alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Motor Penyumbang Polusi Tertinggi Di Jakarta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d56d6fbc9518b4d410d4e24/motor-penyumbang-polusi-tertinggi-di-jakarta

Motor Penyumbang Polusi Tertinggi Di Jakarta

Motor Penyumbang Polusi Tertinggi Di Jakarta

Jakarta - Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) merilis hasil pengamatan kendaraan bermotor yang melintas di Jakarta dalam beberapa hari ke belakang. Hasil temuan terungkap siapa penyumbang polusi kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta.

Direktur Komite Penghapusan Bensin Bertimbal Ahmad Safrudin atau akrab disapa Puput mengatakan penghitungan berdasarkan aturan Menteri Lingkungan Hidup.

"Dasar perhitungannya Peraturan Menteri no. 12 tahun 2010 tentang perhitungan emisi pencemaran udara untuk pemerintah daerah jadi menteri lingkungan sudah membuat guideline cara menghitung emisi, kita mengikuti acuan itu," jelas Puput saat ditemui di kantornya, Sarinah, Jumat (16/8/2019).

"Kita survei misalnya traffic counting, kita cek beberapa ruas jalan. Flownya tiap hari berapa mobil kemudian kita interview si driver atau rider sepeda motor, per hari rata-rata habis berapa liter, dan itu kita interpolasi kan menjadi data seluruh kota, memang nggak gampang ngumpulin data," ujar Puput.

Puput menyebut populasi kendaraan yang terus membludak turut berpengaruh terhadap kondisi udara Jakarta. Tercatat sekitar 20 juta unit kendaraan lalu lalang di wilayah Jakarta.

"Jumlahnya 20 juta tadi sekitar hampir 15 juta berupa kendaraan roda dua. Sisanya sekitar 5 juta itu roda empat," jelas Puput.

Lantas siapakah yang paling menyumbang angka polusi di Jakarta?

"44,53 persen dari sepeda motor, dari mana kita hitung? Kita kalkulasi jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Problemnya kendaraan bermotor tidak hanya dari DKI Jakarta, jadi dalam konteks ini kami pernah melakukan traffic counting menghitung lalu lintas tidak hanya di Jakarta, tetapi perbatasan, masuknya potensi kendaraan commuter dari Bodetabek ke Jakarta," papar Puput.

Dalam catatan Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) kendaraan yang menghasilkan jumlah polutan tertinggi per hari adalah sepeda motor yakni motor 8.500 ton (44,53 %), disusul bus (21.43 %) 4.106 ton, mobil pribadi 2.712 ton (16,11%). Persentase tersebut mengandung zat-zat seperti PM, HC, CO, NOx, dan SOx.

Sumber: Detik.com
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Motor bodol penyebab nya.
Yang asep nya nggak karuan macem kompor mledug.
wah gtu ya, berati salah pemotor ya
Kalo pabrik ikut nyumbang polusi ga?
emang buanyak motor pak
Quote:


Pajak nya gan emoticon-Traveller
La emang banyakan jumlah motor daripada mobil.
habisnya motor adalah kendaraan bermotor yang sangat terjangkau oleh masyarakat luas
emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
jelasss... emisi gas dr motor dominasi di indo... nice infonya gan... ditunggu thread informatif lainnya...
anis kagak mungkin ngurangin populasi motor di jakarta karena mereka basis pendukung dia.
Lihat 4 balasan
Balasan post kingoftki
Quote:


Nah itu dia masalahnya ampe botak jg polusi bukannye berkurang malah bertambah seiring kebijakan ganjil genap diperluas dan motor gak termasuk kena kebijakan itu..
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
Emang sih jumlah motor jauh banget dari mobil. Apalagi motor 2 tak ya gan yg asep nya bikin batuk batuk emoticon-Ngakak
Balasan post kingoftki
@hendriyahya pemakai motor itu di jakarta ibarat PKL atau pemukim pinggir kali . kagak pernah salah en diperlukan ditiap pilgub. masyarakat miskin itu aset yg harus dipertahankan.
Balasan post kingoftki
Quote:


@kingoftki
Sebenernya pemotor bukan semuanya wong pas2an loh bang..banyak yg pakai motor bagus2 dan mahal2 spt Nmax PCX dll di jalanan..mereka beralih nek motor agar terhindar dr ganjil genap..anehnya gabener bikin kebijakan yg ada celahnya gini apakah ada kerjasama antara pabrikan motor.dan pabrikan mobil spy org beli motor baru dan mobil baru lagi demi terhindar dr kebijakan gangen? Soal polusi bisa tambah parah deh?!
Balasan post hendriyahya
@hendriyahya yg gue omongin yg naik motor krn nasib, bkn yg krn pilihan dlm idup
masih banyak bis yang gak ramah lingkungan juga



emoticon-Bata (S) ONLY emoticon-Bata (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
kapan ya indonesia bisa ky belanda. penduduknya semua pake sepeda, sampe trotoar pun dijadiin tempat parkir buat sepeda, saking banyaknya, sepanjang jalan pemandangannya sepeda semua. dan yg paling gua suka dari belanda neh, ganja disana legal, walaupun ada aturannya sih emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
regulasi pemerintah jg hrs dikaji ulang dong jgn ngegampangin orang buat punya motor dgn cicilan dan pajak yg relatif rendah dibanding negara lain, dibarengi dgn perbaikan transportasi umum
naik andong aja gan emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di