alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Mahasiswa UM Lolos PIMNAS 2019 Ciptakan LALA AND LILO
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5433789a972e07c03e2bbf/mahasiswa-um-lolos-pimnas-2019-ciptakan-lala-and-lilo

Mahasiswa UM Lolos PIMNAS 2019 Ciptakan LALA AND LILO

LALA AND LILO dari Universitas Negeri Malang (UM) berhasil lolos untuk maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke- 32 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti)  yang digelar di Universitas Udayana pada 27-31 Agustus mendatang.

Malang- Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang meciptanakan media pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia prasekolah yang diberi nama LALA AND LILO.

Indra Nurdien Hakim, Anggota Tim LALA AND LILO Project ini mengungkapkan, terciptanya produk ini berawal dari permasalahan yang didapatkan dari studi lapangan pada salah satu TK di Jawa Timur, yaitu Malang. Sepulang dari sana, Indra dan kawan-kawan berupaya membuat LALA AND LILO.

"Kami ingin membuat produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat," kata mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro itu.

LALA AND LILO menjadi media pembelajaran berbahasa inggris berbunyi untuk anak prasekolah. Akan tetapi, itu tidak menutup kemungkinan untuk berkembang menjadi media pembelajaran di sektor tingkatan lainnya. Project ini telah mulai dikerjakan sejak tahun 2018.

Sebelumnya telah ada produk serupa, akan tetapi tidak berfokus kepada anak usia prasekolha.

"Berdasarkan sumber data yang saya temukan, buku itu menggunakan tombol yang diletakkan pada buku. Selain itu, penggunaan tombol yang diletakkan pada buku tidak efisien untuk anak usia prasekolah," sambung anggota tim PKM Kewirausahan ini.

Kelemahan-kelemahan itulah yang dijadikan mahasiswa BImbingan Ibu Hasti Ramhaningtyas, S.Pd., M.A. ini dimanfaatkan sebagai kelebihan dan akan diperkenalkan ke TK seluruh Indonesia. Menggunakan aplikasi android sebagai pengeluaran suara, ia menilai media pembelajaran tersebut memilki tingkat keamanan yang lebih baik terhadap anak usia prasekolah.

Selain itu, dalam aplikasi android juag terdapat 10 tombol yang berisi suara tiap halaman guna memudahkan penggunaan bagi anak prasekolah.

Produk buku Cerita LALA AND LILO ini telah dipromosikan melalui media sosial yaitu @lalalilo_project dan juga website https://lalalilopublishing.wixsite.com/childbook. Buku cerita LALA AND LILO ini juga telah memiliki beberapa prestasi mulai nasional hingga internasional, seperti lolos seleksi nasional oleh Indonesdian Invention Innovation promotion Association (INNOPA) sehingga menjadi perwakilan Indonesia pada kompetisi 4th Istanbul internasional Inventions Fair - ISIF 2019.

Hingga saat ini, Buku LALA AND LILO karya mahasiswa Univeristas Negeri Malang ini telah berhasil dijual hingga lebih dari 200 eksemplar dalam kurun waktu yang cukuo singkat.

Pada pertengahan bulan Agustus nanti, seri kedua dari buku LALA AND LILO ini juga akan segera terbit, dan disusul dengan 14 varian tema lainnya yang akan terbit menyusul pula. Adapun harga yang dipatok perbukunya yakni senilai Rp 80.000.

Harapan kedepannya, Tim ini dapat terus menciptakan variasi-variasi ceriita, dan tetap meproduksi secara massal. Sehingga, bisa terus mendukung proses belajar anak di bidang bahasa.

Untuk itu, Tim LALA AND LILO UM terus melakukan persiapan mulai dari presentasi hingga poster, agar dapat tampil optimal di hadapan dewan juri serta kawan lawan mereka. "Lolosnya ke PIMNAS adalah suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka kami akan berjuang dengan maksimal demi harumnya almamater UM tercinta," jelas Anggota TIM Kewirausahaan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:



Quote:

sukses selalu agan TS emoticon-2 Jempol
Barangkali bisa ditambah beberapa gambar penampakan dari bukunya emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di