alexa-tracking
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d54124b2f568d649f1d6fc1/kompak-itu-penting

Kompak itu Penting

Setiap bulan Agustus sekolah -sekolah selalu mengadakan kegiatan falam rangka memperingati hari kemerdekaan. Di sekolah SMP negeri 1 Manggis juga demikian, ada 3 macam lomba yaitu bola keranjang, gobak sodor dan paduan suara. Semua jenjang kelas wajib mengikuti ketiga lomba tersebut. Sebagai wali kelas 9 A saya mendampingi mereka dalam mengikuti lomba-lomba tersebut. Kegiatan tersebut bersamaan dengan persiapan sekolah Adi Wiyata Nasional sehingga tidak banyak waktu untuk mendampingi saat latihan paduan suara. Kelas 9A memilih lagu Menanam Jagung, dan hanya sekali saja latihan bernyanyi.

Keesokan hari tiba waktunya lomba paduan suara, bersamaan dengan acara penyembelihan hewan korban. Saya memepercepat langkah menuju tempat lomba paduan suara untuk melihat penampilan kelas 9A. Urutan undian no 10 masih tampil di depan dewan juri. Kurang satu nomor lagi kelas 9A yang terdiri dari 17 siswa perempuan. Anak-anak nampak resah menunggu giliran tampil. Saya beri semangat agar mereka tidak nervous saat tampil nanti.

Tiba saatnya urutan nomor undian ke 11 dipanggil oleh juri. Dewan juri sejumlah dua orang, mereka adalah guru mata pelajaran IPS yang berbakat di musik dan seorang lagi guru mata pelajaran IPA yang berbakat menyanyi. Setelah dipanggil siswa saya segera berbaris dengan rapi di depan dewan juri. Sesuai arahan yang sebelumnya sudah saya berikan mereka bernyanyi dengan sura yang lepas dan ekspresi wajah gembira. Tidak lupa dengan gerakan-gerakan yang sedikit mengurangi kekakuan. Dengan kompaknya mereka bernyanyi lagu "Menanam Jagung". Usai tampil tepuk tangan meriah dari siswa-siswa penonton lainnya. Tampilan-tampilan dari peserta sebelumnya suara tidak begitu keras seperti kelas 9A. Nampaknya siswa saya sangat lega setelah menunjukkan penampilannya. Saya beri ucapan selamat sudah tampil bagus menurut penilaian sendiri.

Karena masih ada kegiatan yang lain maka segera saya tinggalkan lokasi lomba paduan suara dan segera ke tempat penyembelihan hewan kurban. Bergatian dengan teman sesama wali kelas yang menunggu giliran siswanya tampil. Setelah kegiatan lomba paduan suara tibalah saatnya dewan juri menghitung skor nilai yang diperoleh masing - masing peserta. Tidak sia-sia meskipun hanya sehari latihan siswa kelas 9A lolos di babak final. Semangat latihan lagi untuk persiapan manu ke babak final. Perlu diketahui yang penting adalah kekompakan dan kebersamaan. Tetap semangat ya kelas 9A.

profile-picture
alizazet memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di