alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
140 Perusahaan Hengkang dari Jabar, Ridwan Kamil: Gara-gara Upah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d54378a2f568d67bd3e381b/140-perusahaan-hengkang-dari-jabar-ridwan-kamil-gara-gara-upah

140 Perusahaan Hengkang dari Jabar, Ridwan Kamil: Gara-gara Upah

140 Perusahaan Hengkang dari Jabar, Ridwan Kamil: Gara-gara Upah

TEMPO.CO, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, lebih dari 140 perusahaan di Jawa Barat tutup, atau pindah dari wilayahnya gara-gara upah.

“Ada 100-an lebih pabrik yang tutup di Jawa Barat, ada yang pindah juga. Totalnya ada 140-an, antara yang tutup dan pindah. Pindah terbagi ada yang pindah ke provinsi lain, ada yang keluar negeri. Hampir semua, alasan penutupan itu berkaitan dengan upah yang tinggi,” kata dia selepas bertemu dengan perwakilan ILO, di Bandung, Senin 29 Juli 2019.

Ridwan Kamil mengatakan, upah di Jawa Barat bervariasi karena sistem upah Indonesia yang terdesentralisasi pada kepala daerah. Soal sistem upah inilah yang disoroti perwakilan ILO.
“Ini yang jadi sorotan mereka, subjektivitas pengupahan ini gap-nya terlalu jauh. Contoh Pangandaran Rp 1,6 juta, kalua tidak salah dengan Karawang Rp 4,2 juta, bisa sampai Rp 2,5 juta bedanya,” kata Ridwan.

Menurut Ridwan Kamil, ILO akan membantu menyiapkan usulan pada pemerintah pusat mengenai sistem pengupahan yang relatif lebih baik. “Hasil ILO ini akan memberikan usulan sistem pengupahan yang lebih baik menurut standar rasa keadilan, sehingga bisa menjaga kualitas ekonomi Jawa Barat jangan sampai terkorbankan. Buruh ikut sejahtera, tapi investasi tidak ada yang pergi dari Jawa Barat,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, ILO menawarkan usulan agar Indonesia mengelompokkan jenis industri berdasarkan provinsi, lalu daerah masing-masing menawarkan penghitungan sistem kebutuhan layak yang wajar di tiap daerah. “Misalkan Jabar fokus ke manufaktur, Jateng khusus yang tekstil atau apa, itu harus pusat (yang memutuskan). Sehingga nanti industri tidak terlalu beragam. Perbedaan keragaman industri yang mengakibatkan upahnya itu jomplangnya gak pernah selesai,” kata dia.

Ketua Apindo Jawa Barat Dedy Widjaja membenarkan kesenjangan upah yang dinilainya cukup besar di Jawa Barat. “Upah di Jawa Barat itu ada yang sangat tinggi, diantaranya tertinggi di Indonesia yaitu di Karawang. Ada juga upah yang daerah lain seperti Majalengka dan Pangandaran di bawah Rp 2 juta. Tapi masih banyak perusahaan yang keluar dari Jawa Barat, dia pindah keluar negeri, ada yang ke Jateng dan sebagainya,” kata dia, Senin, 29 Juli 2019.

Dedy mengatakan, sistem upah saat ini membuat kinerja usaha tidak efisien. Dia mencontohkan, protes upah setiap tahun lewat unjuk rasa justru sering terjadi di daerah dengan nilai upah yang sudah tinggi seperti di Karawang dan Bekasi. “Daerah dengan upah yang rendah malah hampir tidak pernah unjuk rasa. Mereka mensyukuri ada industri yang datang ke sana,” kata dia.

Rapat bersama ILO tersebut , tutur Dedy, membahas soal pengelompokan jenis industri berdasarkan besaran upahnya di daerah. “Di daerah yang sudah tinggi khususnya untuk padat modal, padat karya disentralkan di tempat-tempat seperti di Majalengka, Pangandaran, Ciamis, Garut, dan sebagainya. Dengan yang namanya zona ini pasti tidak akan terjadi gejolak-gejolak seperti hari ini,” kata dia.

Sesuai dengan pernyataan Ridwan Kamil, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat mencatat dalam 3 tahun terakhir terdapat 21 pabrik pindah dari Jawa Barat, dan 143 pabrik tutup. Dari total 164 pabrik, 48 persen merupakan perusahaan garmen, 21 persen pabrik tekstil, dan sisanya manufaktur lain.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azidqi dan 4 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
said iqbal tiap mayday minta naik gaji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini nih akibatnya buruh2 ngehek yang sering koar2 demo pas mayday.

Baru tahu kan lu di phk. Goblog dipiara sih emoticon-DP


Bata only aje ye
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azidqi dan 5 lainnya memberi reputasi
Kata orang kbnyakan sih ya (bukan kata ane), orang sunda (walau g semua) kadang klo dikasi kerjaan suka pilih2 dan bnyak mnta ini itu, smntara itu g berbanding lurus ama produktivitasnya..
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan dupa.fair memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Balasan post ustad.syam
140 Perusahaan Hengkang dari Jabar, Ridwan Kamil: Gara-gara Upah
ngga pa apa..
yang penting gubernur seimin
ngga akan kena bully

maju propinsinya
bahagia warganya
Lihat 1 balasan
Balasan post a.dirnt
Quote:


aing lulusan UI emoticon-Ngakak (S)


profile-picture
qavir memberi reputasi
Quote:


Ane bawa yg lengkapnya gan..

140 Perusahaan Hengkang dari Jabar, Ridwan Kamil: Gara-gara Upah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrimardi dan 3 lainnya memberi reputasi
Kualitas rendah minta gaji besar
Kerjaan sejam kelar bs di buat seharian
Kerjaan seorang bs kelar mesti di kerjain 3 org
Paling rajin liatin jam (jam istirahat, jam sholat & jam pulang)
Tiap taon nuntut naik gaji tp kualitas ga ikut naik


Udah paling bener tuh pelaku usaha tutup dan pindah drpd kasi lapangan kerja utk manusia2 pemalas bin brengsek

Smoga makin byk phk
Yg bs digantikan teknologi, di gantikan saja
Kurangi pemakaian manusia dlm bekerja

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
momo3003 dan 5 lainnya memberi reputasi
140 Perusahaan Hengkang dari Jabar, Ridwan Kamil: Gara-gara Upah

Quote:


Tidur sono! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
KumanImut memberi reputasi
Quote:


Buruh ngebunuh buruh
profile-picture
red.putation memberi reputasi
Quote:


Intinya gak sebanding dengan etos kerjanya. emoticon-Ngakak
Upah tinggi, output lebih tinggi sih oke oke aja.
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
Ngenthodlah, wajar pemilik pabrik pindah keluar negeri atau minimal provinsi lain, apa yang bisa diharapkan dari orang mabuk agama ? Dunia gak dapat akhirat juga belum tentu langsung masuk surga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Oekoekosas dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Benar2 sumber daya manusia yang bobrok ya akhi emoticon-Matabelo
dulu awalnya gmn sih kok umk bisa naek drastis
Balasan post a.dirnt
Quote:


wa di garut & bantu usaha ortu. dan di sini orang kyk gitu banyak, apalagi kl uda umur 20++ ato uda berkeluarga. olo-olo (belagu) kl sebutan di sini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
wenz_ad dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post tukangkredit
Alhamdulilah ya akhi, itu pabrik pabrik kafir pada pindah.
Balasan post carousi
Quote:


garut tasik ciamis majalengka cimahi itu rajin rajin gan

yang bandungnya sendiri, lembang, justru olo olo

apalagi tukang ojek/preman di daerahnya

emoticon-Najis

kemarin gw dicaci maki tukang ojek di daerah lembang

cuma numpang parkir di indomaret

indomaretnya bukan punya mereka malah mereka yang ganas

bisanya main kelompok, ngariung

karena gw ga mau masalah di tanah orang

udahlah terima aja

b4ngs4t emang orang begitu

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
youdoyouknow dan 3 lainnya memberi reputasi
semakin tolol daerahnya makin menang PKS/Gerindra..:emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entecavir dan 2 lainnya memberi reputasi
yg paling sering demo adalah diwilayah yg upahnya gede2. wkkwkwkw. demo make motor kreditan, hape kreditan, baju kreditan, semua kreditan, gimana ga pusing
bubarin serikat
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di