alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tolak Usulan NKRI Syariah, Menhan: Agamamu Agamamu, Agamaku Agamaku
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d541e11f4d6952aa83f336c/tolak-usulan-nkri-syariah-menhan-agamamu-agamamu-agamaku-agamaku

Tolak Usulan NKRI Syariah, Menhan: Agamamu Agamamu, Agamaku Agamaku

Surabaya - Salah satu rekomendasi Ijtimak Ulama IV yakni menjalankan NKRI bersyariah di Indonesia menuai banyak kontroversi. Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu dengan tegas menolak usulan Persaudaraan Alumni (PA) 212 ini.

Ryamizard mengatakan hal ini tak bisa diterapkan di Indonesia. Karena, Indonesia terdiri dari masyarakat dengan berbagai agama. Jenderal TNI Purnawirawan ini mengatakan urusan agama adalah urusan pribadi masing-masing. Hal ini juga tertulis di salah satu ayat dalam Al Quran.

"Lakum dii nukum wa liya diin. Sudah kita laksanakan, banyak agama tetapi satu, biaralah agama agamamu, agamaku agamaku," kata Ryamizard, usai mengisi Kuliah Umum di UPN Veteran Jatim, Surabaya, Rabu (14/8/2019).

Bagi Ryamizard, usulan NKRI bersyariah harusnya tak perlu ada. Menurutnya, hal ini bisa menuai kegaduhan dan perdebatan publik yang lebih besar.

Baca juga: BPIP Tolak NKRI Syariah: Indonesia Bukan Negara Agama

Tak hanya itu, jika NKRI bersyariah diterapkan, sama saja negara ini memberikan label yang tak adil terhadap masyarakat yang menganut agama selain Islam.

Ryamizard memberi contoh akhir-akhir ini sering terdengar perdebatan dengan istilah 'kafir'. Menurutnya masyarakat tak perlu lagi mengkafir-kafirkan sesama manusia karena surga dan neraka urusan Tuhan.

"Jangan ribut, urusan neraka surga itu urusan tuhan, jangan kafir-kafirkan, ndak betul, mengkafirkan orang itu tidak baik," katanya.

Selain itu, selama ini Ryamizard melihat nilai-nilai syariah sudah ada sejak lama di Indonesia. Contohnya dalam sila pertama Pancasila. Dia pun meminta masyarakat tak meragukan lagi hal ini.

"Syariah itu sudah ada di Pancasila, menjalankan Pancasila, sila pertama sudah juga menjalankan syariah Islam. NKRI cuma satu jangan ditambah-tambah, tidak ada NKRI plus ya, titik," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Bidang Keumatan PA 212 Haikal Hassan mengatakan NKRI bersyariah tetap taat kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dia mencontohkan soal penerapan syariah yang sudah berjalan dalam kehidupan.

Baca juga: Soal NKRI Syariah, Menhan: Nggak Ada, Sudah Ada di Sila 1 Pancasila

"NKRI bersyariah, iya dong, masa nggak bersyariah. Apa kamu nggak merasakan, hari ini kita sudah bersyariah. Ada bank syariah, ada pembiayaan syariah, pernikahan juga cara syariah. Itu cuma istilah," kata Haikal di Grand Sahid Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Haikal menegaskan kata syariah yang dimaksud adalah taat kepada Allah. Menurutnya, NKRI syariah bukan berati menghilangkan Pancasila dan UUD 1945.

"Jangan jadi mentang-mentang NKRI bersyariah terus Pancasila hilang gitu, ya nggak. UUD '45 hilang? Ya nggaklah. Itu istilah mbok ya kita itu taat pada Allah SWT. Tetap jadi bangsa Indonesia, tapi taat pada syariah Allah SWT, betul?" lanjutnya. (hil/iwd)

https://m.detik.com/news/berita-jawa...uredArtikel_29
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
gelar lapak di mari.. nunggu komen fansboy khilafah.. emoticon-Big Grin

Tambahan..
Moga2 ga ada komen2 sara yg buat emosi.. bukan apa2.. ane udah 3 hari ini emosi rada kurang stabil!
profile-picture
profile-picture
longneversee dan serdaduklasik84 memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Untukmu agamamu, untukku agak maksa emoticon-Leh Uga
Acehnistan gimana tuh pak menhan?
ya kalau agama mu gk sesuai ama apa yg ada di agamaku, tinggal gruduk rame rame aja toh emoticon-Mad (S)



emoticon-Ngacir
profile-picture
greedaon memberi reputasi
Kelakuan parasit emg gitu, gak ada andil jasa buat negara tp sok2 mau atur negara mau kek gimana.

Mrka yg udah berjuang buat kemerdekaan aja gak nuntut embel2 syariat buat ekslusif 1 agama.

Disuruh pindah ke aceh yg dah syariat pd gak mau? Maunya apa coba?

Layak di bedil pas di dahinya orang kek gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
revolutionary dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


prettttt
Diubah oleh badfilename
Keknya mulai ada tanda2 petrus ini....


Ngeriiii emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan greedaon memberi reputasi
Harapan itu masih ada ditangan Pak Ryamizard.Semoga Pak Ryamizard selalu diberi kesehatan dan dilancarkan rezeki serta seluruh keluarga Pak Ryamizard hidup makmur berkecukupan tanpa kekurangan suatu apapun.Disaat para junior mencoba berjudi strategi menghadapi gerombolan syariah yang terpampang jelas didepan mata,beliau masih konsisten mengawal UUD 1945 dan Pancasila.
Quote:


Petrus..

Tolak Usulan NKRI Syariah, Menhan: Agamamu Agamamu, Agamaku Agamaku
kapan ya di indonesia ada ahli fisika gitu kaya yohannes surya
Quote:


Minuman keras itu emoticon-Matabelo
bukannya ada juga ayat yang kontradiksi sama ayat tersebut ya? emoticon-Bingung
bisa dipakai sesuai kondisi emoticon-Leh Uga
profile-picture
greedaon memberi reputasi
Jadi inget jamannya DI/TII ya..
Tolak Usulan NKRI Syariah, Menhan: Agamamu Agamamu, Agamaku Agamaku
profile-picture
tepsuzot memberi reputasi
haikal hasan .. coba dulu aja jdi gubernur aceh.. bawa 7 jt umat mu kesana dan coba contohkan syariah yang kamu mau.. tinggal dilihat aceh akan hebat dan maju gak? gitu aja sih
profile-picture
tepsuzot memberi reputasi
Menhan : SAVAGE emoticon-Big Grin


Bata only aje ye
Quote:


amiiin
profile-picture
jasperjaka memberi reputasi
bapak gk tau.panitia surga dan akherat ad dibumi.khususnya di indon
Sobat Gurun Panas. Megap megap.

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

ah omong kosong
Mereka hanya ingin merubah sistem negara secara perlahan perlahan.


Jd tangkap aja geng PA #kok 212
Makar terselubung
profile-picture
greedaon memberi reputasi
Diubah oleh oviz.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di