alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Begini Jokowi Dikritik dalam Kasus Pemerkosaan Rizky Amelia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5438d209b5ca262f4cadef/begini-jokowi-dikritik-dalam-kasus-pemerkosaan-rizky-amelia

Begini Jokowi Dikritik dalam Kasus Pemerkosaan Rizky Amelia

Begini Jokowi Dikritik dalam Kasus Pemerkosaan Rizky Amelia

TEMPO.CO, Jakarta - Pengacara eks tenaga kontrak BPJS Ketenagakerjaan Rizky Amelia, Haris Azhar, mengkritik Istana Kepresidenan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Komnas Perempuan dalam kasus pelecehan dan pemerkosaan yang dialami oleh kliennya.

Menurut dia, lembaga-lembaga itu tidak memberi perhatian khusus dalam mengawal kasus yang diduga dilakukan oleh mantan anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Syafri Adnan Baharuddin, kini calon anggota BPK tersebut. Menurut Haris, lembaga-lembaga itu seharusnya bisa mengawal kasus hingga ke kepolisian untuk melihat proses pidana berjalan dengan baik atau tidak.

"Saya tidak mengerti tiga lembaga ini kemana saja dan ngapain saja?," ujar Haris saat dihubungi Tempo pada Senin, 12 Agustus 2019.

Terhadap Istana, Haris menekankan pentingnya peran lembaga ini untuk menginformasikan bahwa terduga pelaku merupakan pejabat negara. Namun faktanya, Jokowi malah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2019 yang memuat pemberhentian dengan hormat Syafri.

Menurut dia, keputusan itu justru merugikan Rizky Amelia dalam pengungkapan kasus yang telah terbukti dalam pemeriksaan internal. "Amel perlu membuktikan kepada publik bahwa dia telah diperkosa dan dilecehkan," kata Haris.


Begini Jokowi Dikritik dalam Kasus Pemerkosaan Rizky Amelia

Kantor Hukum dan HAM Lokataru pimpinan Haris telah mengajukan gugatan terhadap Kepres Jokowi itu ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta agar dapat dibatalkan. Sidang 13 Agustus 2019 dijadwalkan melakukan pemeriksaan saksi.

Terhadap Komnas Perempuan, Haris mengatakan hingga saat ini langkah yang dilakukan hanya membuat catatan sementara. Amelia mendatangi Komnas setelah melaporkan Syafri ke Bareskrim Polri dan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) pada Januari lalu. "Abis itu gak ada laporan lagi," kata Haris.

Sementara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dinilai klise. Menurut Haris, tindakan Kementerian dalam kasus ini berbanding terbalik dengan kampanye membela perempuan dan memerangi pelecehan seksual yang sudah digaungkan. "Begitu ada kasus tidak jalan semua," kata dia.


Kabar terbaru dalam kasus ini, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tidak menerima gugatan perdata yang diajukan oleh korban. Informasi itu diterima pengacara Rizky Amelia dalam gugatan ini yakni Heribertus S. Hartojo dari pengadilan pada 3 Juli lalu.
"Bukan di tolak ya, tapi tidak diterima karena bukan perkara perdata, tapi perkara Ketenagakerjaan, menurut majelis hakim," ujar Heribertus melalui pesan singkat kepada Tempo, Senin, 12 Agustus 2019.

Heribertus mengaku tidak sependapat dengan alasan majelis hakim. Menurut dia, gugatan itu tidak ditujukan kepada BPJS Ketenagakerjaan melainkan terhadap individu-individu di dalam instansi tersebut.

"Kemudian saya juga dalam gugatan tidak menuntut gaji, pesangon atau lainnya yang berhubungan dengan Ketenagerjaan," kata dia.
Rizky Amelia dan Heribertus mendaftarkan gugatan itu pada 31 Januari 2019. Pihak tergugat dalam kasus ini adalah eks anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Syafri Adnan Baharuddin; Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Guntur Witjaksono dan anggota lainnya di lembaga itu, M. Aditya Warman.


Begini Jokowi Dikritik dalam Kasus Pemerkosaan Rizky Amelia

Rizky Amelia mengajukan gugatan ganti rugi immaterial sebesar Rp 1 triliun dan material sebesar Rp 3,7 juta. Angka itu dinilai sepadan dengan beban moral dan stigma buruk yang melekat pada perempuan berusia 27 tahun itu. Selain mengajukan gugatan perdata, Amelia juga telah melaporkan Syafri ke Bareskrim Polri.

Rizky Amelia mengungkapkan kasus pelecehan dan pemerkosaan itu kepada publik pada 28 Desember 2018. Meminta identitasnya diungkap lengkap demi melawan stigma buruk dan bentuk perlawanan dari korban, dia mengaku dilecehkan secara seksual oleh Syafri selama menjadi sekretaris pribadi dalam kurun 2016 hingga 2018. Sepanjang periode itu, Amelia mengaku mencari perlindungan tapi tidak didapat dari lingkungan tempatnya bekerja sebagai tenaga kontrak itu.

Syafri sendiri telah menampik tudingan itu dengan menyebut 'terjebak' dalam hubungan khusus setelah sebelumnya mengaku banyak membantu sekretarisnya itu dalam berkarir di BPJS. Dihubungi kembali Selasa 13 Agustus 2019, Syafri menolak berkomentar banyak. Dia hanya menyatakan menyerahkan masalah meja hijau kepada pengacaranya. "Untuk saya hanya lose-lose solution. Masalah ini beres pun, tidak akan membangun kembali 'rumah' saya yang sudah runtuh," kata dia.

sumur
profile-picture
Osenk2Bantal memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Semua salah Jokowi
profile-picture
pancilobak memberi reputasi
Mestinya gugatannya pidana .. bukan perdata ..
Tanya warung kopi Joni ajee .. emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 3 lainnya memberi reputasi
gila minta ganti 1triliunemoticon-Matabelo
Lihat 1 balasan
Tahu aja nih Bapak mantan anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan cewe bening.
tadinya gw mau bilang "memperkosa itu dosa"

tapi ngeri ada yg nyeletuk "udah kayak tuhan aja... berani beraninya memvonis ini dosa itu dosa"
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tetep ya.. ujung-ujungnya nyalahin Jokowi.
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan tukangbeling7 memberi reputasi
Gila gugatan 1T
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
Kalo sudah nyalahin pakdhe Kowi... Kamu tahulah, apa solusi yang mereka maksud... emoticon-Mad
Yang diperkosa siapa

Yang disalahin siapa

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
dikit dikit nyalahin Jokowi..emoticon-fuck
Syafri sendiri telah menampik tudingan itu dengan menyebut 'terjebak' dalam hubungan khusus setelah sebelumnya mengaku banyak membantu sekretarisnya itu dalam berkarir di BPJS. ..tuhh BACA. Sdh byk membantu dlm berkarir di BPJS. Jd si sya ini "minta imbal balik" nya. Krn ude mulusin berkaeir. Jd doi minta yg mulus..mulusss..... ??? Begitu tampikannya?? ... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
darck91 dan tukangbeling7 memberi reputasi
hukum di indonesia korup barang siapa yg punya banyak uang dan status sosialnya powerful dia yg menang percuma lapor polisi akibat diperkosa gak akan digubris kecuali si korban orang berpengaruh emoticon-Ngakak
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
m3m3x nya mahal benaremoticon-Angkat Beer
profile-picture
darck91 memberi reputasi
maksudnya bukan nyalahin tanggung jawab pd si yg diperkosa, tapi keseriusan lembaga2 yg dibawahai pemerintah selama ini kyk gak berpungsi, dan emang bener selama ini kasus permerkosaan makin marak dan tindakan pemerintah jalan di tempat.

Heran klo joko gak mau di minta tanggung jawab jgn jadi presiden suruh aja diem dirumah .
profile-picture
profile-picture
hercule2008 dan tukangbeling7 memberi reputasi
Balasan post tukangkredit
Quote:


diperkosa apaan? emoticon-Leh Uga intinya ada deal yg tdk direalisasikan atau tdk sesuai perjanjian awal emoticon-Leh Uga
laporannya aja Perdata, coba berani ngga dia lapor pidana? emoticon-Wkwkwk

profile-picture
darck91 memberi reputasi
lu boleh nagih janji wiwik yang soalan hukuman kebiri kok, emang kagak ada tuh ampe sekarang. dah kelamaan nih wiwik, jawir banget.
profile-picture
LaSeixas memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Balasan post Abc..Z
Quote:


Diperkosa?




khilaf ah solusinya emoticon-Leh Uga

Biasanya ane simpati sama korban perkosaan, tapi baca kalimat ini jadinya.....

Quote:


Kalau wanita beneran jaga kehormatan, begitu selesai diperkosa saat itu juga lapor polisi dan minta visum. Sehingga ada bukti apalagi kalau air maninya dites DNA, udah nggak bisa ngelak lagi.

Tapi kalau cuma didiamkan dengan alasan takut karirnya, ya..... mau gimana lagi. Membuktikannya jadi sulit dan si bajingan bisa ngeles kalau dilakukan suka sama suka.
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post tukangbeling7
Quote:


Yang ada malah makin banyak perkosaan, kan harus pakai saksi 4 orang pria dewasa... emoticon-Malu
Balasan post vegasigitp
Quote:


Jadi begini anak khontol, Hukuman Kebiri itu utk pelaku fedofil, kedua...masih byk yg menolak hukuman kebiri seperti IDI yg menolak jd eksekutor bahkan bbrp kampus & MUI daerah pun seperti MUI Lebak menolak... salah Jokowi? emoticon-Leh Uga
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di