alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Alasan Kenapa Bisnis Cafe Kurang Bagus Dijalankan di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53d11a82d49556ac130350/inilah-alasan-kenapa-bisnis-cafe-kurang-bagus-dijalankan-di-indonesia

Inilah Alasan Kenapa Bisnis Cafe Kurang Bagus Dijalankan di Indonesia

Inilah Alasan Kenapa Bisnis Cafe Kurang Bagus Dijalankan di Indonesia
Inilah Alasan Kenapa Bisnis Cafe Kurang Bagus Dijalankan di Indonesia

Belakangan ini ane melihat banyak sekali bisnis cafe yang bertebaran disekitar ane dan biasanya cafe-cafe ini memiliki konsepnya tersendiri untuk menarik pelanggan. Dan tiap harinya tidak jarang cafe-cafe tersebut tutup karena bangkrut.

Ternyata ada beberapa alasan yang membuat bisnis cafe tersebut mengalami kebangkrutan sekaligus menjadi alasan kenapa bisnis cafe kurang bagus untuk dijalankan di Indonesia.

Alasan utama kenapa bisnis cafe kurang cocok dijalankan di Indonesia adalah karena masyarakat kita belum menjadikan cafe sebagai gaya hidup seperti di luar negeri sana. Di luar negeri masyarakatnya sudah terbiasa mengunjungi cafe setiap harinya untuk paling tidak minum kopi, tapi hal ini tidak berlaku di Indonesia.

Kebanyakan masyarakat kita menganggap cafe sebagai tempat yang hanya dikunjungi untuk momen-momen tertentu saja seperti weekend ataupun tempat nongkrong dengan teman-teman, bukan sebagai gaya hidup dimana mereka berkunjung setiap harinya.

Karena perilaku tersebut akhirnya cafe hanya ramai pengunjung pada weekend atau hari libur saja sedangkan biaya operasional tetap berjalan dari Senin-Minggu. Belum lagi biaya tanah yang disewa tidaklah murah apalagi di tempat strategis di Jakarta.
Inilah Alasan Kenapa Bisnis Cafe Kurang Bagus Dijalankan di Indonesia

Karena terus merugi akibat sepi penggunjung akhirnya sudah dipastikan bisnis-bisnis cafe tersebut lama kelamaan akan gulung tikar dengan sendirinya karena tidak dapat menutupi biaya operasional dengan keuntungan yang mereka dapat.

Tetapi, tentunya tidak semua cafe bernasib sama. Ada juga beberapa cafe yang berusaha menjaga eksistensi mereka tetapi tentunya dengan beberapa penyesuaian agar mereka tidak mengalami kerugian.

Ada bermacam-macam penyesuaian seperti mengecilkan cafe mereka untuk mengurangi biaya sewa, menyediakan order online kepada para pelanggan dan masih banyak lagi.

Tetapi tentunya dengan berbagai pertimbangan diatas bisnis cafe memang tidak disarankan bagi kalian yang ingin memulai bisnis.

Sekian thread dari ane, kalau kalian suka dengan thread ini atau kalian merasa thread ini bermanfaat jangan lupa kasi ane cendol emoticon-Toast dan rate 5emoticon-Rate 5 Star.

profile-picture
kudanil.la memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
cafe ga bagus
warkop bejibun
cafe dehhhh
emoticon-Ngacir
kalo ditempat ane karena isinya mahasiswa bisnis kafe malah menjanjikan banget karena bener bener ngga pernah sepi pengunjung. beragam mahasiswa beda tipe mampir, ada yang sekedar rapat, ada yang nugas, ada juga yang emang pengen ngobrol dan moto cantik. semua balik lagi soal segmen pasar sih
mungkin kalah saing sama starling om. kadang depan cafe ada starling
Berarti bukanya Sabtu Minggu aja.
Quote:


Warkop lebih merakyat gan
karna kbanyakan masyarakat indonesia itu BPJS ( Budget Pas Pasan Jiwa Sosialita ) . Mencari sesuatu dengan value semurah murahnya . makanya konsep cafe ngga laku . cafenya indonesia ya warkop .
Lihat 1 balasan
menurut ane bisnis warkop model cafe paling cocok di Indonesia, ditambah fasilitas mabar dan wifi gratis paling cocok di Indonesia.
Balasan post apriandicca
ah ane nggak sis, cuma kalo di cafe kayak formal gitu, mending nongkrong di warkop dah. mau kaki nya ngangkang sekalipun gak ada yang protes intinya sing penting bayar.
ada 1 lagi, karena beli cm 1 cup atau 2 cup kopi misalnya, tapi nongkrongnya berjam2.
warkop ae lah makan indomie rebus + susu milo dingin emoticon-Genit
Quote:


Tapi menurut ane rata2 mahasiswa disana pesen 1 nongkrong berjam-jam. Jadi bukan masalah rame apa engganya gan, masalahnya omsetnya bisa buat nutup biaya operasional apa engga
di kota ane bnyak tuh cafe yg ttup.., alasannya sesuai dengan apa yg ts sampaikan yaitu cafe hanya rame di weekend smntra hari lainnya sepi...
emoticon-Mewek
Quote:


Tapi ga jarang juga bisnis kaya gitu bangkrut. Banyak yang beli minum satu nongkrong berjam2
Lihat 2 balasan
Balasan post red1302
Pake mikrotik gan. Bikin hotspot biar gak lama mainnya
profile-picture
dewimetal memberi reputasi
Quote:


Rugi sewa tempatnya dong
Quote:


Ntar pelanggannya malah protes kalo kaya gini
Lihat 1 balasan
Quote:


Oh iya. Beli aja rukonya haha..
Balasan post red1302
Ya gak lah ... Gratis internet 1 jam atau 30 menit tergantung dia mesen apa. Kalau mau nambah tinghal jual paket internet 1 jam. Jiwa marketing agan kurang joss menurut ane, kurang kreatif
Balasan post red1302
Quote:


Karena kelakuan kyk gini kadang ane mikir kalo punya kafe apa dibikin model warnet aja y emoticon-Ngakak (S)
Misal beli 1 minuman boleh nongkrong 1 jam gitu emoticon-Big Grin
Atau gak tiap item dikasih menit, misalnya kopi panas +30 menit, kue +1 jam, kalo beli dua2nya boleh nongkrong 1.5 jam, kalo masih mau nongkrong lewat jam itu ya beli lagi emoticon-Ngakak (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di