alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Masih Muda dan Rajin Olahraga, Kok Bisa Kena Serangan Jantung?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d57e18b8d9b176d3314485d/masih-muda-dan-rajin-olahraga-kok-bisa-kena-serangan-jantung

Masih Muda dan Rajin Olahraga, Kok Bisa Kena Serangan Jantung?

Jakarta - Serangan jantung yang biasanya terjadi pada orang tua, kini juga mengancam generasi muda. Ternyata, ada pergeseran dalam pola penyakit jantung koroner.

Serangan jantung pertama kini makin banyak diderita orang dengan usia 30-an. Banyak juga penderita sakit jantung yang sehat-sehat saja dan tidak punya riwayat penyakit apapun dalam keluarganya.

"Banyak juga pasien-pasien saya usia 30 tahun, 32 tahun sudah mengalami toleransi glukosa terganggu. Kalau normalnya kurang dari 100, ini sudah 110-120," kata dokter jantung Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Ratih Febriani di Depok.

Ratih menduga, pergeseran usia penderita jantung koroner dikarenakan pola konsumsi masyarakat yang berubah. Makanan dan minuman manis yang berlebihan bisa menambah risiko seseorang terkena penyakit jantung.

"Dulu enggak tergantung sama gula, sekarang makin hari makin banyak minuman olahan, terutama yang mengandung gula putih. Ini perannya besar sekali," ujar Ratih.

Ratih mengatakan bahwa kondisi yang terasa sehat dan aktivitas olahraga yang cukup tak berarti menyelamatkan orang dari risiko penyakit jantung. Satu-satunya cara memastikan Anda terbebas dari penyakit jantung, yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up (MCU).

"Itu lah pentingnya MCU, bisa mendeteksi faktor risiko," kata Ratih.

Faktor risiko yang dimaksud meliputi kolestrol, gula darah dan tekanan darah. Ketiga faktor ini selalu menjadi biang kerok penyumbatan pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung.

Hal yang sama diungkapkan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Dian Zamroni, Sp.JP(K). Dia menyebut bahwa faktor risiko jantung koroner terbagi menjadi dua. Ada faktor yang tak bisa dielak seperti riwayat keluarga, kebetulan terlahir laki-laki, dan faktor usia

"Laki-laki lebih berisiko, karena perempuan mengalami menstruasi dan menghasilkan hormon estrogen yang bersifat protektif terhadap pembuluh darah," kata Dian.

Faktor kedua, kata Dian, lebih bisa diatur. Faktor yang dimaksud meliputi hipertensi, kebiasaan merokok, kolestrol tinggi, kegemukan, kurang olahraga, dan diabetes melitus.

https://sains.kompas.com/read/2019/0...rangan-jantung

Tahun 2006, sepupu saya meninggal karena serangan jantung, padahal masih muda. Ngerokok iya, tapi pola makan sangat terkontrol, kolesterol rendah, tekanan rendah stabil, gula darah normal. Eh malam abis makan tiba tiba dipanggil Tuhan emoticon-Frown

Tahun 2018, ayah saya meninggal karena serangan jantung juga emoticon-Frown

umur memang misteri, udah jaga pola makan aja bisa meninggal tiba tiba gitu emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaycaem dan 8 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
ajal emang ga ada yang tahu, mod acil aja meninggal karena serangan jantung. Makanya serangan jantung bisa jadi pencabut nyawa terparah dan melebihi kecelakaan dan pembunuhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
untuk mencegah semua itu, ane pake terapi anti aging yg dikombinasikan dgn supplement herbal. ane lakukan terapi nya sendiri tanpa bantuan siapapun. terapi ini berlaku seumur hidup.

alhamdulilah emang ada efek nya, di kala kenalan seumuran ane pada tumbang satu per satu, ane masih diberkahi umur panjang.

ane bisa di hubungi
Spoiler for disini :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
15% penduduk meninggal krn merokok.
85% penduduk meninggal krn tdk merokok emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusawiji dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post l.kripac98
Mod achiel umurnya 38an ya gan? Sepupu saya 34 tahun meninggal, padahal ga ngerokok ga alkohol. Kadang saya bingung apa alasan Tuhan cepat memanggil orang2 yg kita sayangi emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maskman13 dan 6 lainnya memberi reputasi
kesehatan tubuh tiap orang beda2. ngerokok di bilang bs kena penyakit tp ada yg udah 70an ttp merokok ttp idup.

ga merokok. msh 30an udah kena pnyakit macem2. penyakit yg dulu biasanya di alami orang tua

makanan dan minuman instan juga andil bikin orang sakit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 6 lainnya memberi reputasi

Namanya serangan ya tiba2

Tetangga saya juga masih 37an th. Malah kena serangannya pas lagi lari pagi.

Tiba2 jatuh. Ditolong warga dibawa ke RS, meninggal dlm prjalanan.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Saran klo udah umur 30an++

Sesekali cek up rutin tes EKG + tridmill+ echo
Ya 1 tahun 1x / tiap 6 bulan 1x lah

Drisana bisa kelihatan bagaimana kondisi jantung agan , and pencegahan-nya gimana

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh djinggo88
Tahun 2016 saya kena serangan jantung pertama. Padahal saya aktif olahraga. Seminggu enam kali olahraga. Tapi kena serangan jantung. Ternyata ada penyempitan pembuluh darah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mafia.manager
Lihat 2 balasan
koentjinya disiplin dlm mengelola faktor resiko
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan simsol... memberi reputasi
Makanya jaga pola makan, perbanyak minum air bening.
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan simsol... memberi reputasi
Jaga kesehatan Gan...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan simsol... memberi reputasi
bahaya jantung neh
Quote:


Asiyapp gan emoticon-Traveller
Quote:


Wahhh inihhh emoticon-Shakehand2
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Quote:

Tetap semangat gan

Ane kemarin nonton acara hitamputih, bintang tamu nya dokter. Dia pantang makan makanan dan minuman enak. Jangan lupa olahraga.
profile-picture
profile-picture
simsol... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


hidup manusia itu ibarat dedaunan di sebuah pohon,apabila waktunya jatuh,tidak memandang daun di cabang yg mana yg jatuh,bisa di pucuk pohon,bisa pula di cabang paling bawah bre...emoticon-Sorry

Ikut berduka cita yaa bre emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
kundrik dan amikurnia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jaga kesehatan ya GanSis. Dulu waktu kerja pernah kena gejala serangan jantung juga.
profile-picture
profile-picture
simsol... dan scorpiolama memberi reputasi
Masih Muda dan Rajin Olahraga, Kok Bisa Kena Serangan Jantung?

Ada juga cewe masih muda rajin olah raga .. pass dia larii fagi .. ett dahh .. Fantatnya kena serangan , ditepuk - tepuk sama kakek2

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rz.m dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post mafia.manager
Gimana sih rasanya gan? Sesak dada kiri ya?
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post KumanImut
Apa aja pantangan nya gan?
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di