alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Simak Cara Balik Nama Motor Bekas Berikut Ini, Mudah Kok!
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53d8c8349d0f46ec33afff/simak-cara-balik-nama-motor-bekas-berikut-ini-mudah-kok

Simak Cara Balik Nama Motor Bekas Berikut Ini, Mudah Kok!

Simak Cara Balik Nama Motor Bekas Berikut Ini, Mudah Kok!

Sobat Rider baru saja membeli motor bekas? Wajib lho hukumnya untuk segera melakukan balik nama atas motor yang kalian beli, sob, karena banyak sekali hambatan ke depannya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) bukan nama pemilik asli. Salah satunya adalah bolak balik meminjam KTP pemilik motor lama hanya untuk mengurus perpanjangan STNK.

Tidak susah kok prosesnya, sob. Nah, supaya kalian punya gambaran, berikut adalah informasi dari Sobat Rider seputar tata cara balik nama motor dan juga biaya yang harus kalian bayarkan. Simak baik-baik ya.


Dokumen yang Dibutuhkan
Prosesnya membutuhkan beberapa dokumen, antara lain adalah STNK asli dan salinannya, serta KTP Sobat Rider sebagai pemilik baru dari kendaraan tersebut.

Pastikan kalian membawa KTP asli maupun fotokopi. Jangan lupa juga membawa BPKB yang asli beserta fotokopinya, serta bukti pembelian motor yang ditandatangai di atas materai.

Biasanya kuitansi pembelian di atas satu juta wajib mencantumkan materai di dalamnya. Setelah semua dokumen tersebut lengkap, Sobat Rider bisa mendatangi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) untuk mengurus proses balik nama.


Proses Balik Nama
Lalu bagaimana proses melakukan balik nama setelah Sobat Rider sampai di kantor SAMSAT? Jangan khawatir ini dia informasi step by step-nya:

1. Datang Ke SAMSAT Sesuai dengan Wilayah
Apabila Sobat Rider memegang KTP Surabaya, maka bisa mendatangi kantor SAMSAT terdekat di wilayah Surabaya dengan membawa dokumen yang telah kalian siapkan.

Dokumen fotokopi silakan dijadikan satu dan masukkan ke dalam map yang mudah dibawa kemana-mana. Untuk dokumen yang asli silakan diletakkan di tempat yang aman, namun mudah dijangkau jika sewaktu-waktu diperlukan.

Apabila pemilik nama belum mencabut kepemilikan atas motor lama, maka mau tidak mau kalian harus melakukan cabut berkas dari motor yang baru kalian beli.

Misalnya, pemilik motor yang lama berada di kota Malang dan mendaftarkan motornya di SAMSAT Malang, maka kalian harus mencabut kepemilikan motor terlebih dahulu di kota Malang, baru melakukan balik nama di SAMSAT Surabaya.

Daripada bolak-balik antar kota, lebih baik kalian ingatkan pemilik motor yang lama untuk segera melakukan blokir nama setelah menjual motornya kepada kalian, sob.


2. Lakukan Cek Fisik Kendaraan
Simak Cara Balik Nama Motor Bekas Berikut Ini, Mudah Kok!
Lakukan cek fisik kendaraan

Sesampainya di SAMSAT, segera bawa motor kalian ke area cek fisik, sob. Petugas pengecekan selain memeriksa kondisi motor juga akan mengecek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan kalian.

Bukti pengecekan fisik ini juga harus disertakan dalam berkas yang harus kalian masukkan ke loket. Biasanya biaya cek fisik ini antara Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu. 

Hasil cek fisik yang sudah divalidasi dan kuitansi pembelian motor jangan lupa difotokopi rangkap tiga. Simpan baik-baik salinan tersebut sebagai berkas pendukung untuk pengurusan balik nama BPKB di POLDA setelah kalian selesai melakukan balik nama STNK di SAMSAT.


3. Isi Formulir 
Formulir ini bisa kalian dapatkan di loket pendaftaran. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, tahap selanjutnya adalah menyerahkan seluruh berkas yang sudah kalian siapkan, termasuk formulir pendaftaran berikut hasil cek fisik yang sudah divalidasi ke loket pengecekan berkas. 

Loket ini bertugas memeriksa kelengkapan dokumen kalian. Dokumen yang asli seperti BPKB dan KTP akan langsung dikembalikan ke Sobat Rider, kemudian kalian akan diberikan tanda terima bahwa berkas sedang diproses. 

Proses selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya pendaftaran balik nama. Jangan lupa tanyakan kepada petugas kapan kalian harus kembali untuk melengkapi proses selanjutnya. Biasanya kalian akan diminta datang kembali dalam jangka waktu 2 sampai 5 hari lagi. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni051994 dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Nice info gann
Pas bener, ane baru dapet motor yg ud abis pajaknya mei kemaren, belom ane urusin krn cari2 infonya.
emoticon-Recommended Seller

Trit kek ginian kok sepi ya, pada pake calo semua kali, atau agen emoticon-Hammer
profile-picture
budimola1990 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post kijangrusa
Wahh kebetulan banget ya gan ane share postingan ini hehehe

Jangan lupa kasih cendol ya gan hihihiemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-Toast
profile-picture
kijangrusa memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di