alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Masalah Tulang Panggul Akibat Kehamilan dan Persalinan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53c8278d9b1701793e5b41/masalah-tulang-panggul-akibat-kehamilan-dan-persalinan

Masalah Tulang Panggul Akibat Kehamilan dan Persalinan

Masalah Tulang Panggul Akibat Kehamilan dan Persalinan

Tulang panggul adalah gabungan tulang-tulang yang menyalurkan berat badan ke kaki, selain itu tulang panggul juga berfungsi melindungi saraf utama, organ-organ reproduksi, kandung kemih, dan organ pencernaan seperti usus.

Pada perempuan, tulang panggul berfungsi membentuk area bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan dan sebagai jalan lahir saat persalinan. Selama masa kehamilan dan setelah persalinan, sebagian wanita bisa saja merasakan keluhan-keluhan yang berkaitan dengan tulang panggul tersebut. 

Saat hamil misalnya, keluhan yang dirasakan adalah sakit di pubis. Pubis adalah bagian dari tulang panggul yang terletak di depan tulang pinggul dekat organ kelamin. Kedua bagian pubis menyatu disebut simfisis pubis, biasanya di area simfisis pubis yang merupakan jalan lahir bayi inilah rasa sakit dikeluhkan dan disebut diastasis simfisis pubis.
Rasa sakit pada pubis kerap dirasakan pada masa-masa akhir kehamilan ketika hormone relaksin menyebabkan sendi-sendi tulang panggul untuk meregang dan bersiap menghadapi persalinan. Keluhan yang ringan hanyalah berupa rasa pegal di area pubis, sedangkan keluhan yang berat bisa berupa rasa sakit saat menggerakkan kaki, saat berjalan, saat berdiri, dan saat terlalu lama duduk. Kadang-kadang bahkan terdengar suara berderak pelan dari tulang pubis ketika ibu hamil menggerakan kakinya.

Diastasis simfisis pubis rentan dialami oleh mereka yang hamil bayi kembar, kehamilan kedua dan seterusnya, serta yang ukuran bayi dalam kandungan tergolong besar. Biasanya keluhan ini akan hilang setelah ibu hamil melahirkan karena tubuh sudah tidak memproduksi hormone relaksin. Jika rasa sakit pada tulang panggul masih terasa sesudah melahirkan, konsultasikan ke dokter untuk rekomendasi penanganan yang tepat. 
Tulang ekor merupakan bagian dari tulang panggul yang terletak di bagian bawah tulang belakang (sacrum). Tulang ekor bisa cedera bahkan patah akibat proses persalinan ketika bayi bergerak terlalu cepat atau bergerak pada posisi sudut yang salah di jalan lahir.
Risiko tulang ekor cedera juga lebih besar saat dokter menggunakan forcep untuk membantu kelahiran bayi.  Rasa sakit akibat cedera di tulang ekor ini bisa berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Beberapa cara untuk meredakan rasa sakit sampai cedera sembuh adalah kompres dingin, menggunakan bantal khusus untuk menopang tulang ekor saat duduk, menggunakan obat-obat penghilang rasa sakit setelah berkonsultasi dengan dokter dan menjalani fisioterapi.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di