alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d540c7c0577a922075c3660/7-fitur-menarik-dari-one-ui-sistem-antarmuka-terbaru-dari-samsung

7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung

7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung

Kabar gembira untuk para pemilik smartphone Samsung. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini merilis One UI, sistem antarmuka terbaru yang diluncurkan pada awal tahun 2019. Namun, tidak semua smartphone Samsung memakai sistem One UI. Hanya beberapa smartphone terbaru saja yang bisa mengadaptasinya.

Seperti apa fitur-fitur menarik yang ada dalam sistem antarmuka One UI? Intip fiturnya dari yang paling biasa sampai yang paling 'wah' di sini, yuk!


1. Folder yang lebih aman
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
Sebal karena teman-temanmu sering mengutak-atik gadget-mu tanpa izin? Tenang, fitur Secure Folder dari sistem One UI Samsung akan menyelamatkanmu! Fitur ini memungkinkan dokumen, media dan aplikasi milikmu dilindungi dalam folder yang aman dan dilengkapi dengan PIN, ungkap laman Android Authority.

Folder ini hanya bisa dibuka dengan nomor PIN yang ditentukan olehmu. Untuk menambah keamanan, kamu juga bisa memakai sidik jari atau deteksi pada iris mata untuk mengakses folderData pribadimu akan terlindungi dengan baik!


2. Layar akan hidup otomatis ketika diangkat
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
Kini, kamu tak perlu repot-repot menekan tombol power untuk menyalakan layar. One UI dari Samsung akan melakukannya secara otomatis untukmu. Ketika fitur ini diaktifkan, kita hanya perlu mengangkat smartphone dan layar akan menyala secara otomatis. One UI  akan mendeteksi gerakan lalu layar akan menyala dengan sendirinya.

Fitur ini memang terdengar remeh, namun akan menghemat waktu dan membuatmu nyaman. Cara untuk mengaktifkannya adalah masuk ke Settings > Advance Features > Motions and Gestures > Lift to Wake > Aktifkan.


3. Ada fitur Game Launcher untuk kamu yang hobi ngegame
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
Game Launcher adalah folder khusus untuk semua game yang diunduh pada smartphone Samsung. Sebenarnya, ini bukan terobosan baru, karena kita bisa membuat folder khusus untuk game yang kita miliki. Selain itu, Game Launcher juga menyertakan iklan di bagian bawah, membuatnya tampak tidak menarik secara visual dan mengganggu.

Namun, yang membuat Game Launcher menarik adalah adanya fitur Game Tools. Di sini, kamu bisa mengatur game milikmu, apakah akan fokus pada hemat daya atau fokus pada performa game. Misalnya, kamu bisa memaksimalkan performa untuk game PUBG agar game tersebut bekerja lebih baik, ungkap laman Android Authority.


4. Menambahkan gestur navigasi dan mode layar penuh
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
Hampir semua smartphone Android memiliki tombol navigasi yang ada di bagian bawah layar. Tombol itu biasanya terdiri dari tombol yang menampilkan aplikasi yang tengah berjalan saat ini, tombol kembali ke beranda dan tombol kembali. Namun, dengan One UI kamu bisa memilih menampilkan mode layar penuh (full screen).

Fitur ini bisa diakses dari Settings > Display > Navigation Bar > lalu pilih Full Screen Gestures. Ketika dalam mode layar penuh, tombol di bagian bawah layar akan menghilang. Namun, fungsinya tetap ada kok! Kamu hanya perlu menggeser ke atas untuk mengaktifkan tombol tersebut, jelas laman Naldo Tech.


5. Ada fitur Edge Screen
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
One UI memiliki fitur Edge Screen di mana kamu bisa meletakkan aplikasi di bagian sebelah layar. Edge Screen akan mempermudah untuk mengakses aplikasi yang paling sering digunakan sehari-hari. Fitur ini akan muncul ketika kita menggeser dari tepi layar hingga ke bagian tengah, seketika akan muncul aplikasi tersebut.

Fitur Edge Screen pertama kali muncul pada Galaxy Note Edge di tahun 2014. Dengan fitur Edge Screen, kamu bisa mengakses aplikasi favorit dengan cepat. Kita bisa memilih dan menambahkan aplikasi itu ke dalam Edge Screen, jelas laman Android Authority. Sangat simpel dan menghemat waktu!


6. Melakukan optimisasi dengan mudah
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
Untuk menjaga smartphone agar performanya lancar, kamu bisa melakukan optimisasi. One UI dilengkapi dengan fitur optimisasi otomatis (Auto-Optimization) di dalamnya. Ketika fitur ini diaktifkan, smartphone akan otomatis menutup semua aplikasi yang sedang bekerja dan menghapus file yang tidak diperlukan, ungkap laman Naldo Tech.

Fitur optimisasi ini tak jauh berbeda dengan aplikasi cleaner yang ada di Google Playstore atau AppStore. Untuk mengaktifkannya, buka Setting > Device Care > pilih tiga titik di bagian kanan atas. Pilih Auto Optimization > On/Off. Kamu bisa memilih fitur optimisasi ini akan dilakukan setiap pukul berapa setiap harinya.


7. Terakhir, ada fitur One Hand Use!
7 Fitur Menarik dari One UI, Sistem Antarmuka Terbaru dari Samsung
Nah, inilah fitur yang paling diunggulkan pada One UI Samsung. Fitur One Hand Use ini memungkinkan pengguna smartphone melakukan apa pun dengan satu tangan saja. Biasanya, kita perlu menggunakan dua tangan sekaligus untuk memakai smartphone. Kini, kamu tak perlu repot-repot lagi, cukup menggunakan satu tangan saja!

Fitur One Hand Use akan membuat tombol atau ikon mudah dijangkau dengan satu sentuhan jemari saja. Sehingga, kamu bisa memakai smartphone untuk satu tangan, sementara tangan lainnya dipakai untuk makan, mengetik tugas di laptop, membawa barang dan lain sebagainya. Praktis!

Nah, itulah 7 fitur menarik yang ada di dalam One UI, sistem antarmuka besutan Samsung. Apakah smartphone Samsung milikmu sudah dilengkapi dengan One UI?


Sumber : https://www.idntimes.com/tech/gadget...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di