alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mobil Kuno ini Pernah Menemani Soekarno Semasa Hidup
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5680d35cf6c42d2374ec41/mobil-kuno-ini-pernah-menemani-soekarno-semasa-hidup

Mobil Kuno ini Pernah Menemani Soekarno Semasa Hidup


Agan dan Sista, kali ini Ane ngebahas sedikit hal menarik dari presiden pertama kita Soekarno. Berhubung Ane sering ngebahas seputar otomotif, jadi Ane mau sharing tentang beberapa tunggangan yang pernah dipake Soekarno semasa hidup.
Berikut ini deretan beberapa mobil yang pernah digunakan Soekarno:

Chrysler Imperial
Mobil Kuno ini Pernah Menemani Soekarno Semasa Hidup
Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 5.300cc dengan transmisi manual 3 percepatan. Chrysler imperial diproduksi dalam kurun waktu 2 tahun dari tahun 1937 – 1939. Pada jamannya mobil ini tergolong jenis limausin karena banyak digunakan untuk keperluan keluarga, terutama orang elite atau pejabat negara.

Chrysler Windsor
Mobil Kuno ini Pernah Menemani Soekarno Semasa Hidup
Ini masih saudaraan ama mobil yang diatas GanSis. Mobil ini diproduksi pada tahun 1939 hingga 1961. Satu hal yang spesial dari Chrysler Windsor adalah mobil ini pernah ikut mendampingi Soekarno saat menghadiri Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955.

Buick 8
Mobil Kuno ini Pernah Menemani Soekarno Semasa Hidup
Tungggangan Soekarno yang satu ini merupakan keluaran produsen otomotif asal Amerika Serikat. Mobil ini diproduksi pada tahun 1938 dan merupakan limited edition. Buick 8 hanya diproduksi sebanyak 1.400 – an unit diseluruh dunia. Satu hal yang menarik dari mobil ini adalah mobil ini diperoleh dari hasil rampasan penjajah Jepang. Untuk spesifikasinya, Buick 8 menggendong mesin berkapasitas 5.247cc. Dengan kapasitas segitu, gak heran kalau mobil ini bisa dipacu dengan kecepatan tinggi.

Cadillac 48
Mobil Kuno ini Pernah Menemani Soekarno Semasa Hidup
Sama halnya dengan Chrysler Imperial, Cadillac 48 ini juga memiliki masa produksi yang pendek, yakni dari tahun 1948 – 1949. Mobil ini juga sering disebut Cadillac Sixty Special, karena menggunakan platform produksi time Seri 60. Cadillac 48 mempunyai dua varian mesin, 5.700cc dan 5.400cc. Transmisinya juga ada yang manual dan otomatis.

Ford Thunderbird
Mobil Kuno ini Pernah Menemani Soekarno Semasa Hidup
Kalau yang satu ini merupakan mobil pemberian Soekarno untuk istrinya yang berasal dari Jepang, Dewi Soekarno. Mobil yang berasal dari pabrikan Amerika Serikat ini diproduksi dari tahun 1964 hingga 1966. Hadir dengan mesin V8, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 340 – an horsepower.
source

profile-picture
japarina memberi reputasi
Diubah oleh KarjoKare
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
wah klasik dan unik
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
mobil jaman film batman jadul
dulu buick8 en desoto (mobil dinas bung hatta) sejak kelar restorasi total (10 januari 1974) dirawat oleh grand trophy motor palmerah ampe bengkel itu tutup tahun 1985 (10 tahun sesudah diserahkan ke brigjen sarbini (20 agustus 1975) yg waktu itu ketua legiun veteran di graha purna yudha (sebelom dinamakan balai sarbini). oleh brigjen sarbini, hatta mendapatkan gantinya berupa 1 mercedes benz 280s (kode produksi w108) bekas inventaris setneg dgn nomor polisi b-17845 (5 digit) yg dipakai sampai hatta wafat (1980) en terus dipakai rahmi hatta sampai rahmi menerima rumah di patra kuningan dari presiden / pemerintah ri pada 1 agustus 1980 (mobil dikembalikan ke setneg).
profile-picture
fintail memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Mobilnya unik...
Balasan post kingoftki
Quote:


mantap iinfonya juragan

btw dockyard chevrolet di priok, skrg jadi apa yah gan?

profile-picture
kingoftki memberi reputasi
cc mobil nya lumayan besar ya
Balasan post fintail
@fintail kalau yg dimaksud entry port dari jaman 1927 ampe tutup 1954 , sekarang univ bunda mulia. tapi kalau yg dimaksud fasilitas produksi coba liat gedung tua di deket resto sunda kelapa skrg jadi apa. dulukan pt gaya motor (daihatsu) sblm pindah sunter trus jadi indohero (suzuki, atang latief) sblm jadi suzuki indomobil (salim) en abis itu jadi indoswedish (salim) akhirnya kosong.
profile-picture
fintail memberi reputasi
Balasan post kingoftki
Quote:


thx infonya juragan

Spoiler for foto entryport:


Spoiler for production facilities:
guanteng guanteng pol ya mobilnyaaa ane paling pernah liat yang mirip mirio di museum angkut wkwkw
bagusss yesss... dan sejarahnya jg mantull.. nice infonya gan... ditunggu thread informatif lainnya...
Balasan post kingoftki
@fintail markas GM di indonesia (merdeka selatan) pada 1953 dijual ke pemerintah amerika serikat seharga $ 75 ribu en di tahun yg sama berkat antonin raymond & radislav rado dibuatlah gedung kedutaan yg belom lama di rontokin (dibangun baru). gedung bekas tempat sjahrir dulu (kagak jauh dr gedung kedutaan yg dibangun) tempat tinggal pimpinan GM di batavia / jakarta.
profile-picture
fintail memberi reputasi
Wah ane baru tau loh kalo Pak Soekarno punya ford thunderbird juga? asli keren dah, apalagi warnanya merah merona. Kerennn banget emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Balasan post kingoftki
Quote:


thx infonya juragan

Diubah oleh fintail
bener-bener classic banget mobilnya, jadi keinget the godfather pas liat mobil antik macem gini
waaahh informatif gan threadnya! Mantapp cus ditunggu post thread lainnya yaaa


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di