alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mitos atau Fakta, Ngisi Bensin Malam Hari Dapat Lebih Banyak?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d567e3a48c38d124f297261/mitos-atau-fakta-ngisi-bensin-malam-hari-dapat-lebih-banyak

Mitos atau Fakta, Ngisi Bensin Malam Hari Dapat Lebih Banyak?

Agan dan Sista pernah dengar kalau kita ngisi bensin pas malam hari, itu bensin yang didapat katanya lebih banyak dibandingkan ngisi bensin pas siang hari? kalau Ane sih pernah dengar GanSis, tapi gak pernah ngeh juga itu bensinnya lebih banyak atau emang sesuai takaran.
Mitos atau Fakta, Ngisi Bensin Malam Hari Dapat Lebih Banyak?
Omongan ini muncul bukan karena adanya kecurangan dari pihak SPBU GanSis, tapi banyak yang bilang kalau ngisi bensin siang hari, itu bensinnya banyak yang nguap GanSis. Apalagi kalau tangki bensinnya terbuat dari logam. Sementara pas malamnya penguapannya gak terlalu banyak.
Nah, Ane punya jawaban dari omongan ini GanSis. Sebenarnya secara prinsip, setiap cairan itu punya titik beku dan titik didih. Jadi cairan seperti air dan bensin, pada suhu tertentu dia akan membeku atau menguap.
Ini juga berlaku pada saat pengisian bensin. Jika lingkungan disekitar turun, maka temperatur dari bensin itu juga akan mengalami penurunan, pun sebaliknya. Satu liter bensin pada suhu dingin dan satu liter bensin pada suhu pana, jika ditimbang maka beratnya akan berbeda. Nah, pada kondisi ini bensin pada suhu dingin akan lebih berat ketimbang bensin pada suhu panas GanSis.
Muncul pertanyaan, kira – kira perbedaannya jauh gak yah? untuk perbedaannya sendiri tergantung dari selisih suhu di kedua kondisi itu GanSis. Untuk Jakarta sendiri, suhu pada siang hari bisa mencapai 32 derajat celcius, sementara pada malam hari, suhunya 30 derajat celcius. Dengan perbedaan suhu dua derajat celsius ini, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada perubahan bahan bakar.
Kira – kira seperti itulah jawabannya GanSis, jadi kalau menurut Ane pernyataan yang diawal Ane bilang itu ada benarnya GanSis (secara teori), tapi pada kenyataannya untuk wilayah Jakarta, takaran bensin pada siang dan malam itu gak terlalu berbeda volumenya.
source
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eShopSulis dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
fakat lah
gak merhatiin kalau ngisi
Quote:


Yang boneng gan emoticon-Traveller
ya ane sering dengar dulu itu emng bener an yak?
Mungkin ada hubungannya dengan pemuaian partikel gan
fakta,karna kalau ngisi di siang hari bensinya cepat menguap karna panas matahari
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
OGUT SETUJU AMA AGAN INI PADA DASARNYA SEMUA MESIN POMPA BAHAN BAKAR ITU PAKAI TEKNOLOGI VOLUMETRIC BUKAN GRAVIMETRIC(MENDAPATKAN VOLUME PAKAI BERAT JENIS) GUA SEDIKIT BANYAK TAU HAL INI KARENA PERNAH MAIN MESIN MODEL BEGINIAN DI PERUSAHAAN LAMA GUA. JADI KALAU VOLUMETRIC YANG KADANG BIKIN KACAU TAKARAN ITU BUKAN KARENA MUAI ATAU MENYUSUTNYA SUATU LIQUID KARENA ADA PENGARUH TEMPERATUR TAPI LEBIH KE DINAMIKA FLUIDA ITU SENDIRI.....CONTOH KALAU PAS DISEDOT ITU CAIRAN MEMBUAT BUIH MACAM CAIRAN SABUN (sls) MAKA HASIL TAKARAN VOLUME BISA KACAU KARENA BUIH ATAU BUSA DIHITUNG VOLUME.....JADI KALAU MACAM BENSIN GUA KIRA SEDIKIT BUIH DIHASILKAN SAAT DI SEDOT JADI SEHARUSNYA ASALKAN TAKARAN TIDAK DIKURANGI MAKA VOLUME YANG DIHASILKAN KONSTANT......MEMANG JIKA SUHU KELEWAT PANAS AKAN PENGARUH DI DINAMIKA FLUIDA ITU SENDIRI SEPERTI KEKENTALANYA BERUBAH.....JADI BUKAN KARENA BERAT JENIS YANG BERUBAH TAPI LEBIH KE SIFAT DINAMIKA FLUIDA ITU SENDIRI YANG BERUBAH...........PLEASE READ DYNAMIC FLUID FIRST....emoticon-Cool
profile-picture
karambia4869 memberi reputasi
selisihnya gak bnyk klo beda cuma 2derajat aj seh
bisa brbeda mungkin yg ngisi lagi ngantuk emoticon-Ngakak
Paling selisihnya cuma beberapa tetes, jadi nggak ngaruh kalau ingin ngirit.
Contoh ngirit paling terasa itu (yg selama ini saya lakukan)beli bensin di SPBU shell bayarnya pake OVO. Lumayan dapat cashback 10%.
Kalau di SPBU pertamina juga ada cashback dgn pembayaran via LinkAja, cuma nggak tahu detail promonya
kalo daerah yg siang panas malem dingin berarti lumayan ya? apalagi kalo ngisi bertangki tangki buat pertamini emoticon-Leh Uga
berarti bener tapi perbedaannya ga seberapa ya. kalo bedanya jauh yaaa pada ngisi malem ntar wkwkw
yaelah beda setetes doank ,ikhlasin aje sih
Fakta gan. karena bensin lebih cepat menguap pada siang hari dibanding malam hari gan. CMIIW emoticon-Toast
menarik untuk dilakukan percobaan
kagak nguap terlalu banyak kalau malam, beda sama siang


emoticon-Bata (S) ONLY emoticon-Bata (S)
contoh simpelnya coba liat bensin di botol pas siang hari pst nguap
Blg aja mlm lbh bnyk, biar pada isi mlm
Jadi gue ngisi siang kgak ngantri emoticon-Ngakak (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di