalah Vespa Kongo yaitu Vespa hadiah dari PBB kepada pasukan Garuda Perdamaian RI yang bertugas di Kongo. Perbedaan Vespa Kongo ini dengan Vespa lainnya adalah plat bajanya yang lebih kuat. Vespa Kongo ini bukan buatan Italia tetapi buatan Jerman.
Vespa PX (2001)
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Ini dia generasi Vespa kontemporer yang terakhir, Yang diproduksi di awal millennium hingga saat ini. Dibekali styling classic yang seakan mengingatkan akan era kejayaan Vespa PX di tahun 1970-an silam, Namun juga dijejali dengan fitur terbaru seperti Elektrik Starter, Disc Cakram Depan, plus CDI yang modern. Mesinnya terdiri dari 125, 150 & 150cc dengan konfigurasi yang masih legendaris, 2-Tak (Disesuaikan dengan Negara tujuan penjualan). Produksinya sempat terhenti selama 3 tahun (2008-2011) lantaran masalah regulasi EURO3.

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

2. Yamaha RX Series (1977 - 2008 )
Yamaha RX100
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Nah ini dia sesepuhnya dari keluarga jambret, Yamaha RX100.
Awalnya, famili RX-King datang ke Indonesia berstatus impor atau CBU pada tahun 1977 dengan nama RX100.
Mesinnya dua tak dengan kubikasi hanya 100cc dengan power 11,5 dk dengan top speed 110 km/jam, terbilang kencang tuh pada masanya!Yang bikin legendaris, meski punya mesin dua tak konsumsi bensinnya irit banget Sob! Satu liter bisa buat 40 km!.Sebetulnya sebelum RX100, ada RX125 Twin yang dijual di Indonesia pada tahun 1976.
Hanya saja, RX125 Twin bukan keluarga RX karena aslinya bernama RD125 dan hanya ganti nama saja saat masuk Indonesia.
RX-King New
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
[b]Nah kalau yang satu ini adalah generasi terakhir dari keluarga RX-King sebab dihentikan produksinya karena regulasi emisi.Padahal RX-King New ini sudah ada penambahan catalytic converter pada knalpotnya sehingga emisinya bisa ditekan.Selain itu, karena ada catalytic converter itulah asapnya tidak ngebul seperti generasi lamanya, sehingga sering dikatakan RX-King empat tak karena tak ada asapnya.Uniknya, lampu depannya balik jadi bulat seperti RX100 dan RX125.RX Family, dengan segala perjalanan panjangnya harus dihentikan di tahun 2008.Tapi karena namanya sudah terlalu legendaris, justru di zaman now harganya malah menjadi tinggi. Kalau ada yang kondisinya masih baik, dijamin harganya bisa gila-gilaan.
All Hail to The King!


Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

3. Honda NSR series ( 1980 - 2000 )
NSR 150
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Honda NSR series, sebetulnya ini adalah seri motor jadul yang meluncur di tahun 1980 hingga 1990-an, tapi hanya varian NSR 150 yang cukup banyak meluncur di jalanan Indonesia. yang ber-sileweran  di sini mayoritas diproduksi di Thailand dan terbagi menjadi beberapa model.
Sejarah NSR meluncur di Indonesia, berawal dari NSR 150R yang diimpor dari Thailand dan dipasarkan langsung oleh AHM pada tahun 1994. NSR 150R ini memiliki desain yang masih kotak. Tapi keunggulannya lain dari motor ini adalah RC Valve dan sistem pendingin radiator. Tampilan modern NSR 150R, juga ditunjang penggunaan suspensi belakang monosok.
NSR SP
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
NSR SP

Nah yang ini merupakan salah satu idola cowok ABG di tahun 2000-an deh!
NSR SP adalah varian tertinggi dari keluarga NSR yang hanya dijual oleh importir umum, sehingga jadi buruan kolektor saat ini.
NSR SP ini paling banyak kelebihannya. Selain penggunaan mono arm menjadi ciri khas. Mesinnya juga ada pembenahan di area crankshaft, jadi motor ga bakal getar di kecepatan tinggi.
Saat itu dijual harganya sekitar Rp 40 jutaan dan jadi salah satu motor termahal di kelasnya.
Biarpun NSR 150SP jadi model paling favorit, setiap model NSR punya penggemarnya sendiri.
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

4. Suzuki Satria 120 Series ( 1997 - 2004 )
Satria RU 120 S
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Pertama kali di perkenalkan pada tahun 1997 dengan mengusung mesin 2 tak, 120cc, berpendingin udara, menggunakan transmisi 5 percepatan dan memakai sistem kopling sentrifugal. Satria RU 120 S adalah mesin bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak. Mesin 2 tak 120cc bertenaga 13HP. Fitur yang pertama dibuat menggunakan suspensi monosok, rangka SCAF (Suzuki Computerized Analized Frame), sistem komputerisasi analisa rangka dan menggunakan tranmisi 5 percepatan.
  Satria 120 R 

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi ada penambahan double disc brake yang membuat cengkramannya semakin dahsyat dan hadir dengan tampilan yang anak muda banget di jaman itu, dijamin bikin cewek-cewek bisa klepek-klepek. Tentunya yang paling laris adalah versi livery movistar plus velg casting wheel alias velg palang makin mendongkrak tampilan Suzuki Satria 120 R.
Satria 120 RU LSCM ( CBU Malaysia )
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Sebelum Satria 120 RU atau biasa disebut Satria 120 R (2tak)yang biasa disebut Satria lumba-lumba ini di discontinue karena peraturan pemerintah yang melarang di produksinya motor 2 tak di dalam negeri pada masa itu, selain itu Pemerintah juga sedang gencar-gencarnya pencanangan program langit biru. Maka sebelum discontinue pihak Suzuki Indonesia pernah mendatangkan Satria RU 120 LSCM dari Suzuki Lion Malaysia atau biasa di sebut Satria Hiu. Tapi meskipun respon masyarakat lumayan baik, Satria Hiu hanya sebentar beredar di Indonesia karena terbentur dengan kebijakan pemerintah. RU120 discontinue bersama dengan 120R pada tahun 2005. Unit gaib, dengan harga yang gaib serta fantastis pula.

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

5. Kawasaki Ninja Series ( 1996 - 2015 )
Ninja 150
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Ini awalnya Kawasaki Ninja 150 diproduksi di Indonesia meski mayoritas komponen masih dipasok dari Kawasaki Thailand. Di 1996 punya ciri mendasar dengan headlight model bulat dengan balutan list warna chrome. Stang menganut gaya tracker handlebars atau touring. Rem depan menggunakan cakram dan belakang tromol. Pada generasi ini, Ninja 150 menggunakan velg jari-jari ring 17 inci di roda depan dan ring 18 inci di roda belakang.
Ninja New 150 RR
Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.
Perubahan yang paling mendasar di generasi terakhir ini, ada pada desain fairing dan body. Boleh dibilang, desainnya mengikuti Ninja 250 yang disesuaikan supaya proporsional dengan rangka Ninja New 150 RR. Untuk varian Ninja New 150 RR SE, bedanya hanya pada striping saja. Kawasaki Ninja New 150 RR, merupakan generasi terakhir dari Ninja 150 yang diproduksi di Indonesia. Penghentian produksi Ninja 150 dilakukan Kawasaki bukan karena Ninja 150 tidak laku di pasaran, namun, karena alasan peraturan pemerintah soal emisi gas buang.

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

Tentu ada alasan mengapa sepeda motor 2 tak dihentikan produksinya, yaitu karena emisi gas buang yang tidak memenuhi standar, juga karena polusi suara yang ditimbulkan. Sudah saatnya kita lebih aware terhadap Bumi yang semakin menua. Salam njengats, nguooooks!

Sepeda Motor 2 Tak, Antara Hobby dan Pembenci.

Sumber : Di sini, Di sana

profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh perihbanget
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
reserved
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
dulu malah mobil maleo ampir aja pakai orbital engine yg 2 tak 3 silinder. satu contohnya dibawa sendiri oleh ralph sarich ke kantor habibie di bppt en sekarang ada di gudang bppt deket cidodol.
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
keren motor 2 tak
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
suzuki RG-R 150 kagak masuk y?
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
Ini motor cocok banget buat ngasepin anak anak alay kalo pake motor matic bobokan yang suaranya cempreng dan begajulan dijalan. Ane kebetulan pake Rx king thn 96 standard ting ting, paling demen ngeladenin model manusia kaya gitu kwkwkw emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 2 lainnya memberi reputasi
wkwk mantap nih
profile-picture
profile-picture
stygiant dan perihbanget memberi reputasi
Ha Ha..
2 stroke
Motor yang ga ane demen tapi ane suka motornya.. mungkin next time ane bakal ngoleksi juga tapi engga untuk dipake.

Kaya ninja RR itu orinya sexy banget. Tanpa di copot copotin partnya, tanpa di ganti jadi ban jelek yang bikin makin ga proporsional. Ditambah yang bawa stelannya ga make helm, sendal jepit, celana pensil, stang jepit kek stang gerobak baso. emoticon-Najis

King juga ane suka dan vespa paling demen sama PTS sama PX aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
stygiant dan perihbanget memberi reputasi
Quote:

thanks for information gan
Quote:

kerenan ente gan, dimana aja ada.
Quote:

udah diwakili sama satria nya gan emoticon-Big Grin
Quote:

bener banget, sekali betot ngilang udah ninggalin tuh anak alay
Quote:

yoi bre emoticon-Ngakak (S)
Quote:


betul gan, sayang uda mulai langka sekarang..
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
Quote:


Ah bisa aja gan emoticon-Traveller
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pabloo
ente memang tercipta untuk Kaskus sepertinya gan..
emoticon-Matabelo
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
fogging gratis gan wkwkwk
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
2tak itu sebetulnya cakep & powerfull

cuma ada baiknya dijadiin motor weekend aja

kalo ada rejeki lebih, boleh lah ambil yg 4tak buat harian
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
2 tak Yg lain dari 2005-2008 udh g boleh kenapa kawasaki ninja lanjut sampe 2015 ya
profile-picture
profile-picture
stygiant dan perihbanget memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mungkin benci karena asapnya itu



emoticon-Bata (S) ONLY emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
stygiant dan perihbanget memberi reputasi
Balasan post b7604ch
asepnya kgk keliatan kyknya gan, sama karakter suara mesin & knalpot tumbukanya padet, jadi merdu gituh, hehehehe...krr motor 2tak paling enak tuh
profile-picture
profile-picture
stygiant dan perihbanget memberi reputasi
Quote:

cendol dong, fullbar ya emoticon-Ngakak (S)
Quote:

mayan gan, ga ada nyamuk emoticon-Embarrassment
Quote:

nah ini, untuk sekarang memang agak repot kalau dipakai harian..
Quote:

kawasaki ninja sudah memenuhi standar euro 2 gan, begitu kiranya
Quote:

yup, dan juga suara berisiknya
Quote:


NSR juga gan apalagi kalau RC valve nya udah kebuka.. nguuuik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b7604ch dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


Bukan dah penuh tuh emoticon-Traveller
ane masih punya tu SATRIA HIU LSCM 2004 emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di