alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Lulusan IT Mau Jadi Apa ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d542abf88b3cb33a816960f/lulusan-it-mau-jadi-apa

Lulusan IT Mau Jadi Apa ?

Mungkin masih banyak yang bertanya, mahasiswa jurusan IT (Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknologi Informasi atau apapun namanya ) nanti kalau uda lulus mau kemana sih ? yap, nasib orang kedepan gak ada yang tau kecuali Sang Maha Pencipta. hehe 

Faktanya, mayoritas lulusan IT bahkan setelah tamat kuliah tidak kerja di dunia IT, banyak yang melenceng seperti jadi Sales, ODP Bank, MT, CS, Teller(Wanita), Retail atau apapun yang bisa dari jalur umum , hal tersebut dikarena banyak hal, salah satunya karena mungkin mereka sadar ternyata dunia IT bukanlah sesuatu yang mereka sukai.

Stereotype anak IT bisa memperbaiki komputer, handphone, printer, bisa design, membobol bank dan menyelamatkan dunia adalah berbanding terbalik
dengan fakta. Kuliah di jurusan IT anda akan belajar semua hal yang berbuhungan dengan logika dan perhitungan seperti, statistik, kalkulus, matematika diskrit, bahasa pemrograman dll yang mengimpuls otak kalian bekerja lebih keras.
Zaman sekarang, kebutuhan akan profesi IT sangat tinggi, dikarena perkembangan start up yang sangat cepat, semisal Gojek, Traveloka , Bukalapak dll, jadi sangat beruntung kalian yang menempuh jurusan IT. Mungkin difikiran banyak orang lulusan IT cuma bisa jadi programmer yang melulu tiap hari fikirin coding, well sebenarnya tidak juga, ada banyak hal yang profesi lain didunia IT selain programmer yaitu :

1. Business Analyst
Seorang BA atau bisnis analis bertanggung jawab mengetahui bisnis proses suatu project dari A sampai Z, berhadapan dengan user, collect user requirement, buat schedule timeline task dan melakukan presentasi ke user. Task yang sudah dimanage oleh seorang bisnis analis akan di eksekusi oleh programmer/software enginer

2. QA (Quality Assurance)
Setelah aplikasi di kerjakan oleh programmer, saatnya memastikan aplikasi itu bisa dijalankan dan diperiksa bugs yang muncul. Beberapa perusahaan di luar negeri menilai kinerja seorang QA dari seberapa banyak dia menemukan bugs dari suatu aplikasi. QA ataupun software tester itu sama aja sih jobdesc nya.
3Database Enginer
Bagi kamu yang suka main query dan mengolah database, menjadi DB Enginer adalah pilihan terbaik, skill yang dibutuhkan pastinya adalah penguasaan advance terhadap query, banyak perusahaan memakain DB Oracle, SQL Server untuk perusahaanya untuk handle jutaan data bahkan lebih.

Selanjutnya bisa berkunjung ke blog saya :
https://sutandiazhari.com/lulusan-it...mau-jadi-apa/

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
menyelesaikan masalah
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post sagutumbuk
bener gan hehe
Kenyataannya IT di indo dituntut utk bisa itu semua tp yg dibayar (gaji) cm salah 1 saja emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di