alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PA 212: Beri Ruang NKRI Bersyariah Dikaji Secara Ilmiah
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d539dbf88b3cb69692a82cd/pa-212-beri-ruang-nkri-bersyariah-dikaji-secara-ilmiah

PA 212: Beri Ruang NKRI Bersyariah Dikaji Secara Ilmiah

PA 212: Beri Ruang NKRI Bersyariah Dikaji Secara Ilmiah


Jakarta -- Persaudaraan Alumni (PA) 212 meminta sejumlah pihak, termasuk publik, tidak alergi dengan istilah yang ingin mereka bumikan: NKRI Syariah . Koordinator Divisi Hukum PA 212, Damai Hari Lubis menilai saat ini wujud dari NKRI Syariah hanya butuh dikaji secara ilmiah.

"Ini akan menjadi hal positif, untuk membuktikan bahwa syariah tidak bertentangan dengan Pancasila," kata Damai kepada
CNNIndonesia.com, Selasa (13/8).

Damai mengatakan, kajian mengenai Syar'i (sistem syariah) hanya perlu pembahasan khusus dan bertahap oleh lembaga yang berwenang: legislatif dan penguasa eksekutif.
Dari sisi eksekutif, kata Damai, pemerintah memiliki Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) di bawah Kemenkumham. Pembahasan tersebut, kata dia, untuk mencari keseimbangan Syariah dan Pancasila baik dari aspek hukum, ekonomi serta politik.

"Kajian ini mesti dimulai. Mesti diundang pula pakar hukum, akademisi, dan para praktisi. Bahkan semua pakar di masing-masing disiplin ilmu," kata dia menambahkan.

"Kalau nanti, misalnya cocok (sistem syariah), kenapa tidak diadopsi?" ujar dia.

Damai membandingkan, Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dan Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer) yang dipakai saat ini adalah peninggalan pemerintah kolonial Belanda meski korupsi masih terjadi.

Jadi tidak ada salahnya sistem syariah dikaji lebih dulu. Bahkan menurutnya, hukum adat juga boleh diadopsi dalam sistem hukum.

"Hukum adat dari daerah di negeri ini, boleh diadopsi sehingga menjadi hukum nasional. Kenapa tidak, bila bagus untuk diterapkan?" tegas dia.

Damai menggarisbawahi, ada hukum syar'i yang saat ini sudah menjadi UU Positif di Indonesia. Misalnya, UU No. 1 tahun 1974 tentang perkimpoian. Begitu pula pada hukum adat keperdataan masih tetap dianut dan berlaku. contohnya, kata dia hukum adat pada suku batak, minang, jawa dan sunda terkait waris atau gono gini.

"Semua masih bisa digunakan sepanjang mereka menyatakan tunduk kepada hukum adat yang ada dan hidup turun temurun sejak nenek moyang," ujar Damai.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ijtimak Ulama IV, 8 Agustus 2019 dihasilkan empat poin pertimbangan dan delapan poin rekomendasi. Salah satunya meminta umat Islam untuk sama-sama mewujudkan NKRI bersyariah.

Ketua PA 212 Haikal Hassan menyatakan istilah NKRI bersyariah tak lantas bertentangan dengan Pancasila. Menurut Haikal, NKRI bersyariah merujuk pada pengertian bangsa Indonesia yang tetap taat pada syariat Allah.

"Enggak ada bertentangan. Itu cuma istilah. Jangan mentang-mentang NKRI bersyariah terus Pancasila hilang gitu, ya enggak," ujar Haikal saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (12/8).

Merespons wacana tersebut, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan istilah-istilah yang tidak ada dalam ideologi pancasila di ruang publik.

PA 212: Beri Ruang NKRI Bersyariah Dikaji Secara Ilmiah


Hariyono mengatakan sebutan NKRI bersyariah seharusnya tidak digunakan sebagai kata keterangan negara. Menurutnya, Indonesia bukanlah negara berbasis hukum agama.

Hariyono mengatakan penggunaan istilah syariah untuk keterangan negara sangat rentan menimbulkan potensi kebingungan masyarakat. Menurutnya, jika kata syariah digunakan, maka mereka yang beragama selain Islam tidak akan menemukan padanan atau diksi yang sesuai dengan kepercayaan mereka.

"Akibatnya kita berebut untuk mengisi Pancasila dengan persepsi yang sangat beragam," jelas dia.

Sejumlah tokoh juga menolak NKRI Syariah. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Salahuddin Wahid atau Gus Solah, Menteri Pertahanan Ryzamizard Ryacudu, dan Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno menyatakan tak ada istilah NKRI bersyariah karena sila pertama Pancasila sudah direvisi. Mereka menganggap umat Islam selama ini bisa beribadah tanpa ada istilah NKRI bersyariah.

"NKRI bersyariah itu tidak ada. Dulu sila pertama itu kan dicoret, menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Di UUD juga dulu mengandung kata syariah, sekarang tidak ada," ujar Gus Sholah di Jakarta, Senin (12/8) lalu.

Gus Sholah menegaskan, penolakan terhadap istilah NKRI bersyariah itu tak lantas membuatnya anti terhadap syariat Islam. Menurutnya, tanpa menggunakan istilah NKRI bersyariah pun masyarakat dapat menjalankan syariat Islam dengan baik.

"Syariah Islam jalan di Indonesia tanpa rumusan NKRI bersyariah. Tanpa istilah NKRI bersyariah, jalan kok syariah Islam. Jadi tidak perlu ada istilah itu," katanya.

Gus Solah menegaskan bahwa masyarakat hanya perlu menggunakan istilah NKRI. Tanpa ada embel-embel syariat lagi.

"Sudah cukup NKRI, karena cukup banyak syariah Islam baik yang universal maupun yang khusus sudah masuk dalam UU," tutur Gus Sholah.

Sementara Ryamizard mengatakan syariat telah diatur dalam Pancasila sila pertama. Ia menolak menyebut istilah NKRI bersyariah.

"NKRI ya NKRI. Syariah itu ada di dalam pancasila. Melaksanakan syariah ya melaksanakan sila ke-1," ucapnya.

Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno mengatakan landasan dasar NKRI adalah Pancasila. Sedangkan syariat adalah persoalan pribadi masing-masing individu.

"NKRI bersyariah, saya tidak tahu itu. Yang penting NKRI itu berpancasila. Yang lain-lain, bicara syariat itu pada pribadi," ujar Try.
Syariat ini, kata dia, menjadi pedoman bagi umat Islam. Sementara bagi agama lain juga memiliki pedoman sendiri yang tak bisa disamakan dengan syariat Islam.

bilang aja loh mau pengen hilangin budaya indonesia dengan kilapak kanemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan om.keren memberi reputasi
PA 212 TAI KUCING!

emoticon-shakehand

Soal pembahasan khusus oleh pemerintah... nah ini ada benernya..

Pembahasan khusus soal bagaimana jeblosin bedebah2 itu ke penjara..

sukur2 kalau pake ngelawan dulu sebelom dijeblosin biar bisa ditembak sampe modar cepet2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cukur.rambu dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Lihat 1 balasan
Terbebani sistem kapitalis?
Khilafah solusinya!

Harga barang kebutuhan terlalu mencekik?
Khilafah solusinya!

Merasa hukum tidak adil?
Khilafah solusinya!

Perekonomian sulit?
Khilafah solusinya!

Susah cari kerja?
Khilafah solusinya!

Lama menjomblo?
Khilafah solusinya!

Dililit hutang dan
dikejar-kejar oleh debt collector?
Khilafah solusinya!

Punya istri baru satu saja?
Khilafah solusinya!

Susah buang air besar?
Khilafah solusinya!

Ejakulasi dini saat berhubungan intim?
Khilafah solusinya!

Menderita sakit raja singa yang menyiksa?
Khilafah solusinya!

Merasa depresi dan kesepian?
Khilafah solusinya!

Terjebak dalam friendzone, TTM, atau hubungan yang menggantung?
Khilafah solusinya!

Bingung bentuk bumi sebenarnya bulat atau datar?
Khilafah solusinya!

emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cukur.rambu dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Masih mending tai kucing dikubur dalam pasir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cukur.rambu dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya udah.. kapan kita ngubur mereka2 itu dalam pasir? emoticon-Big Grin
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Agama itu masalah keyakinan...

Malah minta dikaji ilmiah..

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cukur.rambu dan 4 lainnya memberi reputasi
NKRI bersyariah itu sudah dikaji dan telah selesai. Hasilnya, sekarang jadi negara kesatuan Republik Indonesia dengan pancasila yang sila ke-1 nya ketuhanan yg maha esa.

Ente silakan jalankan syariat islam di negara ini. Solat, zakat, puasa, haji, dll oleh negara gak dilarang. Bahkan difasilitasi.. emoticon-Blue Guy Peace

Makanya dulu jaman sekolah jangan keseringan boloss,, sekarang tiba2 kumpul2,, eehh, buat ijtima aja.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cukur.rambu dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh henprad
Bahasnya di arab aja ama si salman


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
bagask dan gabener.edan memberi reputasi

Pancasila sudah tidak perlu dipertentangkan, ngga perlu tambahan dan itu HARGA MATI

Nanti Kalau ada NKRI Syariah , lalu Kristen , Budha , Hindu dll boleh juga dong mewacanakan hal yang sama, Akhirnya berdbat kusir...larinya ngga setuju lalu saling ancam, kemudian pecaahhhhhh,..,.,,waduh......apa itu nantinya larinya ?

Pancasila sudah dibahas para pemimpin kita dahulu dan selesai. Jangan pernah coba obrak abrik pancasila, kalau mau buat negara lagi, silakan pergi dari indonesia, jangan ganggu pancasila. Bhineka itu milik kita...bukan milik syariah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cukur.rambu dan 5 lainnya memberi reputasi
Sudah ada daerah percontohan di Aceh dan terbukti GAGAL.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Perlu didoktrin dulu bahwa itu pasir membawa kemaslahatan ke sobat gurun. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 2 lainnya memberi reputasi
Damai menggarisbawahi, ada hukum syar'i yang saat ini sudah menjadi UU Positif di Indonesia. Misalnya, UU No. 1 tahun 1974 tentang perkimpoian.

***
Tetep, ngak jauh2 dari itu ternyata.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
membuktikan kalo indon kebanyakan islam ktp
banyak yang g suka ternyata emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post redp00l
Quote:


Ulama NU ama Muhammadiyah juga kaga setuju tong...

Lebih soleh elu ya dari pada mereka?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


Pancasila itu mengadopsi baik aturan adat, budaya, sosial dan agama yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia agar bisa selalu diterapkan di setiap jengkal wilayah di Indonesia.

nggak perlu ada embel2 Pancasila Nusantara, Pancasila Budaya, Pancasila Adat, Pancasila Syariah ato dlsb, karena udah masup semuanya di dalam situ.

yang jadi pr tinggal mengakomodir hukum2 adat, budaya, sosial dan agama ke dalam sebuah bentuk peraturan perundangan2an yang memayungi seluruh kalangan, baik itu seorang muslim, kristen, buda, hindu, jawa, sunda, batak dlsb; karena saat ini, anak smp ato pasangan belum menikah ngeuwe itu nggak bisa dihukum, karena nggak ada peraturan yang mengatur tentang hal itu. yang terjadi ya berlakukah hukum tak tertulis yang berlaku di masyarakat. meski ilegal secara hukum, tapi sebenarnya hukum legal di indonesia mengakui tentang berlakunya aturan norma, adat maupun budaya/tradisi di tiap2 daerah, sehingga jika terjadi sanksi sosial, selama itu tidak berlebihan dan memang seperti itu adanya, misal jika ketahuan ngeuwe, maka harus dikimpoikan, jika itu dilakukan, maka secara hukum legal, ya sah, karena sanksi sosial di sana adalah seperti itu. hukum legal tinggal menjadi penengah, misalnya jika usia belum memenuhi syarat, maka hukum legal memfasilitasi agar menjamin pernikahan itu akan terjadi meski harus menunggu sekian tahun dalam bentuk hitam di atas putih.

jadi memang nggak perlu ditambah2i embel2 syariah, ntar akan ada yang minta ada embel2 adat ato budaya jugak.

yang penting bukan namanya, tapi isinya.

emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
han79ers dan gabener.edan memberi reputasi
debat diskusi beda pendapat dikit aja disiram air sama bahlulman, itu baru yg remeh2 gak berat topiknya.

NKRI harga mati lah, gak usah di otak atik lagi. kasian tuh sama jutaan pahlawan yg gugur bela NKRI pancasila, gak usah bawa2 ideologi impor parasit kanker yg di negara asalnya jelas2 di tolak dimana2
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
bener2 PEAK... emoticon-Wink
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Agama dan ilmiah aja udah gk cocok

emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan aloha.duarr memberi reputasi
Sebenarnya mereka ini siapa sih ? kok setiap acara yang dibuat kok penuh lawak an terus..
dan yang paling miris mereka juga punya basis massa ya walaupun tidak terlalu banyak
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
kalau diskusi narasumbernya roki gerung emoticon-Wakaka
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di