alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta-Fakta Bajakah, Tanaman yang Diklaim Bisa Mengobati Kanker Payudara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53aee9e83c7228ae59afd6/fakta-fakta-bajakah-tanaman-yang-diklaim-bisa-mengobati-kanker-payudara

Fakta-Fakta Bajakah, Tanaman yang Diklaim Bisa Mengobati Kanker Payudara

Fakta-Fakta Bajakah, Tanaman yang Diklaim Bisa Mengobati Kanker Payudara

Dua siswi SMAN 2 Kota Palangkaraya baru-baru ini mendapatkan medali emas di ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan atas inovasi mereka. Hal ini ramai dibicarakan lantaran temuan mereka ini diklaim bisa mengobati kanker; penyakit mematikan nomor satu di dunia. 

Kedua siswi ini mengolah tanaman Bajakah menjadi bentuk bubuk yang siap diseduh dan diminum. Bajakah, tanaman yang tadinya terdengar asing di telinga kita, sekarang pun menjadi bahan pembicaraan di masyarakat.

Berikut ini 5  fakta mengenai tanaman Bajakah yang sedang ramai dibicarakan.  

1. Mengandung zat pelumpuh sel kanker

Bajakah memiliki kandungan antioksidan ribuan kai lipat lebih banyak dibandingkan jenis tanaman lainnya. Selain itu, tanaman Bajakah memiliki 40 zat  fitokimia yang dinilai mampu melawan sel-sel kanker, diantaranya flavonoid, fenolik, steroid, terpenoid, tannin, saponin, alkonoid, dan lain-lain.

2. Merupakan tanaman hutan

Bajakah adalah jenis tanaman merambat yang ditemukan di pedalaman hutan Kalimantan Tengah. Bajakah  sendiri lebih banyak ditemukan di area hutan yang rimbun, di mana hanya sedikit sinar matahari yang tembus ke area tersebut. Habitat ini belum banyak terjamah, sehingga tanaman ini pun sulit untuk dijangkau masyarakat. Dari segi bentuk, bajakah memiliki batang yang kuat dan besar, dan tingginya bisa mencapai hingga lebih dari 5 meter.

 3. Memiliki beragam jenis

Bajakah ternyata memiliki bermacam-macam jenis yang manfaatnya pun berbeda. Ada Bajakah Lamei yang dapat mengobati diare, juga Bajakah Tampala yang bisa mempercepat penyembuhan luka karena mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin

4. Disebut tanaman mistis

Karena jumlah yang terbatas dan sulit untuk ditemukan, bajakah pun disebut sebagai tanaman mistis. Obat ini sebetulnya telah menjadi obat kanker turun-temurun masyarakat Dayak. Namun, karena tidak adanya penelitian ilmiah yang dilakukan pada tanaman ini, masyarakat setempat pun mengaitkan khasiat dan kemampuan tanaman ini menyembuhkan penyakit dengan hal-hal yang berbau mistis.

5. Sulit dibudidayakan

Dikutip dari Kompas.com, guru pembimbing Karya Ilmiah Remaja SMAN 2 Palangkaraya, Herlina mengatakan bahwa tanaman ini kemungkinan besar tidak bisa dibudayakan. Kandungan zat dalam tanaman ini bisa berubah bila ditanam di tempat yang bukan habitat aslinya. Ini dikarenakan struktur dan zat hara di habitat lain yang berbeda.



Spoiler for Sumber:


Diubah oleh ahoy44
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Penjelajah rimba tau deh yg mana......


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di