alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
4.86 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5724f6e83c725de9071adf/3-hal-underrated-yang-ada-di-indonesia

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia

Apa itu underrated? Underrated adalah kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sebenarnya bagus tapi tidak diminati atau dikenali khalayak luas. Penyebabnya banyak, tapi umumnya karena salah persepsi dan ketidaktahuan.

Oleh karena itu, ane rasa hal-hal ini perlu dibahas lagi agar bisa lebih dikenali oleh khalayak. Sebab produk-produk yang disajikan berkualitas bagus dan mampu bersaing dengan produk kompetitor sejenis. Berikut ini adalah 3 hal underrated  yang ada di indonesia versi ane:

1. Warteg

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
Sumur gambar: kompas.com

Warung atau warteg (warung tegal) adalah restoran tradisional indonesia yang sederhana dan sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Biasanya warteg ini berasal dan diperuntukan bagi kalangan ekonomi menengah kebawah. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia tidak mengakui bahwa, sebenarnya makanan warteg itu memang enak. Daripada makan di warteg, mereka lebih suka makan di restoran yang lebih mewah demi mengukuhkan status sosialnya. Walau memang restoran mungkin lebih bersih dan nyaman, tapi kebanyakan makanan di restoran rasanya hambar (bagi lidah indonesia).  

Makanan yang tersedia di warteg lengkap dari makanan pokok macam nasi dan mie, serta lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan dan sebagainya. Dari yang rasanya nampol sampai biasa, beraneka sayuran, tempe, tahu, bakwan, perkedel dan banyak lagi. Semua yang bisa dimakan dapat dijumpai di warteg.

Harganya pun sangat terjangkau berkisar dari Rp 10-15 ribu (tergantung daerah) kita sudah bisa menikmati sajian lengkap (nasi, lauk serta sayur) dan minumannya. Tapi kenapa orang indonesia dari kalangan atas tidak makan disini? Lebih karena stereotip bahwa orang yang makan di warteg berarti buruh, mahasiswa atau orang yang ekonominya lemah.

Terkadang bagi ane, makanan tersebut enak karena makanan itu dari warteg. Memang ada restoran yang menyajikan menu seperti di warteg, tapi entah kenapa rasanya lebih enak yang ada di warteg. Pendapat ane ini juga diamini oleh temen ane yang lahir dan besar di luar negeri.


2. Buah-Buahan Indonesia

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
Sumur gambar: grid.id

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, hanya 4,5 persen masyarakat Indonesia yang memenuhi kebutuhan sayur dan buahnya. Padahal buah yang ada di Indonesia jenisnya sangat banyak dengan variasi rasa yang bermacam-macam. Selain menyehatkan, harganya juga terjangkau dan mudah didapat (jenis yang tersedia biasanya tergantung keadaan dan musim).

Apabila sampai musimnya (pohon berbuah dan siap panen), harga buah tertentu bisa jatuh sangat murah. Seperti yang saudara ane alami didaerahnya, Kalimantan tahun lalu. Durian disana saat itu, bahkan sempat hanya dihargai seribu rupiah per biji. Sungguh mabuk durian.

Komuditas buah Indonesia pun beberapa telah menjadi primadona dan diekspor ke berbagai negara. Nanas misal, telah diekspor ke Jepang, Australia, Korea, Amerika, Timur Tengah, Eropa dan lain-lain. Nilai ekspor nanas ini bahkan hampir mencapai Rp 3 triliun.

Selain nanas, Indonesia juga mengekspor berbagai jenis buah lain seperti pisang, durian, salak, manggis, rambutan dan banyak lagi. Kalau dunia aja suka, kenapa kita tidak?


3. Komik Indonesia

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
Sumur gambar: Nusantaranger

“Yaelah komik Indonesia mah jauh, gak bakalan bisa nyaingin komik level Marvel, DC atau manga macam Naruto.” Eits, jangan salah. Komik Indonesia juga banyak yang bagus. Bahkan tak jarang dapat membantu belajar dan mengenalkan kita mengenai suatu topik tertentu, terutama Indonesia.

Ane misalnya, mulai belajar membaca ketika paman ane membawakan beberapa koleksi komik jadulnya, yaitu seri Brama Kumbara karya Niki Kosasih. Karena komik jadul biasanya memakai bahasa baku, sehingga memudahkan ane belajar membaca dan mengenal bahasa Indonesia walau belum sekolah. Dari sini ane juga mengenal dan belajar budaya, mulai tahu apa itu benar dan salah dan sebagainya. Tidak lupa juga dengan petualangan Si Petruk dan kawan-kawan karangan Tatang. Komik yang mengenalkan ane pada hantu-hantu Indonesia.

Komik modern sekarang juga gak kalah keren. Nusantaranger karangan Sweta Kartika misalnya. Komik ini adalah satu yang paling berkesan untuk ane, baik cerita maupun visual. Selain yang telah ane sebutin tadi masih banyak komik Indonesia lain yang gak kalah bagus. Gak hanya di toko buku, sekarang kita juga bisa mengakses komik tersebut di portal komik online, baik lokal maupun internasional. Yap Internasional, seperti Garudayana karya Is Yuniarto yang telah dipublish oleh portal komik Jepang.




Hope you enjoy it

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aapuu dan 21 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
warteg memang mantul gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
setuju soal warteg, udah gitu tiap warteg menurut ane punya makanan andalan yang beda beda, warteg entu enaknya apa, yang satu lagi enaknya dimana. ada spesialisasi menu tersendiri gitu deh ibaratnya, cailah kan bahasa ane emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Waduh ngeri ada warteg gourmet disini
emoticon-Imlek
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
di jember gaada warteg wkwkwk ...
emang apa enaknya bray
Warteg:
Makan dulu, catat di buku rekening, bayar pas gajian..
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan adhiet6 memberi reputasi
Komik indonesia banyak di webtoon tuh
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Warteg adalah tempat makan dengan fasilitas touch screen
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bangliam dan 3 lainnya memberi reputasi
Warteg ya iaya kata orang bre. Canggih. Lu pencet kaca nongol tuh nasi ama lauk. Kaya vending machine bre
profile-picture
profile-picture
gpandita dan kolollolok memberi reputasi
Durian dan sebangsanya masuk kategori underrated ya?
Baru tau gua 😅

Karena gua asli Kalimantan, durian dan elai sangat populer ditempat gua.

Durian 1000 per biji? wtf dimana itu gan?
Di daerah gua durian tembus 20 ribu lebih per buah... 🤣
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan anita.sutanty memberi reputasi
Diubah oleh akuanakgembala9
Tapi kenapa orang indonesia dari kalangan atas tidak makan disini? Lebih karena stereotip bahwa orang yang makan di warteg berarti buruh, mahasiswa atau orang yang ekonominya lemah.

Eh tong..sebelum lu sukses lu makanya dimana tong??

Jengkel saya liat orang model kaya gini..

Temen gue pernah naik ferari yg 1 nya bawa hammer..makan di angkringan tugu di jogja..
Ngapain harus malu?? Tempat kaya gini unik.
Ada seninya kalau makan di tempat kaya gini..

Saya aja kalau nginap di hotel berbintang sering keluar hotel buat makan di wrung makan di luar hotel kenapa???

Saya bosen dengan menu menu yg di sajikan di hotel...modelnya itu itu aj.😀

Oh iya.

Khusus yg Hammer sampai di tegur tukang parkir gara gara habisin lahan parkir sepeda motor.( maklum parkir di pinggir jalan sebelah kanan stasiun tugu😁😁😁😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh oviz.
Quote:


Bener juga wkwk
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan kolollolok memberi reputasi
nice post gan
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
warmindo aka burjo-nan, rm padang, angkringan bijimane gan? emoticon-Big Grin
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Quote:


heh tong itu yang kaw bilang teman bawa ferrari sama hammer coba kaw tanya mereka kenal tidak sama kaw. emoticon-Big Grin
atau jangan2 kaw cuma tukang parkir yang yg bercerita seolah2 mereka itu teman kaw.emoticon-Big Grin
atau kaw ini sedang berkhayalemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Metafin dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo komik indonesia kurangnya itu 1 originalitasnya. .
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Komik Indonesia banyak di webtoon. Di Makassar banyak warteg kok
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan sukiver memberi reputasi
Quote:


Originalitas gimana, Gan?
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
warteg mah sekarang sama aja mahal broh..
nambah seribu atau 2rb dari harga warteg bisa dapet nasi padang yg secara bumbu lebih maknyus..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Quote:


Ya belinya sama petaninya langsung dong gan, jangan ditoko atau pinggir jalan. Katanya cuma pas kemaren sampe harganya sejatuh itu, mungkin panennya sangat banyak. Nama daerahnya teweh mungkin seingat ane
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di