alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Si Miskin Bicara Pendidikan
4.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53dd73c9518b38fa40d45f/si-miskin-bicara-pendidikan

Si Miskin Bicara Pendidikan

Si Miskin Bicara Pendidikan

Aku memang anak yang terlahirkan dari golongan kelas ekonomi paling bawah, sekolah saja dulu dengan menggunakan bantuan dana dari banyaknya para pembeli barang dagangan ibuku. Banyak sekali yang melecehkan diriku karena keterbatasan biaya dan lainnya, karena pada zaman aku sd sekolah masih dipungut biaya. Aku sekolah sampai lulus, kemudian membantu usaha ayah di bengkel.

Tetapi dari kemiskinan ini aku terlanjur memiliki mimpi untuk menjadi sesuatu. Entah berguna nantinya atau tidak, yang jelas sesuatu. Maka dari itulah perjuangan untuk meraih cita-cita lebih berkobar dari siapapun juga.

"AKU INGIN MENJADI DOKTER, AYAH!"

Untuk orang semiskin aku memang tidak mudah mendapatkan gelar doktor, apalagi jenjang ke arah sana adalah sebuah hayalan di atas imajinasi saja. Kata ibu, namun ayah berkata, "bermimpilah menjadi sesuatu! Allah akan menciptakan jalannya untukmu kemudian. Yang kau perlukan hanya kepercayaan dan kemauan."

Pernahkah kalian belajar serupa aku? Membaca banyaknya buku-buku bekas hasil sampah para orang-orang kaya yang membuang harta berharga dan kupungguti seolah-olah menemukan berlian.

Dan pernahkan kalian tau, bahwa dari sampah-sampah yang kubaca ini, ada pengetahuan yang membuat otakku menjadi begitu haus ilmu?

Aku mencoba mengetuk pintu kesombongan orang-orang, dengan mencoba membuktikan bahwa aku bisa menyaingi kemampuan berpikir mereka. Bukankahkan lahirnya kemampuan itu tidak hanya dari kalangan atas? Halooo ... otak manusia itu terbentuk bukan dari gilingan emas saja ..hai hai hai...!

Kemudian aku mengikuti sebuah ujian KBM untuk tingkat setaraf SMP pada saat usiaku beranjak 15 tahun. Dan kalian tau tidak bahwa di antara sekian banyak peserta, akulah yang memiliki nilai yang terbaik. Setahun kemudian mencoba mengikuti ujian jenjang SMA dan aku berhasil.

Spoiler for screnshot editan dok pri:


Semua ini tidak bisa berhasil begitu saja, jika tidak ada tumpukan sampah buku-buku yang masuk ke dalam otak dan banyaknya bertanya kepada orang orang di sekitarku, terutama Dosen fakultas ekonomi universitas Indonesia, Bpk S.M.A. SPD. Dia banyak memberikan bantuan ilmu untuk segala aksi yang kulakukan selama ini.

Dan kalian tau tidak bagaimana seorang lulusan berizasah paket C bisa mendapatkan pendidikan? Bersaing dengan banyaknya orang-orang demi sebuah beasiswa yang begitu sulit untuk bisa didapatkan. Ada rahasianya kawan-kawan, mau tau tidak?

*Yang pertama adalah berdoa kepada Allah SWT
*Restu dan doa orang tua
*Rasa percaya diri
*Bekal ilmu yang lebih dari cukup
*Bismillah

Untuk kalian yg berasal dari golongan sangat sangat sederhana sekali, jangan pernah berkecil hati, buktikan bahwa otak tidak di takar oleh seberapa banyaknya uang untuk mencetak sebuah harga pendidikan bisa menjadi ketuntas dari mimpi. Sebab dari mimpilah kita bisa menjadi sesuatu. Jangan pernah hilangkan mimpi. Buktikan saja kepada dunia, bahwa kecerdasan itu ada karena kemauan dari sebuah hasrat untuk merubah diri.

Menurut pendapat saya yang berasal dari golongan sangat sangat sederhana sekali, kecerdasan itu pasti menemukan pintunya, asalkan kemauan besar tumbuh dalam diri kita sendiri dan sebuah kepercayaan bahwa Allah ada untuk membimbing kita menuju mimpi yang kita miliki. So untuk kalian yang merasakan nasib serupa aku, masihkah merasa kalau si miskin itu tidak berhak untuk memperoleh ilmu? Berjuanglah! Maka sebuah gerbang pasti akan datang menyambut nasib kalian.

Aaaamiiin aaaamiiin aaaamiiin aaaamiiin ya Rabbal Al-Amin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 9 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pejwanin aja gan
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan agungdar2494 memberi reputasi
Klik trid yg lainnya di gambar ini

Si Miskin Bicara Pendidikan
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan agungdar2494 memberi reputasi
Klik gambarnya yaSi Miskin Bicara Pendidikan
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
nice thread gansist.. semangat!
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
siapa aja berhak mendapatkan kesuksesan dan pendidikan yang layak
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
dimana ada kemauan, disana ada jalan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Ayo semangat semua...
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Ane terenyuh dengan semangat dan perjuangannya😣
sangat menginspirasi ...

saya sendiri masih sering leha2 saat belajar di sekolah dulu ...
Tetap semangat apapun keadaannya
terus semangat
Semoga menang lomba menulis nya
profile-picture
.unicorn. memberi reputasi
Quote:


Terimakasih gan
btw ntu lomba menulisnya berdasarkan kisah nyata TS sendiri ato bijimana?
n trus di cerita nya berhasil jd dokter ga gan?
Quote:


Siap, saudara saya juga paket c sis, karena dia mondok yang tidak sekalian sekolah.

Quote:


Trimakasih gan
Intinya never give up


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di