alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Tolak Presiden Dipilih Lewat MPR, Saya Ini Dipilih Oleh Rakyat !
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53d5b282d49515c3780fae/jokowi-tolak-presiden-dipilih-lewat-mpr-saya-ini-dipilih-oleh-rakyat

Jokowi Tolak Presiden Dipilih Lewat MPR, Saya Ini Dipilih Oleh Rakyat !

Jokowi Tolak Presiden Dipilih Lewat MPR, Saya Ini Dipilih Oleh Rakyat !
Presiden Jokowi menyatakan ketidaksetujuannya terhadap wacana agar pemilihan presiden dan wakil presiden dikembalikan lagi sebagai kewenangan MPR RI, bukan dipilih langsung oleh rakyat.

Wacana itu tengah membahana seiring adanya usulan agar UUD 1945 diamandemen agar MPR kembali menjadi lembaga tertinggi negara, dan pengembalian pemberlakuan Garis-garis Besar Haluan Negara alias GBHN.

Menurut Jokowi, sistem pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung yang telah diterapkan sejak tahun 2004 sudah tepat.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat bertemu para pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

“Saya ini terpilih jadi presiden melalui sistem pemilu langsung, jadi kenapa harus kembali ke sistem yang lama,” tukas Jokowi.

Menurut penilaian Jokowi, sistem pilpres langsung seperti kekinian sudah tepat, tak lagi perlu diubah, apalagi dikembalikan pada mekanisme perwakilan.

Ia justru mengkhawatirkan, kalau sistem pilpres kembali memakai mekanisme keterwakilan via voting anggota MPR, bakal menimbulkan reaksi beragam dari berbagai kalangan sehingga membuat kegaduhan politik.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menolak sistem pilpres kembali ke mekanisme perwakilan MPR.

"Nanti banyak perubahan yang rakyat juga belum tentu setuju. Contohnya presiden dipilih MPR lagi karena lembaga tertinggi. Kalau begitu lain soal lagi. Apa rakyat setuju diambil lagi haknya untuk memilih langsung?" kata JK, Selasa.


Sumber : https://www.suara.com/news/2019/08/1...dipilih-rakyat
profile-picture
cybergen memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
jadi kek orba dong
Jangan lewat MPR lah
Nanti presiden nya kerja buat MPR bukan buat rakyat

Nanti parpol-parpol jilatin anggota MPR bukan mencari hati rakyat
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
benerin parlemen dulu.. voting rakyat emg belon tentu bener.. apalagi ketika yg dipilih ga dikenal.. macam anggota2 dewan.. Demokrasi bukan best of best solution..
dpr mpr selama ini emg ada guna nya ya?
hehehe.... bercanda nih... wacana dari mana tuh...
emang mau suaranya kalian diwakili ama sejenis fahri hamzah ama zonk

yg ngasih wacana patut dipotong titid nya emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh shu_suiko
Samalah Pak, ane juga menolak wacana tsb.

Jokowi Tolak Presiden Dipilih Lewat MPR, Saya Ini Dipilih Oleh Rakyat !https://tirto.id/hendropriyono-usul-presiden-dipilih-mpr-dan-masa-jabatan-8-tahun-eeam
profile-picture
adrianfuzagame memberi reputasi
Serba salah emoticon-Smilie
Banyak yg pengen balik ke orba ternyata.. Piye, enak jamannya toh..? emoticon-Leh Uga
gini aja, capres dipilih mpr, setelah itu partai pilih mau pegang capres mana, setelah itu baru dipilih rakyat.

capres dari partai ya tahu sendirilah. kalau nggak modal senioritas, ya modal popularitas. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan Oekoekosas memberi reputasi
https://m.kaskus.co.id/thread/54292f2da4cb177a738b456b/koalisi-prabowo-usulkan-pilpres-oleh-mpr-lagi/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9941332530
Nanti lama lama calon istri juga dipilihin mpr
emoticon-Leh Uga
jangan dong
Apa gak banyak yang kejang-kejang kalo MPR milih Jokowi lagi untuk presiden 2024-2029? emoticon-Embarrassment
mpr dipilih rakyat
anggota mpr non partisan
baru gue setuju
mantul pak de
Quote:


Iya om ojo emoticon-Traveller
Boleh.
Tapi 1 anggota MPR mewakili max 10000 suara.
wacana ini pasti didalangi ama legislator yang kangen era orba
pasti dalangnya dari legislator, yg parpolnya belum pernah menang sejak orba
Diubah oleh kureno23q
dari awalnya demokrasi itu produk barat
sebaiknya dipilih oleh ulama karna mayoritas kan islam
tentu pilihan ulama lebih dipercaya dari pada mpr
profile-picture
adrianfuzagame memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di