alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d539cd5a7276816d443cca9/7-warung-makan-olahan-kambing-di-solo-wajib-dikunjungi-nih

7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!

7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!

Kota Solo adalah salah satu kota di provinsi Jawa Tengah, kota ini terkenal memiliki banyak sekali ragam kuliner. Terutama kuliner yang berbahan baku daging kambing. Hampir di setiap sudut kota Solo, kamu bisa menemukan banyak sekali warung makan yang menjual hasil olahan daging kambing, seperti sate kambing, gulai kambing, dan tengkleng.

Nah kalau kamu juga merupakan seorang penggemar kuliner olahan daging kambing, tampaknya kota Solo menjadi destinasi yang wajib banget kamu kunjungi. Inilah rekomendasi kedai kuliner hits di Solo, yang terkenal dengan hasil olahan kambingnya.


1. Tengkleng Bu Edi
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
Ini merupakan salah satu warung legendaris di kota Solo. Setiap harinya banyak pembeli yang rela antri untuk mencicipi kelezatan tengkleng di tempat ini. Tengkleng adalah salah satu kuliner khas Solo, yang mirip dengan gulai. Hanya saja kuahnya lebih encer daripada gulai, dan isinya tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel.

Usaha berjualan tengkleng sudah dimulai oleh keluarga bu Edi sejak tahun 1971 dengan cara berkeliling di pasar Klewer. Baru pada tahun 1980, nenek bu Edi memilih menetap di pasar Klewer. Dan kini warung tengkleng bu Edi sudah sangat populer, bahkan sampai ke luar kota Solo. Walaupun sudah populer, namun bu Edi tidak menjual dagangannya dengan harga yang mahal. Sepincuk tengkleng dan nasi, dijual dengan harga Rp30 ribu saja.

Alamat : PASAR KLEWER SOLO, Jl. DR. Radjiman, Kauman, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah


2. Sate Kambing Tambak Segaran
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
Dari namanya mungkin kamu sudah bisa menebak, kalau warung makan ini terkenal dengan kelezatan satenya. Dan kamu memang tidak salah. Tapi sate kambing yang dijual di warung sate ini, berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate populer di warung ini namanya sate buntel. Dinamai demikian karena daging kambing yang sudah dicincang, dibumbui, lalu dibuntel atau dibalut dengan lemak kambing sebelum dibakar.

Setiap harinya warung sate ini ramai dikunjungi oleh para pembeli. Selain sate buntel, warung ini juga menyediakan aneka kuliner olahan kambing lainnya seperti gulai daging kambing, gulai sumsum, gulai buntut atau kaki, dan tengkleng. Harga seporsi sate buntel di warung ini juga termasuk cukup ramah di kantong, yakni hanya Rp35 ribu saja seporsi.

Alamat : Jl. Sutan Syahrir No.149, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah


3. Tengkleng Kambing Bu Pon
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
Karena tengkleng adalah kuliner khas Solo, maka tidak sulit untuk menemukan warung yang menjual tengkleng di kota ini. Selain tengkleng bu Edi yang legendaris, di Solo juga ada warung Tengkleng Kambing Bu Pon yang juga sangat populer. Sajian tengkleng yang ada di warung ini bisa dibilang cukup lengkap, mulai dari kepala kambing, iga, sumsum, hingga ke jeroannya.

Kuah tengklengnya juga sangat gurih dan lezat, dengan tambahan cabai rawit utuh didalamnya sehingga ada sedikit cita rasa pedas pada kuahnya. Warung tengkleng bu Pon ini juga tidak pernah sepi pembeli. Kamu juga tidak perlu khawatir soal harga, karena tengkleng di warung ini dijual dengan harga yang cukup murah. Hanya Rp25 ribu saja per porsi.

Alamat : Shelter Lojiwetan, Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah


4. Sate Kambing Mbok Galak
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
Warung makan yang satu ini punya nama yang unik banget ya? Tapi jangan takut untuk datang berkunjung ke sini, karena mbok pemilik warungnya sama sekali gak galak. Di warung ini yang terkenal adalah olahan sate buntelnya. Daging kambing yang dibuntel dengan lemak, lalu dibakar, rasanya sangat gurih karena bumbunya meresap.

Walaupun bahan baku utama sate di warung ini adalah daging kambing, namun tidak akan tercium bau prengus khas kambing. Selain sate buntel, warung ini juga menyediakan sate kambing yang diolah seperti biasa, tongseng dan juga tengkleng kambing. Semasa masih menjabat sebagai walikota Solo, kabarnya Pak Jokowi sering makan di tempat ini loh. Harga seporsi sate buntel di warung ini Rp40 ribu seporsi.

Alamat : Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah


5. Sate Kambing Bu Hj. Bejo
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
Satu lagi warung sate kambing enak di kota Solo yang wajib banget kamu kunjungi adalah warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo. Konon katanya warung yang sudah berdiri hampir 40 tahun ini, merupakan salah satu warung sate favorit Pak Jokowi dan keluarganya. Menu yang dijual di warung ini, tidak jauh berbeda dengan menu di warung sate kambing lainnya. Yakni sate buntel, sate kambing, gulai, tongseng, tengkleng, dan nasi goreng kambing.

Dari semua menu yang ada, menu favorit para pengunjung warung ini adalah sate buntel dan tengkleng. Sate buntel di warung ini rasa nikmatnya agak berbeda, karena daging kambing dicelup bumbu hingga berkali-kali saat diolah. Mulai dari saat digiling, sampai saat dibakar. Harga sate buntel di warung ini sekitar Rp45 ribu seporsi. 

Alamat : Lojiwetan Sangkrah, Pasar Kliwon, Jl. Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lembu, Kota Surakarta, Jawa Tengah


6. Warung Tengkleng Mbak Diah
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
Warung makan yang satu ini, letaknya sangat strategis dan sangat mudah ditemukan. Konon katanya warung ini merupakan warung favorit keluarga Bapak Soeharto, mantan Presiden Republik Indonesia. Menu favorit yang ada di warung ini adalah tengkleng kepala kambing. Kuah tengklengnya sangat gurih, bagian mata dan kepala kambingnya juga terasa kenyal, dan empuk seperti tulang muda.

Selain tengkleng, warung ini juga menyediakan aneka olahan kambing lainnya. Seperti sate kambing, gulai, dan tongseng. Tentu saja rasa lezatnya tidak kalah dengan tengkleng kepala kambingnya. Harga tengkleng di warung mbak Diah dijual mulai dari Rp35 ribu hingga Rp85 ribu.

Alamat : Desa Tanjunganom RT.002 / RW.001, Kwarasan, Grogol, Tj. Ongih, Kwarasan, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 


7. Sate Kambing Pak Mesran
7 Warung Makan Olahan Kambing di Solo, Wajib Dikunjungi Nih!
Warung sate ini termasuk salah satu warung sate yang berbeda dengan warung lainnya, karena baru mulai buka pada sore hari. Menu yang disajikan tentu saja bukan cuma sate kambing, tapi juga ada aneka olahan daging kambing lainnya seperti krengseng, tongseng dan nasi goreng kambing.

Yang menjadi andalan di warung ini tetap sate kambing. Bedanya di warung ini daging yang dipakai untuk sate adalah daging kambing muda. Sehingga tekstur dagingnya masih empuk, dan tentu saja tidak berbau prengus sama sekali. Harga satenya juga tidak jauh berbeda dengan warung sate lainnya, yakni sekitar Rp30-40 ribu seporsi.

Alamat : Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Nah banyak banget kan rekomendasi warung makan olahan kambing enak di kota Solo? Makanya kalau kebetulan kamu sedang berkunjung ke sana, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipinya. Harga makanannya sebanding deh dengan kualitas rasanya. Selamat berwisata kuliner di kota Solo!


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di