alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!!
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53ea40018e0d28d0312e78/fakta-menarik-tentang-bahasa-indonesia-yang-sudah-mendunia-bikin-bangga

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!!

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!!

Menjadi warga disetiap negaranya sendiri, sudah sepatutnya kita bangga akan Negeri sendiri ya gan. Karna disetiap negara meskipun terdapat suatu hal yang tidak kita sukai pasti ada hal positif lain yang buat kita bangga dengan Negeri sendiri.

Kalau di Indonesia, menurut agan apa sih yang bikin kita bangga dengan Negeri tercinta kita ini. Keaneka ragam adat dan budaya.? Kekayaan alamnya yang melimpah.? Atau makananya yang khas dengan rempah rempahnya


Dalam thread ane kali ini, ane mau membahas mengenai bahasa Indonesia yang bisa dibilang populer di dunia yang bikin ane semakin bangga dengan Tanah Air tercinta.


Wikipedia (bahasa) Indonesia masuk dalam 3 besar se-Asia

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!! sumber gambar

Wikipedia adalah Ensiklopedia bebas mutibahasa dalam jaringan yang terbuka dan terbesar diseluruh dunia, dan hampir setiap negara ada Wikipedia dalam bahasa negara tersebut. Namun tahukah agan, bahwa Wikipedia Bahasa Indonesia menempati posisi ke tiga terbesar se-Asia loh. Diposisi pertama ditempati oleh Jepang dan diikuti bahasa Mandarin di posisi kedua. Sedangkan jika ditingkat dunia Wikipedia Indonesia menempati posisi ke 26 dari 250 negara di dunia. Pengguna Internet di Indonesia, dan kontributor asal Indonesia yang berjumlah banyak serta bervariatif dalam membuat artikel, hal inilah yang menjadi penyebabnya.


Bahasa kedua di Vietnam secara resmi

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!!sumber gambar

Di negara tetangga, tepatnya Vietnam pada bulan Desember 2007 Bahasa Indonesia telah resmi menjadi bahasa kedua mereka dan diresmikan oleh Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City. Ini suatu kebanggaan bagi Bangsa Indonesia. Bahkan Bahasa Indonesia bisa disejajarkan statusnya dengan bahasa asing lain seperti Jepang, Inggris dan Perancis. Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kota itu pun membantu dan memberi sarana untuk mengembangkan serta memperlancar Studi Bahasa Indonesia di beberapa Universitas, antara lain bantuan dosen, peralatan komputer, dan alat peraga.


Bahasa Indonesia digunakan opsi navigasi di situs klub besar

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!!sumber gambar

Di Indonesia banyak sekali penggemar klub klub besar sepak bola seperti klub dari Eropa, yang juga digemari oleh penggemar sepak bola diberbagai penjuru dunia, atau mungkin agan salah satunya..? Untuk tidak ketinggalan informasi, penggemarpun mengunjungi official websitenya. Pada laman situs official mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan berita, namun meskipun bahasa Inggris adalah bahasa International tidak semua orang bisa berbahasa Inggris bukan.

Untuk lebih memudahkan penggemarnya mengerti berita yang ditampilkan pada websitenya, merekapun memberikan opsi navigasi beberapa bahasa yang sekiranya banyak digunakan diseluruh dunia. Buat agan yang sudah bolak balik mengunjungi beberapa website-nya pasti sudah tidak kaget kalau ternyata bahasa Indonesia masuk dalam salah satu opsi navigasi bahasa lain pada website mereka.

Quote:




Bahasa asing terpopuler keempat di Australia

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!!sumber gambar

Di Australia banyak warganya yang mempelajari bahasa Indonesia, karna disana bahasa Indonesia juga menjadi bahasa asing terpopuler keempat, maka tidak heran jika banyak orang Australia yang fasih berbahasa Indonesia. Di Australia juga terdapat organisasi yang dapat mempererat kerjasama dua negara tetangga ini yaitu Australia-Indonesia Youth Association (AIYA) . Organisasi ini didirikan oleh sejumlah anak anak muda Australia yang berdedikasi dan mencintai Indonesia yang berusia 18-30 tahun, mereka juga fasih berbahasa Indonesia.

Kemudian pada tahun 2015 di Australia sejumlah orang mengadakan kompetisi berbahasa Indonesia yang bernama NAILA, singkatan dari "National Australia Indonesia Language Awards". Kompetisi NAILA juga dipelopori oleh AIYA, yang mempunyai tujuan mempeterat pemuda Australia Indonesia, khususnya dibidang, dunia usaha, budaya, pendidikan, dan bahasa Indonesia yang dijalankan sesuai dengan motonya "Connecting-Informing-Inspiring. Tak hanya dari siswa Sekolah Dasar saja tapi kompetisi ini juga diikuti oleh peserta dari kalangan eksekutif.

Spoiler for :


Dengan adanya organisasi organisasi diatas, bahasa Indonesia di Australia semakin banyak dipelajari dan populer. Terlebih lagi beberapa Universitas di Australia juga masuk dalam daftar Universitas terbaik di dunia, maka tidak heran jika Negeri Kanguru ini banyak diminati oleh pelajar Indonesia untuk menimba ilmu disana.



Bahasa yang dipelajari oleh 45 Negara

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia Yang Sudah Mendunia, Bikin Bangga.!! sumber gambar

Siapa sangka bahwa bahasa yang kita gunakan sebagai bahasa pemersatu di Indonesia ternyata juga dipelajari oleh 45 Negara di dunia loh gan. Maka tidak heran jika di Website klub klub besar sepak bola menggunakan bahasa Indonesia sebagai opsi nasigasi pilihan bahasanya, serta dijadikan bahasa resmi kedua di Vietnam, dan bahasa terpopuler keempat di Australia. Menurut data Kementrian Luar Negeri setidaknya ada 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia kepada warganya. Diantara nya ada Amerika, Kanada, serta Australia dan Vietnem tentunya, dan negara lainya.


Sebenarnya ane baca dibeberapa artikel, bahasa Indonesia masuk dalam 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Ada yang menyebutnya yang ke 6, 8 dan 9 tapi ane rasa artikel tersebut kurang akurat jadi ane nggak cantumin disini. Ane juga nemuin artikel berbahasa Inggris yang menyebutkan bahasa Indonesia digunakan terbanyak ke 6 di dunia, namun dalam artikel tersebut tertulis bahasa Melayu bukan bahasa Indonesia.
Dan karena ane juga bingung asal asli bahasa Melayu dari Malaysia atau Indonesia (Kalimantan) akhirnya ane pun nggak memasukan dalam daftar diatas karna ane juga belum dapat info yang akurat.



Quote:



Just info bagi yang belum tahu nih gan..
Quote:
profile-picture
profile-picture
feliia dan fanniajah memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ane baru tau kalo bahasa Indonesia dipake di web kllub besar, wiiihh kereen yaah
profile-picture
brownist memberi reputasi
profile-picture
brownist memberi reputasi
profile-picture
brownist memberi reputasi
Quote:


Keren emang gan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di