alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53dbfc4601cf0e594cb7d1/ini-dia-replika-zxr-750-h1-pada-z900-hasil-builder-dari-spanyol

Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol

Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Japan Legends adalah custom builder yang berasal dari Spanyol. Mereka menyukai motor yang dirilis dari rentang tahun 1980-1990an. Di ajang pameran motor EICMA waktu lalu, saya melihat motor yang dipamerkan di panggung belakang booth Kawasaki. Apakah itu ZXR?! Melihat motor tersebut dari dekat, saya mengenali frame dan kaki-kakinya. Itu adalah motor custom berbasis Kawasaki Z900 naked sports. Lalu, motor custom apakah itu sebenarnya?
Basis Replika Kawasaki Racer
Basis model replikanya adalah motor-motor dari seri ZXR. ZXR adalah seri motor yang dirilis Kawasaki dari tahun 1988 hingga 1989, yakni ZXR250, ZXR400, dan ZXR750. Setelah itu, versi R untuk model racing homologation muncul atau dipasarkan hingga akhir tahun 1990an. Pada tahun 1993 di perhelatan balapan Suzuka 8 Hours, tim Kawasaki menjadi juara dengan menggunakan motor Kawasaki ZXR-7 (motor tersebut juga berhasil membawa kemenangan di delapan balapan selanjutnya).

ZXR mengadopsi shockbreaker upside down (model awal ZXR750menggunakan shockbreaker upright) dan ZXR250 juga memasang ram-air system yang juga dipasang pertama kali di ZZ-R1100. Ram-air adalah suatu mekanisme yang mendorong udara ke karburator menggunakan aliran angin saat motor melaju kencang sehingga dapat menyediakan power yang lebih besar seperti halnya sistem induksi Supercharger/Turbocharger. Sistem tersebut penting dimiliki motor super sport saat ini untuk menghasilkan performa tinggi seiring dengan bertambahnya kecepatan.

Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
[Kawasaki ZXR250 Tahun 1989] Selang dan air duct di cowl atas cenderung dianggap sebagai ram-air system, namun itu adalah K-CAS yang mendinginkan cylinder head dengan udara segar (udara yang tidak melewati radiator = udara yang tidak dihangatkan). Faktanya, ram-air ditempatkan di air duct cowl samping.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
[Kawasaki ZXR400 Tahun 1989 (Foto tersebut adalah ZXR400 tahun 1990)] Motor ini juga mengadopsi K-CAS, namun tidak mengadopsi ram-air system. Shockbreaker upside down dipasang sesuai dengan model awal.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
[Kawasaki ZXR750 Tahun 1988] Motor ini awalnya menggunakan shockbreaker upright, lalu dua tahun setelahnya mengadopsi shockbreaker upside down. Pada tahun 1996, Kawasaki mengganti model ZX-7R dan ZX-7RR menjadi ZX-RR yang dipakai di MotoGP dan Ninja ZX-10R yang dipakai di Super Bike.


Siapakah Japan Legends?
Japan Legends adalah perusahaan asal Spanyol yang menyukai motor sport pabrikan Jepang keluaran tahun 1980an dan 1990an, atau, dapat dikatakan, motor-motor pada masa keemasan. Mereka menciptakan body kit inspiratif berpenampilan retro berkualitas tinggi untuk menghadirkan kembali penampilan motor-motor legendaris pada motor-motor keluaran saat ini.

Sebelumnya, mereka hanya mengeluarkan segelintir custom, namun kali ini mereka mengeluarkan ZXR 900 sebagai body kit pertama mereka. Body kit ini merupakan replika desain Kawasaki ZXR 750 H1 sebagai perayaan 30 tahun motor tersebut (pertama kali dipasarkan pada tahun 1988). Rencananya, mereka akan menjual body kit ini setelah ajang pameran EICMA 2018. Mereka juga merencanakan untuk memasarkan Japan Legends Wear, clothing line bergaya old school, jadi jangan sampai terlewatkan.

Mereka belum memberitahu berapa harga dan kapan dipasarkannya body kit tersebut, namun saya akan terus memantau perkembangannya.

Basisnya adalah Kawasaki Z900
Yang menjadi kekhawatirannya adalah model motor mana yang akan menjadi basis pemasangan body kit. Dengan spesifikasi yang tidak dapat dibeli di Jepang, bahkan jika body kit-nya sudah dipesan, proses setelahnya tetap saja sulit. Tapi, tak perlu khawatir karena Z900 merupakan line-up spesifikasi domestik. Atau Anda mungkin berpikir, bukannya itu Z900 RS? Awalnya, saya juga berpendapat demikian. Karena motor custom Z900 RS lebih populer, orang-orang cenderung tidak memperhitungkan Z900.

Namun, jika melihat model Z900, pasti orang Jepang akan salah mengira atau apakah itu karena model rangka di sekitar tangkinya yang menyatu dan terlihat keren pada ZXR900?

Sepertinya itu memang karena model rangka di sekitar tangkinya yang berubah.

Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
[Kawasaki Z900] Ini adalah model basisnya. Dilihat dari bentuk rangka dan tangki bahan bakarnya, ternyata memang lebih baik menggunakan motor ini untuk menghidupkan gaya replika racer dengan sempurna. Harganya kurang lebih Rp100jt-an termasuk pajak dan dengan ditambah body kit seperti ini juga, jadi harganya bisa lebih mahal.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
[Body Kit ZXR900 oleh Japan Legends] Ini adalah motor dengan body kit hasil karya para builder Japan Legends. Foto diambil dari sisi panggung yang gelap, sehingga terdapat bagian yang tidak tersinari cahaya, maafkan saya!


Kesempurnaan adalah Nomor Satu!
Jika dilihat secara rinci, terlihat beberapa bagian yang berbeda dari ZXR 750. Meski demikian, saya tetap menganggapnya keren. Pada dasarnya, bagian rangka, kaki-kaki, dan dudukan plat nomornya memakai spek standar. Inilah tampilan body kit bolt-on yang disuguhkan dengan sempurna. Silakan lihat foto-foto di bawah ini untuk lebih detailnya.
Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Lampu depan LED-nya mengadopsi gaya dual round eyes. Apakah lampu LED model seperti itu bisa disebut sebagai lampu LED model ring cumi-cumi?


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Hasil fotonya buram karena saya harus mengangkat tangan saya tinggi-tinggi sehingga tangan saya bergetar, tapi saya ingin menunjukkan tampilan panel meter motor ini kepada Anda. Panel meternya dipasang dengan baut pada dudukan stang. Stangnya bukan model jepit, melainkan model reverse. Dapat dikatakan bahwa ini adalah perlengkapan yang tidak memakan banyak biaya. Jika Anda ingin menggantinya, silakan saja, tapi bagi orang Eropa ini sudah cukup nyaman.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Joknya menggunakan cowl jok standard. Lalu, apakah joknya dapat menggunakan part custom untuk Z900?


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Dudukan plat nomor dan swingarm-nya menggunakan spek standard.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Pilihan knalpot yang digunakan di sini adalah knalpot Akrapovic. Knalpot ini akan dijual terpisah, sehingga Anda bebas memilih knalpot yang akan Anda gunakan.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Bagian kakinya menggunakan spek standard, namun warna velg yang berbeda menciptakan kesan yang berbeda pula.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol
Tampilan sisi kirinya, keren! Ngomong-ngomong, Suzuki merilis GS1200SS beberapa tahun yang lalu. Ada pro dan kontra mengenai motor tersebut, tapi saya cukup menyukainya.


Ini Dia! Replika ZXR 750 H1 pada Z900 Hasil Builder dari Spanyol



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di